Skip to main content

Posts

Showing posts from October, 2010

-Tugas Softskill-WARTA WARGA-

Universitas Gunadarma adalah salah satu Universitas Swasta terbaik di Indonesia. Untuk menunjang seluruh kegiatan mahasiswa, maka dibuatlah sebuah sistem online. Kelebihan sistem ini adalah mahasiswa dan kampus/ dosen bisa saling berkomunikas satu sama lain, mengetahui semua informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan yang pasti dimana saja.

Website-website yang ditujukan untuk pemenuhan kebutuhan ini sudah berjalan dengan baik. Diantaranya adalah :
1. BAAK News : Website yang berhubungan dengan administrasi perkuliahan,
2. Studentsite : Kamar pribadi mahasiswa.Disini mahasiswa bisa mendapatkan segala informasi dari kampus, mengerjakan tugas, menulis artikel, menyimpan data, dan lain-lain.
3. Virtual Class: Fasilitas untuk belajar materi perkuliahan secara virtual.
4. SAP : Mengetahui SAP seluruh mata kuliah yang ditawarkan
5. Warta Warga : Portal untuk menampung semua artikel dari mahasiswa,
6. Dan lain-lain.

Nah, dalam tulisan ini, saya akan sedikit mereview salah satu porta…

Sumpah Pemuda

Kami, putra-putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia,
Kami, putra-putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia,
Kami, putra-putri Indonesia, menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia,

well,
gue emang bukan orang hebat yang bisa menyumbangkan medali, prestasi, atau bahkan terasi buat bangsa ini. gue cuma orang bodoh yang benerin muka rusak sendiri aja g bisa,
well,
pemikiran-pemikiran gue emang g selevel dengan pemikiran pemuda pembela bangsa. mikir matematika aja udah pusing,
well,
gue emang bukan pemuda yang bisa memperjuangkan perbaikan nasib rakyat. memperjuangkan uang jajan buat diri sendiri aja g becus.naikan gaji saya!! turunkan harga!! *ngarep

so??
saat ini gue cuma bisa nyebarin semangat sumpah pemuda kepada semua pemuda (baik yang pemuda atau ngaku-ngaku muda) lewat blog ini misalnya, ato sms (tadi belum jam 6 paling g gue udah ngabisin 100 sms). yah, cuma itu yang bisa gue lakuin,

Apakah Kami Terlalu Dini Untuk Bekerja?

Umur gue sekarang 20 tahun. Dan gue lulus sekolah bulan Juni 2010. Mulai kerja Januari 2010. Saat mulai kerja umur gue 19 tahun. Dan jumlah jerawat gue tentu aja masih dikit.

jadi kali ini kita akan ngebahas jerawat gue. Tidak. maksud saya bisul gue. Sori, serius. Maksud gue uban gue. Dulu waktu udah mule kerja gue g pernah ada pikiran kayak gini 'Apakah kami terlalu dini untuk mulai bekerja?'. Tapi semenjak temen gue, Chuck sering mempertanyakan perihal dirinya yang memiliki jerawt lebih banyak dari gue, gue jadi terinspirasi buat beli pembersih muka. Jadi di blog nya si Chuck, dia sering nempel jerawatnya disitu. *Ngaco*. Jadi di Chuck sering mempertanyakan ke diri dia sendiri 'Apakah dia terlalu dini untuk bekerja?' Secara waktu dia mule kerja, umurnya baru 18 tahun. 18 tahun. malah ada juga temen gue masih 17 tahun udah kerja. Umur segitu biasanya orang-orang pada sibuk kuliah, dan perlu diketahui, ada perbedaaan besar antara 'Kulia/ Sekolah' dan 'Bekerj…

Tentang Pasal 33 Ayat 1

UUD 1945 adalah hukum tertinggi yang berlaku di negara kita, baru disusul dengan hukum-hukum yang lainnya seperti Undang-undang, kepres, PP, Perpu, perda, dan lain-lain. Hal in seharusnya membuat UUD 1945 menjadi peraturan yang istimewa, artinya, jika ada dua peraturan mengenai hal yang sama, maka yang harus diutamakan adalah peraturan yang ada di dalam UUD 1945 terlebih dahulu.

