::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Tuesday, 20 December 2011

Laporan UTS Semester Ini ...

Setelah selama dua minggu lebih sehari, akhirnya kemarin malem, Ujian Tengah Semester SELESAIII!!!! yeah!! Akhirnya gw bisa bernafas lagi, akhirnya gw bisa nemenin novel-novel yang udah menanti. Tunggu akang sayang ...

Ujian kali ini emang beda sama ujian-ujian sebelumnya. Beda. Banget. Bukan karena apa-apa, tapi karena 60% dari semua matkul yang ada gw sama sekali g ngerti, sementara sisanya asal tahu aja. Apalagi dua matkul yang dipandu oleh Made (Mamah Dede) pemakan segalanya, Matematika Diskrit dan Matematika Lanjut. Gila, bahkan selama hampir satu semester catetan mate gw baru kepake g lebih dari empat lembar. Itupun isinya gambar-gambar g jelas gw. Beda banget sama semester kemarin yang mana gw hampir kehabisan stok kertas cuma buat nyatet matkul Matematika Dasar. Belum tugasnya. Belum gambar-gambarnya. Dan tentu aja, kekosongan dan kehampaan catetan gw itu berbanding lurus dengan pemahaman gw tenang dua matkul tadi. Gimana mau paham coba, orang kalo dosennya ngedongeng (iya, itu dosen ngedongeng, kagak ngejelasin) aja, gw malah asik ngobrol sama temen. ato kalo g tidur. ato kalo g baca novel. ato kalo g mainan leptop. ato kalo g nyantet tu dosen dari belakang. Intinya adalah gw angkat tangan untuk kedua matkul ini, Matematika Diskrit dan Matematika Lanjut.

Tidak hanya dua matkul tadi lho, gw juga ngerasa susah banget buat paham matkul dengan 3 SKS, Arsitektur Komputer. Dosennya asik sih. Tapi kebanyakan asik dengan dirinya sendiri. Secara beliaunya kalo ngomong cepet banget. Dan materinya banyak banget. Kayak g ngeliat kalo beliaunya punya mahasiswa dengan hardisk belum nyampe giga byte dengan RAM belum nyampe Mega byte.

Matkul Manajemen dan Akuntansi juga g kalah bikin pening. Dimana gw kudu ngapalin seabrek materi. Padahal tau sendiri lah, gw payah banget kalo disuruh ngapalin. kalo kapalan iya. hehe.

Nah, kesulitan gw dalam menerima semua materi itu ditambah dengan mood gw yang lagi buruk. Gw lagi males-malesnya ngapalin tu rumus-rumus matematika, apalagi teori ba bi bu yg bikin puyeng, kerjaan gw juga lagi g bersahabat, numpuk, persis kayak sampah-sampah di Tangerang Selatan. Belum lagi, suasana hati yang yah, lagi-lagi, galau. Terlalu banyak masalah, terlalu banyak yang harus dikerjakan, dan terlalu sedikit kekuatan gw buat menghadapi ini semua. Dan hasilnya?
1. Sehari menjelang UTS pertama, AKuntansi, gw cabut ke Festival Pembaca Indonesia bareng anak-anak Forum Buku Kaskus. Sampe sore, dan malemnya kecapekan, dan langsung tak sadarkan diri. G belajar.
2. Menjelang matkul Matematika gw berusaha belajar. Bukan apa-apa, tapi karena gw sama sekali g paham materinya. Boro-boro paham, materinya aja kagak punya. Dan alhasil, beberapa hari sebelum ujian, gw pinjem catetan kesono kemari, yang akhirnya malah ngebikin gw bingung sendiri. Ini mana yang mau dipelajarin??
3. Beberapa matkul kayak Arsitektur Komputer dan Struktur Organisasi Data malah g sempet dipelajarin materinya. Secara g ada waktu senggang buat belajarnya. Pulang kuliah udaj jam 10 lebih, sementara kerjaan di kantor juga sama sekali g toleran. Gw cuma sempet buka materi beberapa menit sebelum ujian dimulai.
4. Dan yang paling anget adalah matkul Pemrograman Terstruktur yang baru selesei kemarin. Gw bener-bener sama sekali g punya passion buat belajar. Ketika yang lainnya sibuk dengan materi di tangan masing-masing, gw malah asik twitteran. Ketika yang lain sibuk diskusi sana sini, gw malah baca novel. Dan 15 menit setelah bel masuk ujian, gw udah kelar dengan ujian gw. 15 menit berikutnya gw ngegambar di soal ujian, dan setelah bosen, gw keluar. hahaha.

Dan akhirnya Ujian yang sangat membosankan ini selesai kemarin malem. Yang gw g abis pikir adalah, abis ujian, temen-temen masih sibuk tanya-tanya 'yang tadi jawabnya apa ya?', 'yang tadi gimana sih?', dan gw langsung ngeluyur balik. Yang ada di otak gw cuma dua. Pulang dan baca novel.

Well, sekarang tinggal nunggu hasilnya. Walopun gw tahu persis perjuangan gw sangat minim, tapi gw tetep berharap ngedapetin nilai yang bagus. Minimal 80 lah di tiap matkul. hehehe. semoga saja. Amien.

Nah, itu ceritakku, apa ceritamu?

Tuesday, 13 December 2011

susu jahe,

kau berbeda, dan aku akan meraihmu dengan cara yang berbeda, akan mengejarmu dengan cara yang berbeda, akan mendapatkanmu dengan cara yang berbeda, akan mencintaimu dengan cara yang berbeda, dan akan menjagamu dengan cara yang berbeda,

Tuesday, 6 December 2011

Fr. Festival Pembaca Indonesia

Selamat pagi sodara-sodara sebangsa dan setanah air!! Pertama-tama gw mau ucapin 'Selamat Hari Raya 10 Muharram' bagi Anda yang merayakannya. Dan jangan tanya apakah Hari Raya 10 Muharram itu, karena gw jg g tau. Hehe. Yang jelas, kemarin gw dapet banyak banget SMS dari temen-temen yang mengabarkan bahwa 'Berpuasa di 9 Muharram akan menghapuskan dosa setahun sebelumnya, dan berpuasa di 10 Muharram sama seperti beribadah selama 2 tahun'. Dan menurut gw, ini patut dirayakan dan diselamatkan (kok aneh ya, 'diselamatkan'. Maksud gw tuh, diberi ucapan selamat gitu. Apa ya kata yang pas?'). Secara, kapan lagi gitu kita dikasih kesempatan buat menghapus dosa setahun yang lalu dan dikasih pahala ibadah 2 tahun, cuma dengan puasa dua hari doank. Kesemaptan langka bo'.
Well, kali ini gw mau cerita tentang perjalanan gw ke Plaza Area, Kuningan hari Minggu kemarin. Ada apakah di Plaza Area, Kungingan, hari minggu kemarin? Adalah Goodreads Indonesia yang berhak ngasih jawaban. Jadi tanya aja ama Goodreads. Hehe. Minggu kemarin, 4 Desember 2011, Goodreads Indonesia ngadain event Festival Pembaca Indonesia. Dan salah satu yang diundang untuk berpartisipasi dalam acara itu adalah Forum Buku Kaskus, dimana gw sama anak-anak kutu suka nongkrong disitu.

Sebenernya dari awal gw udah bimbang mau ikutan a
cara ini pa kagak. Soalnya, tepat besoknya, 5 Desember 2011 tu gw ada Ujian Tengah Semester di kampus, yang mana gw belum belajar. Boro-boro belajar, materi nya apa aja gw g ngerti. Heheh. Tapi berkat kegigihan dari Bang Dani dan teman-teman dari forum, akhirnya pun gw dateng. Hehe.

Kayak biasa, gw yang buta jalanan Jakarta mengumpulkan personil buat dateng ke acara tersebut. Dan di luar dugaan, dari yang pertama gw cuma optimis 2 anak yang bakal
an ikut, di hari H nya membludak jadi 8 anak.

G banyak masalah di perjalanan, karena banyak diantara berdelapan anak tadi yang udah apal jalanan Jakarta. Jadi kita sampe di lokasi dengan selamat tanpa kurang suatu apapun. Kecuali kurang cairan tubuh. Karena gila, panas banget. Gw jadi bersyukur tinggal di Bogor, karena mungkin kalo gw di Jakarta, pas pulang Semarang ntar kulitku gw udah keriput kayak engkong-engkong gitu karena cairan tubuhnya menguap. Dan gw juga jadi 'agak maklum' kenapa orang-orang Jakarta pakaiannya minim-minim. Ternyata sodara-sodara, biar g gerah. Apa malah bikin gerah yah? kan HOT... Hemmm ....

Personil sampe di lokasi jam 12 siang, 2 jam sete
lah acara dimulai. Tapi kebersamaan kita terpecah, ketika 6 dari 8 anak memutuskan untuk makan dulu, sementara gw dan 2 orang lainnya memutuskan untuk masuk ke area Festival. Belakangan gw baru paham, kalo mereka berdua tak kuasa membeli makanan yang harganya selangit. maklum anak kos. 'Itu sekali makan disitu, bisa buat makan 2 kali', kata Gery. 'Tiga kali bisa!', protes Frans. Sementara gw yang ngedengarin sebenernya juga merasakan hal yang sama. hehe. Dan akhirnya pun gw sama dua anak malang tadi pun, berpisah. Gw datengin stand anak-anak Kaskus dimana disana sudah bejubel om Dani, bang Adit, om Nath, Prudence, Zuko, xixixi, inyong, dan banyak lagi. Plus pengunjung stand yang juga rame gila. Gw yang g mau ketinggalan pun ikutan nungsep diantara mereka. Hihihi.