Nah, sesuatu yang agak mengusik pikiran adalah mengenai Pasal 33 Ayat 1 UUD 1945. Pasal 33 ayat 1 UUD 1945 menyebutkan bahwa
"Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar bagi kemakmuran rakyat"
Dari kalimat ini paling tidak ada dua hal yang bisa disimpulkan,
1. Bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara,
2. Dipergunakan sebesar-besar bagi kemakmuran rakyat.

saya tidak tahu, dan bila ada yang bisa menjawab, tolong share ilmunya,
1. Siapa yang melakukan penambangan di berbagai pusat tambang di Indonesia? M…

Warga Negara dan Negara

Warga Negara dan Negara

A. Negara
1. Pengertian
Negara merupakan alat dari masyarakat yang mempunyai kekuasaan untuk mengatur hubungan manusia di dalam masyarakat.

Dari pengertian di atas,paling tidak ada dua macam tugas yang harus dilakukan oleh Negara, yaitu :
a. Mengatur dan menetrtibkan gejala-gejala kekuasaan dalam masyarakat yang bertentangan satu sama lain.
b. Mengatur dan menyatukan setiap golongan dalam masyarakat demi tercapainya tujuan bersama.

2. Sifat-Sifat Negara
Karena Negara merupakan kekuasaan tertinggi dalam masyarakat, maka Negara memiliki sifat-sifat khusus untuk mengatur ketertiban dalam masyarakat, yaitu :
a. Sifat Memaksa, artinya Negara memiliki kekuasaan untuk menggunakan kekuatan fisik secara legal untuk mengatur tercapainya ketertiban demi menghindari tindakan anarkhi.
b. Sifat Monopolo, artinya Negara memiliki kekuasaan tunggal untuk menetapkan tujuan bersama dalam masyarakat.
c. Sifat Mencakup Semua, artinya semua peruandangan-undangan menackup semua orang di dalam …

"Kulia ini mengganggu kerjaanku"

minggu ini dan insyaAllah minggu depan adalah minggu mampus buat gue. semua ini berawal tidak lain dan tidak beda adalah karena gue dapet sms dari ketua kelas gue di kampus,
"Besok, Minggu ada praktikum jam setengah 4 di kampus E gedung 5 lantai 2 ruang 1",
what???? Minggu?? kulia?? gila! gue mesti salah baca. gue baca lagi sms dari sang kepala suku,
"Besok, Minggu ada praktikum jam setengah 4 di kampus E gedung 5 lantai 2 ruang 1",
sama aja,
gue baca dari belakang,
"1 gnaur 2 iantal 5 gnudg E sumpak id 4 hangetes maj mukitkrap ada unggim ,koseB"
gue malah jadi bingung sendiri,
hah, akhirnya gue ke kantor kelurahan buat bilang "ya sudahlah",

hari minggu gue berangkat kulia, dan inilah awal dari segala awal yang mengawali semua penderitaan gue. tu dosen bilang "Buat dikumpulin minggu depan, laporan pendahuluan, laporan akhir. minggu depan ada kulia pagi jam setengah 10 dilanjutkan kulia sore jam setengah 4".
inilah penderitaan anak kulia,

minggu d…

Opini Pemuda Bodoh tentang Pemuda

Sebuah Opini Tentang Pemuda

Pemuda. Di tangan mereka lah bangsa ini kelak akan diamanatkan. Sebuah tugas berat yang harus dipikul oleh generasi muda kelak. Untuk itulah segala persiapan yang mungkin diberikan harus diberikan. Pendidikan dan pengembanagan potensi diri dari generasi muda harus terus dipupuk dan dibina. Agar nantinya muncul para pemuda yang benar-benar siap membawa masa depan bangsa. Inilah tugas yang diamanatkan kepada generasi muda. Untuk itulah kesempatan dan kebebasan untuk generasi muda harus dibuka lebar-lebar.

Namun rasanya kebebasan yag diberikan kepada generasi muda disalahgunakan dan disalahartikan oleh generasi muda secara umum. Saya pribadi seorang pemuda. Namun pemuda bodoh, sehingga mungkin saya yang salah mengartikan kebebasan itu.