(anak-anak Serapium, Forum Buku Kaskus --> sayang gw g ikut foto)


(Buku-buku yang boleh dituker dengan buku apa aja)


(Personil D'Massive)


(wall of shame)

Dan akhirnya jam setengah 3 an sore kita pulang. Gw berhasil nuker dapet 3 buku hasil nuker dari 3 buku yang males banget gw bacanya, minjem 24 Wajah Billi dari Zuko, dan sebagai gantinya minjemin doi 7 komik QED gw, dan beberapa foto yang sempet diabadikan. Dan, ketika nyampe rumah jam 7 malem, gw langsung tepar, tanpa buka buku sama sekali. bodo. hehe,

Wednesday, 30 November 2011

Menjadi Jomblo Yang Sukses,

Pernahkah saudara melihat buku dengan judul 'Menjadi Pengusaha Yang Sukses', saat berkunjung ke toko buku? Atau 'Kiat-Kiat Menjadi Penulis Sukses' ?. Atau mungkin 'Sukses Berkebun Pisang' ? Well, kalo kita perhatikan banyak banget buku-buku yang membahas tentang 'Bagaimana Menjadi Sukses'. Nah, tidak mau ketinggalan, kali ini gw juga mau membahas tentang kesuksesan yang udah gw raih, yaitu 'Menjadi Jomblo Yang Sukses'. Cekidot!!

Menjadi Jomblo Yang Sukses
'Jomblo itu pilihan'

Pengantar :
Siapa bilang menjadi jomblo itu tidak asik? Bagi masyarakat umum, menjadi jomblo adalah suatu aib. Bahkan sebisa mungkin, seseorang menolak untuk dibilang 'Jomblo'. Status Jomblo nampaknya sudah terlanjur buruk di mata orang-orang. Meskipun kalo boleh jujur, Jomblo tidak seburuk apa yang orang-orang pikirkan. Jomblo adalah suatu pilihan. Dan seburuk apapun Jomblo itu, toh tetap ada yang memilih. Artinya? Tidak semua orang menganggap jomblo itu bencana.

Definisi :
Mengutip dari Apa Saja Penyebab Jomblo, Jomblo didefinisikan sebagai :
"menurut para ekonom dimasukkan ke dalam kategori produk tetap, artinya tidak terdistribusi, namun suatu saat dibutuhkan berpotensi untuk didistribusikan. Sedangkan menurut para ahli kimia, jomblo adalah keadaan dimana jumlah elektron dan proton relatif sama. Namun begitu tidak bisa dimasukkan ke dalam golongan unsur mulia, karena kenegatifan elektron yang tidak stabil, yang menyebabkan sang jomblo menjadi lebih agresif jika nilai elektronnya men
Tautancapai puncak tertinggi/ terendah, dan stabil bila elektronnya cenderung stabil. Secara umum, bisa dikatakan jomblo adalah keadaan dimana seseorang tidak memiliki pasangan di masa pra nikah"

Mengapa Harus Jomblo? :
Sekali lagi saya tegaskan, bahwa Jomblo adalah sebuah pilihan. Dan sebuah pilihan selalu memberikan opsi yang cenderung sama-sama penting, sama-sama punya kelebihan dan kekurangan dibanding opsi lainnya. Oleh karenanya, memilih menjadi jomblo bukan suatu kesalahan, atau keterpurukan, atau dijadikan pilihan terakhir. Jomblo memiliki derajat yang sama dengan opsi lain dan tentu saja memiliki alasan mengapa ia harus dipilih. Beberapa alasan yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan untuk memilih menjadi jomblo adalah :
1. Kebebasan
Dengan menjadi jomblo, secara otomatis kita menjadi pribadi yang bebas. Bebas dari colokan mata pacar saat melihat cewek cantik lewat, bebas di malam sabtu dan g perlu repot-repot bingung mau ngajakin pacar jalan kemana, bebas mau mandi apa kagak, toh g ada yang protes seandainya g mandi. Well, dengan menjadi jomblo, kita bebas melakukan apapun yang kita mau.
2. Hemat
Coba cek deh, ada berapa banyak pasangan yang bisa berhemat? Setiap hari mesti ngeluarin duit buat nganter doi kemana-mana, beliin makan, nganter ke mall (dan pasti mengurangi kas keuangan kita). Belum malem minggu nya. Belum kalo doi ulang tahun. Belum peringatan satu tahun jadian, 6 bulan jadian, 3 bulan jadian, sebulan jadian, sampe 5 hari jadian. Semuanya butuh duit. Dan itu semua bisa dihindari hanya jika kita menjadi jomblo.
3. Terhindar Dari Virus Cepat Tua,
Ada yang bilang, cepat marah bisa menyebabkan seseorang menjadi cepat tua. Dan saya yakin dalam sebuah hubungan, pasti ada marahannya. Dan semakin sering marahan, semakin cepat dia menjadi tua. Bandingkan dengan seorang jomblo. Dengan menjadi jomblo, obyek kemarahan menjadi tidak ada. Sehingga ketika mau marah, akan timbul pertanyaan, 'mau marah dengan siapa? Tiang telpon?'. Dan akhirnya g jadi marah. Yang akhirnya membuat virus cepat tua pergi jauh-jauh dari hadapan kita.

Karakteristik Yang Harus Dimiliki :
Sama halnya dengan Menjadi Pengusaha Yang Sukses, untuk Menjadi Jomblo Yang Sukses juga dibutuhkan karakter-karakter penunjang dalam diri seseorang, diantaranya dalah :
1. Jangan Iri
Godaan utama seorang jomblo adalah iri. Iri ketika melihat teman-teman menggandeng pacar masing-masing, iri ketika melihat mereka bercumbu mesra. Dan untuk menjadi seorang Jomblo Yang Sukses, perasaan-perasaan seperti ini harus dihindari. Tidak boleh tidak.
2. Bebas dan Merdeka
Tanamkan di dalam diri bahwa 'dengan menjadi jomblo saya bebas dan merdeka'. Bebas dari segala macam kekangan yang mungkin dibuat oleh pasangan. Bebas melakukan hal-hal yang tidak mungkin dilakukan oleh orang-orang yang berpacaran, dan sebagainya.
3. Pantang Menyerah dan Teguh Pendirian
Akan sangat banyak godaan di depan sana yang mengahalangi kita untuk menjadi Jomblo yang sukses. Namun dengan Pendirian yang teguh dan pantang menyerah, semua itu tidak akan mempan terhadap diri kita.

Gambaran Jomblo Yang Sukses :
Nah, untuk memotivasi dan memberi gambaran seperti apakah jomblo yang sukses itu, berikut adalah beberapa ciri-cirinya :
1. Sanggup Bertahan
Bagi yang sebelumnya sudah memiliki pasangan, ciri-ciri Anda adalah jomblo yang sukses adalah, Anda bisa bertahan menjadi seorang jomblo minimal sama dengan lama Anda tidak menjomblo. Jika itu bisa dilakukan, maka title Jomblo Yang Sukses sudah di depan mata.
2. Lolos dari jebakan galau.
Ujian utama bagi seorang pencari jalan jomblo adalah galau. Galau bisa menyebabkan seorang jomblo berpikiran negatif dan yang terburuk adalah menyerah menjadi jomblo. Untuk itulah, seseorang yang bisa lolos dari kegalauan yang melandanya, hanya tinggal menunggu waktu untuk bisa menjadi seorang Jomblo Yang Sukses.
3. Feel Free and Enjoy A Life.
Dan puncak dari kesuksesan ini adalah perasaan bebas dan bagaimana seseorang bisa menikmati hidup ini meski tak ada pasangan di sisinya. Orang-orang yang sudah mencapai tingkatan ini sudah tidak lagi memiliki perasaan iri kepada orang lain. Atau kalaupun masih ada iri, ia bisa mengatasinya dengan baik.

Well, tidak ada yang gampang di dunia ini. Semuanya butuh proses dan perjuangan. Termasuk Menjadi Jomblo Yang Sukses. Ada kalanya godaan dan ujian menghadang, tapi ujian adalah proses untuk mendewasakan diri dan mengetes seberapa besar niat kita untuk mewujudkannya. Selamat mencoba! kalo kata Liverpool, 'You'll Never Walk Alone' lah. Hihihi. #tetep

Tuesday, 29 November 2011

WELCOME BACK MY SELF

Selamat sore pembaca (sok resmi banget ya, pembaca gitu loh!). Sebelum pulang ni, curhat dulu bentaran. hehehe. mumpung masih di kantor, bisa inetan dengan koneksi tingkat dewa. hehehe.

pertama, gw mau bilang sama diri gw sendiri 'Selamat datang Coco!'. Setelah tiga minggu yang panjang, dan melelahkan, akhirnya kini gw bisa kembali menjadi diri gw sendiri. bisa ketawa lepas lagi, bisa gila lagi, dan tentu saja bisa fokus menjadi bodoh lagi. G gampang emang buat ngelupain Amore. Bahkan sampe sabtu kemarin, dua hari sebelum gw kudu mengakhiri kegalauan ini, gw masih ragu, 'apa gw bisa?', dan 'voila', gw bisa. hahaha. Sebenernya dari kemarin gw udah mulai merasakan kembalinya diri gw lagi, tapi baru hari ini gw bener-bener bisa merasakan energi ini. 'Selamat datang kembali diriku' dan 'selamat tinggal galau'. Dan untuk menyambut kembalinya diri gw, lima novel udah gw siapin untuk dibaca. Well, gw laper banget baca buku. Secara, selama dalam masa 'galau' ini, bahkan satu buku pun g kelar gw baca. Dan tadi malem, cuma dalam waktu semalem, yang mana g lebih dari 2 jam, gw udah baca lebih dari 100 halaman 'Dark Flame' nya Allyson Noel. Dan My Stupid Bosss 3 dan 4 plus dua novelnya Tere Liye udah menanti untuk dibaca.