Tidak diragukan lagi,pemuda adalah manusia yang penuh daya kritis. Pemuda melihat banyak kekurangan disana-sini di dalam masyarakat dan pemerintahan pada khususnya. Mereka protes menuntut pembenaran dengan cara berdemo misalnya. Na…

Pemuda dan Sosialisasi

Pemuda dan Sosialisasi

1. Definisi Pemuda
Pemuda adalah suatu kelompok manusia yang digolongkan berdasar usia, yang mana ada diantara usia anak dan usia dewasa, atau apabila dikonversi ke dalam tahun, adalah sekitar 14 hingga 22 tahun.
Namun pengertian ini kadang bisa mengalami perluasan, karena orang yang berkecimpung di dunia politik dan berusia 40 tahun misalnya, ini masih digolongkan ke dalam usia muda atau pemuda.
Jadi secara awam dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud pemuda dapat diartikan ke dalam suatu golongan di suatu kelompok yang jam terbang/ pengalamannya masih tergolong baru.
Nah dalam pembahasan ini kita tidak akan membahas tentang pengertian pemuda yang kedua/ dalam arti luas. Kita akan membahas tentang pemuda yang sebenarnya, yaitu pemuda yang usianya berkisar antara 14-22 tahun.

2. Pemuda dan Identitas
Tidak salah jika orang mengatakan bahwa masa muda adalah masanya mencari identitas. Karena memang benar, di masa inilah seseorang mulai mencari siapa sebenarnya mereka. Pemik…

Mimpi Gue- The Legend of Bali Rocks

tadi malem gue mimpi. g ada angin g ada bencong, tiba-tiba gue mimpi hal yang bener-bener di luar apa yang gue pikiran. begini cerita yang gue inget.

sepasang tangan menjangkau sebuah buku. buku tua bersampul coklat bercampur debu. tak jelas apa yang tertulis. yang terbaca hanya beberapa kata 'The Legend . . . .ks'. seoarang muda tiba-tiba terlempar di sebuah lembah hijau. sangat hijau. sangat indah. namun tiba-tiba lembah itu berubah seketika. bom, tembakan, asap bercampur menjadi satu. lembah ini diserang. tapi oleh siapa?bahkan disini tak ada seorang pun. dari balik pesawat yang digunakan, orang muda itu bisa membaca dengan jelas 'EROPA'. lembah hijau hancur.

orang muda itu menatap langit. dan waktu serasa tersedot ke depan. dunia sudah tak seperti sekarang. ini adalah dunia masa depan. gedung-degung transparan, mobil-mobil terbang, pakaian perak. semua nya terlihat 'canggih' dan 'modern'. si orang muda masuk ke sebuah ruangan rapat. tak sengaja ia men…

Individu, Keluarga, dan Masyarakat,

Secara realistis kehidupan di masyarakat terbagi-bagi ke dalam beberapa kelompok atau sub masyarakat. Meskipun hal ini bersifat diskriminatif, tapi pada kenyataannya masayarakat sendirilah yang mengkotak-kotakkan diri mereka sendiri. Pengelompokkan bisa didasarkan pada perbedaan ekonomi, jabatan, suku, cita-cita, agama, dan lain-lain. Sebagai contoh, di kota Jakarta, walaupun seluruh penduduknya disatukan oleh istilah 'masyarakat Jakarta', namun pada kenyataan di lapangan mereka tetap menelompokkan diri menjadi sub-sub masyarakat, seperti masyarakat elit, masyarakat menengah, masyarakat Betawi, masyarakat Jawa, masyarakat Sunda, dan berbagai keompok-kelompok lainnya. Mengapa ini bisa terjadi? secara mendasar hal ini didasarkan pada sifat individu personal yang merasa cocok/ memiliki kesamaan dengan A namun tidak dengan B. Di sisi lain, mungkin orang lain cocok dengan B namun tidak dengan A. Tapi di atas itu semua, mereka memiliki satu kesamaan yang bisa menyatukan mereka. …

10 Cara Agar Tetap Bahagia

Banyaknya persoalan hidup yang Anda alami seringkali membuat pikiran dan perasaan terasa menyiksa. Akibatnya, Anda menjadi tidak bahagia.