oya, gw besok udah mulai UTS (ujian Tengah Semester), yang mana semester ini gw kacau. kacau berat. gw bahkan g punya catetan buat dipelajari, jugga sama sekali g ngerti apa yang diocehkan dosen. so?? yang jelas gw g mau galau lagi. haha. biarin deh. gw kan orang bodoh. kalo pun nilai semester ini kudu anjlok, wajarlah. gw kan orang bodoh. haha.

well, sekali lagi gw mo bilang 'WELCOME BACK MY SELF'. sumpah, gw exciting banget. Dan gw bakalan berusaha (banget) buat g kembali menjadi 'galau boy'. meskipun besok UTS, meskipun kerjaan kantor gw masih segunung, meskipun gw jomblo, meskipun duit gw cekak, suwer, gw pengen jadi diri gw sendiri. gw yang bodoh. gw yang g peduli an. gw yang, yeah, tak bisa diharapkan. hehe.

WELCOME BACK MY SELF --- WELCOME BACK COCO

Monday, 21 November 2011

Kemana gw dua minggu ini?

Gw tau blog gw ini jelek banget, sejelek yang baca. Isinya pun acakadut, seacakadut yang baca. Tapi entah kenapa, waktu gw lagi asik-asik nonton anime, ada salah satu temen di forum gw nanyain, 'kenapa e kenapa, blognya g diupdate?'. gw bilang aja, 'g sempet, lagi banyak kerjaan'. Karena emang nyatanya gitu. kerjaan gw udah kayak gunung merbabu, tugas kuliah gw udah terbengkalai kayak sampah di Bantargebang. Beberapa hari kemudian, waktu gw telpon temen gw waktu SMA dulu, pertanyaan yang sama terlontar 'Kok blog nya belum update sih?', dan gw jawab dengan jawaban yang sama.

Well, pertama gw g tahu kalo blog gw ini ada yang baca. hahaha. secara gitu loh. kedua, kalo gitu maaf ya, soalnya mood nulis gw ilang sejak beberapa minggu ini. Akumulasi antara kerjaan yang numpuk, tugas yang caruk maruk, dan suasana hati yang lagi terpuruk. Sejak, Amore pergi, entah kenapa perasaan gw belum bisa tersetting dengan benar. So, sekali lagi maaf maaf maaf banget ya guys.

Sebenernya dua minggu ini juga g ada yang wow yang layak diceritain sih. Tahu sendiri lah, minggu-minggu ini gw lagi galau. Dan kegalauan ini sukses membuat gw memiliki julukan baru, galau boy. yeah. Gara-gara galau ini juga, akhirnya sejak seminggu yang lalu gw sukses flu. Gara-garanya adalah karena gw sengaja 'ujan-ujanan'. Pengennya sih dengan ujan-ujanan, pikiran stress, kenangan indah bersamanya, dan sejuta perasaan kalut ini bakal luntur barengan air hujan. Tapi bukannya sukses mengusir kegalauan, yang ada gw malah flu. Dua hari kepalaku nyut-nyutan. Nafsu makan juga ilang sama sekali. Ditambah dengan g ada orang di rumah, karena om dan bulik lagi ke semarang, ditambah g ada yang maksa-maksa buat makan, akhirnya gw g makan siang, g makan malem, besoknya g sarapan, g makan siang lagi, dan akhirnya, karena gw g mau tipus gw kumat, malem besoknya akhirnya gw makan. Terus, apa kabar galau setelah makan? Tambah. Banget. Soalnya gw makan bareng Amore. Parah. Dan sejak hari itu, gw jadi terbiasa makan sekali sehari. Gw kadang heran kuat bener ni perut makan sekali sehari doank. Tapi kalo mau gw tambah porsi makannya, dua kali sehari misalnya, yang ada malah gw pengen muntah.

Selain makan, dampak lain dari kegalauan dua minggu ini adalah jambang gw tambah panjang, dan banyak. Semula karena galau membuat gw males ngapa-ngapain, alhasil gw juga jadi males nyukur jambang. yang biasanya dua minggu sekali kudu dicukur, ini udah 3 minggu belum gw apa-apain. Tapi lama-kelamaan gw baru sadar kalo ternyata gw keren juga pake jambang. Kayak kipernya Manchester United, David de Gea. Dan berkat dukungan dari temen-temen kantor juga, akhirnya sampe hari ini gw belum punya niatan sedikitpun buat nyukur jambang. Sekarang gw fokus bagaimana biar rambut gw bisa berdiri kayak rambutnya de Gea. Hehe,

Satu lagi dampak yang mungkin agak mending diceritain adalah, gw jadi super duper boros. Kadang gw juga bingung, tu uang kemana aja ya? Hari ini ambil ATM, lusa udah ludes. Ambil lagi, lusanya lagi abis lagi. Padahal kalo dipikir-pikir, gw juga g belanja macem2. Dari makan? g mungkin. sekarang aja gw makan sekali sehari. Buku? g juga. karena galau ini ngebuat gw males baca buku. Yang di rumah aja masih ada 2 buku yang belum kesentuh, dan dua buku lainnya belum selesai kebaca. Baju? sangat tidak. Gw lebih demen garong baju nya temen kampus daripada beli baru. haha. terus buat apaan? Kita tanyakan pada rumput yang bergoyang. hahaha.

Well, itu tadi cerita gw dua minggu ini. Nothing interesting, nothing special. Hope, besok2 udah g galau lagi, so bisa sering2 update blog. Semoga bisa cepet sembuh juga. Mohon doanya ya,

Friday, 11 November 2011

Terima Kasih Amore

Oke, sesuai janji gw beberapa hari yang lalu, hari ini gw mau cerita tentang Amore yang akhirnya dijemput oleh pemiliknya. #sedih

Sebelumnya gw jelasin, bahwa Amore disini adalah nama samaran, dan dia yang sebenernya bukan kelinci. Sumpa, dia manusia tulen. Bukan siluman. Apalagi makhluk jadi-jadian. Dia adalah wanita yang udah ngebuat gw klepek-klepek, wanita yang udah ngebuat gw mimpi indah 3 minggu ini, dan wanita yang akhirnya berhasil ngebuat gw nangis sampe jam 1 malem selama dua hari berturut-turut.

Amore emang spesial. Spesial karena gw tahu gw bakal nyaman sama dia, bahkan di waktu gw baru pertama kali ngeliat dia. Spesial karena, akhirnya gw punya kesempatan deket sama dia dan dia pun menanggapi positif. Spesial karena dia emang spesial. Seumur 21 tahun gw, baru 4 orang yang berhasil ngebuat gw merasa 'nyaman' di pandangan pertama. Satu, MR3-temen gw waktu SMP, Tino-sodara kembar gw, Rumbela-mantan gw, dan yang keempat Amore.

Tiga minggu ini gw bener2 deket sama Amore. Tiap pagi dibangunin, tiap jam setengah 8 diingetin sarapan, tiap jam 12 diingetin makan siang, ketemuan tiap sore kalo sempet, dan dininaboboin tiap malem. That's simple thing. But not so simple to me. Perhatian yang dia berikan itu sama kayak ngasih gw minum buat buka puasa. Intinya gw emang butuh perhatian, dan voila, dia dateng. Semua kenyamanan itu bertambah lengkap setelah akhirnya kami (bersama temen-temen lain) ngadain trip ke Bandung. And it's the most amazing and uneraseble from my memorized.

Sebenernya dari awal gw udah niat mau pasang kuda-kuda lho. Secara gw tahu, Amore udah dimiliki seseorang, dan itu artinya gw harus pasang pager tinggi-tinggi biar perasaan ini g berkelanjutan. Tapi, bukan Coco namanya kalau engga manjat tu pager. Dan hasilnya, gw berhasil nyampe tu puncak pager. Tapi pas akhirnya tinggal lompat, di bawah sana dah nunggu anjing herder (nulisnya gimana sih? herder apa harder apa ererer?). Gw g bisa lompat ke kehidupan Amore lebih jauh lagi. Karena sekali gw masuk, mungkin bukan gw aja yang abis dimakan tu herder, tapi juga Amore, si kelinci cantikku. Dengan berat hati, akhirnya gw pun g jadi lompat ke kehidupan Amore. Dan pas mau lompat balik ke kehidupan normal gw, tu anjing herder loncat dan ngejengkangin gw dari belakang. Gw jatuh. Hati gw remuk. tulang-tulang gw bertebaran. Tapi anehnya, perasaan ini masih sama. Gw sayang Amore.

Gw berusaha banget buat decrease my feeling to her, but it just make me hurt. More n more. Sampe akhirnya tengah malem gw nangis. Yup, beneran nangis.. Yang keluar air mata gitu. Gw nangis bukan karena hati gw yang udah hancur, bukan. Gw nangis lebih karena merasa bersalah sama Amore dan pemiliknya. Karena gw tahu apa yang gw lakuin ini salah, dan gw tetep maju. Karena gw g sanggup menghapus kenangan-kenangan bareng Amore. karena gw udah terlanjur terbiasa dengan dia dan akhirnya harus bener-bener end. karena gw sayang Amore. Dan Amore g boleh sayang gw.