Bila Anda sering mengalami hal itu, jangan langsung merasa putus asa. Sebab, semua masalah bisa dicari jalan keluarnya. Anda pun bisa terlepas dari suasana tidak menyenangkan, dan membangun kembali kebahagiaan dengan cepat.

Sejumlah pakar psikologi Amerika Serikat berusaha mengungkapkan rahasia kebahagiaan manusia. Hasilnya, mereka menemukan 10 cara agar Anda merasa lebih bahagia, seperti yang dimuat dalam jurnal The Science Psychology.

Cara untuk mendapatkan kebahagian juga tidak sulit. Merasa bahagia bisa dimulai dari hal-hal kecil. Menurut penelitian itu, orang-orang yang dapat menikmati kebahagiaan melalui hal-hal sepele, justru bisa lebih mudah mengatasi penyakit. Sehingga, mereka yang bisa menikmati kebahagiaan lewat hal kecil, usianya lebih panjang sekitar tujuh tahun.

Berikut ini sepuluh hal bisa Anda lakukan untuk…

Hari ini,

20.10
mata kulia pengantar sistem informasi berakhir. waktunya pulang!!! seneng banget gue waktu bilang 'waktunya pulang!'. rasanya perjuangan hari ini akan segera berakhir. tapi sial, pas gue ngelewatin pintu kelas, di luar ujan. tidak!!! gue sama temen-temen sepakat nunggu ujannya reda dulu. tapi nampaknya langit ingin menguji kesabaran kami. ujan makin gedhe.

20.40
ujan masih gedhe. 'oke guys, sholat dulu!'. kita sholat.

20.57
ya ampun, belum reda juga. masih sama deresnya kayak yang tadi. seandainya gue punya pacar, pasti nyenengin.(oke. ini g nyambung)

21.15
capek berdiri. cari tempat duduk.

21.24
'oke bro, 6 menit lagi kita pulang. apapun yang terjadi. walau badai menghadang, ingat lah ku kan selalu setia menjagamu. pernahkita lewati jalan yang berliku tajam' (otak gue mule g beres!),

21.28
2 menits to go!

21.32
belum beranjak pulang!

21.34
baru berdiri ke parkiran motor

21.40
badai kuterjang. tapi sial, gue g bisa ngelihat kalo kaca helm gue tutup.(mata error+ngantuk). c…

Pahami mereka - Individu Penyendiri,

Pada dasarnya manusia(individu) memiliki sifat ingin bersama orang lain. Oleh karena itulah manusia disebut juga sebagai makhluk sosial yaitu makhluk yang selalu membutuhkan bantuan orang lain untuk bisa bertahan hidup.

Kemampuan seseorang untuk bisa bergaul dengan manusia lain/ bersosialisasi juga dinilai sebagai hal yang wajib jika kita ingin masuk ke dalam 'daftar masyarakat'. Sedangkan orang-orang yang tidak/ kurang pandai bersosialisasi dianggap sebagai orang 'tidak wajar'. Entah itu sombong, tertutup, dan lain-lain. Yang intinya orang yang kurang bisa bersosialisasi dengan masyarakat di sekitarnya biasanya dianggap sebagai anggota masyarakat kelas dua.

Hal inilah yang terkadang membuat sakit hati orang-orang kelas dua ini. Masyarakat menilai mereka sebagai individu lain, dan bukan anggota dari mereka. Padahal sebenarnya, jika kita bisa membuka diri dan mencoba memahami orang-orang ini, maka tak kan ada penomorduaan ini.

Lalu kenapa beberapa orang memilih untuk te…

Sodara Kembar Gue

jadi ceritanya hari ini gue mau cerita tentang sodara kembar gue. banyak orang kagak tau kalo gue punya sodara kembar. bahkan orang tua gue juga g tau. gue awalnya juga g tau. dari kecil setau gue, gue adalah satu-satunya anak paling manis di keluarga gue. tapi tabir terbuka setelah gue masuk STM. Tuhan mempertemukan kami. kami ada di satu kelas selama setahun, dan gue g tau kalo dia sodara kembar gue. pasalnya kami adalah sodara kembar yang saking bedanya hingga tidak bisa disamakan. misal : gue cowok dia cewek. gue kerempeng dia berisi. gue males dia rajin. dan yang paling menyedihkan, gue item dan dia putih. tapi ikatan batin kesodarakembaraan kami tak bisa dihalangi oleh tembok berlin sekalipun. kami sadar bahwa kami adalah sodara kembar. sodara kembar yang g cuma beda secara individu, bahkan orang tua kami juga beda. (kalo bingung, terjun ke kali! =) )

ikatan batin kami begitu kuat,bahkan melebihi orang yang kembar dan tak dipisahkan sama sekali. Misalnya kemarin malem ni aps gue …