Well, sekarang udah 4 hari sejak gw ngalahin kunti, nangis tengah malem, perasaan ini masih sama. Tapi setidaknya gw udah bisa nahan nangis tiap malem. Gw udah bisa tersenyum bahkan di depan dia. Meski gw juga g paham, itu senyum ikhlas, senyum boongan, atau senyum karena udah gila. Gw sekarang udah bisa menatap hari esok meskipun kenangan hari kemarin masih tetap jadi bayang-bayang yang g bisa gw hindarin. Satu-satunya yang belum bisa berubah adalah gw masih tetep sayang Amore,

Terima kasih Amore karena telah menjadi bagian dari hidupku, meski bagian yang selalu ngebuat gw nangis karena inget kamu mulu. Terima kasih Amore karena telah ngasih gw minum, meski gelasnya kamu ambil lagi. Terima kasih Amore karena telah mengingatkanku bahwa 'life is a reality'. Terima kasih karena telah membangunkanku dari mimpi-mimpi indah ini. Terima kasih telah membuatku sadar atas kesombonganku yang sok kuat, karena sebenernya gw sangat sangat sangat lemah. Terima kasih telah mau masakin gw, dan ngingetin makan, meski sekarang nafsu makan gw langsung ilang, karena inget sama kamu. Terima kasih. Terima kasih. Terima kasih. Semoga bahagia. Aku sayang kamu, Amore.



Tuesday, 8 November 2011

Aku Mencintaimu

repost :

.ketika cinta tak ubahnya sebuah mantra yang tak selesei terucap,
.ketika cinta tak lain seperti buku yang tak pernah terbaca lengkap,
.ketika cinta tak pernah memberi kesempatan cahaya di antara gelap,
.ketika cinta tak mungkin bisa sempurna lagi saat kutatap,
.aku berani bertaruh sebesar angkasa yang sanggup kau lihat,
.bahwa aku mencintaimu tanpa syarat,
.tanpa tali yang mengikat,
.bahkan meskipun kau membenciku penuh lekat,
.bahkan ketika kau jatuhkan langit di atas cintaku yang tlah kau sekat,
.aku masih tetap mencintaimu dengan sangat,
.mungkin sampai cinta itu sendiri yang meninggalkanku dalam pekat,
.dalam karat,

Cinta untuk Rumbela dan Amore 2

akhirnya amore kembali lagi ke pemiliknya,
well, rasanya nyesek banget banget banget banget banget banget,
versi panjangnya kapan2 aja, lagi g baik keadaannya,

related to : Cinta untuk Rumbela dan Amore

Friday, 4 November 2011

Butuh Jawaban : Kenapa Kera Sakti Harus Kera?

Setelah beberapa postingan yang g jelas, kali ini gw mau kembali ke jenis postingan gw sebelumnya, nyampah. Hehehe.


Kamis kemarin, gw dateng ke kelas mata kuliah matematika di kampus. Kelas yang sumpah bikin tubuh gw tinggal tulang doank. Abis, dosennya garing banget ngajarnya. Bayangin aja deh. Tu dosen masuk kelas, duduk di kursi dosen (ya iyalah, masak duduk di kursi presiden?), terus dengan entengnya bilang,
'bentar ya, saya makan dulu. laper!', eaaaaa, penonton kecewa. Mending makannya yang wow gitu, ini dia makannya batagor. Udah gitu, g bagi-bagi lagi. Innai bener dah tu dosen.

Abis makan, mulai beraksi deh dia, nyalain proyektor, ambil kursi membelakangi kita-kita, ngomong. Udah gitu doank. Tiap kali mahasiswa nya tanya, selalu jawabannya 'mengenakkan' hati.
Mahasiswa 1 : 'Bu, Poset tu apaan sih Bu?' --> bagi yang g tau poset itu apaan, sama berarti.
Dosen : 'Itu kan pelajaran minggu kemarin. Buka lagi aja!',
Mahasiswa 2 : 'Bu, ini nyelesein persamaanya gimana ya?'
Dosen : 'Kamu gimana sih, ini kan pelajaran waktu SMP. G bener nih SMP nya, gini aja g bisa!'
15 menit sebelum pulang,
Mahasiswa 3 : 'Bu, tanya donk. Ini yang ini kenapa bisa begitu, cara ngitungnya gimana ya?'
Dosen : 'Udah malem nih, minggu depan aja ya!'
Taeklah. Gitu terus setiap mata kuliahnya dia. Kita sebagai mahasiswa cuma bisa berharap dan berdoa semoga Allah memberikan kesabaran dan ketabahan kepada keluarga yang ditinggalkan. #Lho!!