Buta Warna

Jadi ceritanya kemarin sepulang dari kantor gue langsung go to kampus. rencananya sih mau sante2 naik motor dengan kecepatan sepeda balita coz waktunya juga masih tersisa banyak sebelum game over. dan jadilah saya berkendara dengan kecepatan g lebih dari 30km/jam sambil latihan nyanyi2 dg suara aduhai gue,

saking terlenanya dengan hembusan angin yang menyegarkan setiap sendi-sendi di tubuh, sambil mendengarkan suara surga yang keluar dari mulut orang gila (baca : bukan gue), gue g sadar kalo nyampe di perempatan dan lampu merah. busyet dah! gue kejebak di tengah2 jalan.maju kena mundur kena. al hasil gue memposisikan diri kayak patung2 di bunderan. diam. hening. dan tertidur jauh lebih dalam. memasuki alam bawah sadar.

akhirnya kesempatan itu tiba juga. Tuhan mendengar doa hamba Nya yang teraniaya, terombang ambing oleh mobil dari depan, kanan, kiri, belakang. dan setelah berhasil menerobos jalan penuh rintangan itu, gue udah siap berhadapan dengan polisi. sengaja kecepatan motor gue ku…

Krisis Ekonomi

beberapa hari yang lalu ada berita yang mengatakan bahwa negara bagian dengan Co Wi mengalami defisit di departemen keuangan yang menyebabkan siklus perekonomian menjadi tidak stabil di negara tersebut. hal ini dipicu bukan karena harga cabe merah merangkak naik semenjak bulan Ramadhan kemarin, tapi tidak lain disebabkan oleh gagal panen mentimun merah di beberapa daerah.

hal di atas hanya intermezo. tidak perlu ditanggapi dengan muka tegang.
jadi minggu ini pengeluaran gue udah parah banget. sebage orang golongan menengah ke bawah, pengeluaran gue yang udah mencape angka 1,2 juta ini tergolong 'menghawatirkan'. ini belum pernah terjadi sebelumnya.

gue juga g tau kenapa secara ajaib ketika gue ngeliat uang di dompet, selalu tidak tersedia uang yang memadai untuk hidup standar. dan terpaksa gue harus ambil di ATM. dan 2 minggu ini minimal gue udah ngedatengin 4 mesin ATM dan tidak kurang dari 6 kali transaksi dan paling tidak 2o ribu buat biaya transaksi karena gue ambil di ATM B…

Program KB (Keluarga Berencana) Dalam Pandangan Islam

Jumlah penduduk dunia semakin lama semakin bertambah banyak. Kekhawatiran pun mulai muncul di masyarakat dunia. Mulai dari kesehatan individu dan lingkungan, kemiskinan, hingga tidak dapat terpenuhinya kebutuhan-kebutuhan manusia yang selama ini ditopang oleh bumi, seperti bahan pangan.


Banyak cara dilakukan untuk membatasi bertambahnya jumlah penduduk yang tidak terkendali, yang dapat menyebabkan terjadinya ledakan penduduk. Salah satu cara yang dilakukan di negara kita adalah dengan menggalakkan program Keluarga Berencana atau disingkat KB. Sejak mulai dijalankan, program ini ternyata berhasil membatasi laju pertumbuhan jumlah penduduk Indonesia.

Namun, sejak mulai dijalankan pula, pro kontra mulai terdengar di masyarakat. Sebagai negara yang mayoritas berpenduduk muslim, orang-orang mulai bertanya-tanya, 'bolehkah KB?' atau 'bagaimana hukum KB?' atau 'bagaimana pandangan Islam tentang KB?'

Dalam pandangan Islam, program KB ini dapat dilihat d…

adSense