Udah apal dengan tingkah polah si dosen, gw iseng tanya sama temen di sebelah gw. Namanya Kapten. Aslinya Kap(i)Ten(g) --> sapiteng kali --> bener g sih?
Gw : 'eh, suka nonton kera sakti g?', (Gw tau ini pertanyaan g nyambung banget sama mata kuliah, tapi otak gw udah keburu g lurus gara-gara ngeliatin tu dosen. Jadi harap maklum).
Kapten : 'suka',
Gw : 'kenapa ya kera sakti terlahir dari batu?' (Sekali lagi gw tegaskan otak gw lagi g lurus, jadi pertanyaanya aneh-aneh).
Dan ternyata sodara-sodara, nampaknya otak temen gw juga udah bermasalah.
Kapten : 'kenapa yang keluar dari batu itu harus kera? kenapa g tikus? kenapa kera?'
Gw : (garuk-garuk kepala) 'iya ya, kenapa g tikus aja ya?'
Si Kapten manggut-manggut. Penasaran, gw tanya temen sebelah gw lagi, Stevan.
Gw : 'Stev, kenapa kera sakti itu harus kera? Kenapa g tikus?'


Stevan yang terkaget-kaget mendapat pertanyaan filosofis itu cuma diem. Mungkin dalam hati dia berontak 'Tuhan, makhluk apa yang kau kirimkan ini? Kapten pun tiba-tiba nyolot.

Kapten : 'kenapa g Panda? atau cacing?' --> sumpah, gw mikir ini otaknya Kapten udah random parah. Apa hubungannya kera sama Panda atau Cacing? kenapa dia g milih Gorila atau Orang Utan yang g jauh-jauh amat dari Kera. Kenapa Panda? Kenapa Cacing?
Stevan : (senyum-senyum doank)
G puas dengan senyumannya Stevan, gw googling dah. Tapi baru sampe di halaman awalnya, gw keburu bingung. 'Keywordnya apa ya?"
Kapten : 'kenapa kera sakti kera? gitu aja!'
Gw : 'kenapa kera sakti kera? ya iyalah, namanya juga kera sakti, pasti kera donk. Kalo tikus sakti ya tikus! Ada yang lain?'
Kapten : (mikir)
Gw : 'gimana kalo kenapa kera sakti harus kera?'
Kapten : 'sama aja dodol!'
Gw : (mikir lagi)
Kapten : (mikir juga)
Di dalam keheningan itu, tiba-tiba terdengar suara. Pertama gw kirain wangsit, tapi setelah gw dengerin dengan seksama suaranya, ternyata Stevan ngomong. Sepertinya Stevan tergoda juga.
Stevan : 'kerenan kera kali. Kalo tikus sakti kesannya jelek banget. g enak juga di telinga'
Kapten : 'itu kan karena kita udah terbiasa manggil kera sakti. Coba dari kecil kita diajarinya Tikus Sakti. Pasti g aneh deh. Itu udah jadi semacam Sugesti gitu.
Gw : 'karena tikus udah dipesen buat nama koruptor'
Stevan dan Kapten cuma ngelirik males.


Gw : 'kalo keyword nya -kenapa yang keluar dari batu bukan tikus?- gimana?'
Stevan dan Kapten cuma diem. Gw yang husnudzan mengartikan diam mereka sebagai tanda setuju. Dan setelah klik cari, yang keluar jauh panggang daripada dagingnya. 1-4 paling atas ada yang menghubungkannya dengan Hajar Aswad di Kakbah. Dan yang kelima ini yang bikin gw dan dua makhluk tadi ketawa g karuan. Link nya menuju ke sebuah forum, dan di forum itu ada orang yang nanya 'kenapa Miyabi punya orang tua?'. Sableng.

Sampe dosennya kelar ngajar, gw dan dua orang ini masih belum mendapatkan jawaban yang diinginkan, 'kenapa harus kera?'. Nyampe rumah, karena penasaran akhirnya gw tanya sama si eneng, 'kenapa kera sakti harus kera?', dan akhirnya racun 'kenapa kera sakti harus kera ?' pun tersebar luas.

Nah, melalui tulisan di blog ini, gw menghimbau kepada seluruh warga Indonesia baik yang manusia atau kera, yang peduli pada kesaktian kera sakti, diharapkan memberi jawaban kepada gw bila tahu jawabannya. Ini bukan semata-mata buat gw, tapi ini demi kemaslahatan umat. Agar anak cucu kita nantinya bisa tahu alasan yang sebenarnya, 'kenapa kera sakti lahir dari batu?', 'kenapa yang keluar dari batu itu kera?', dan 'kenapa kera sakti itu kera?'. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Tuesday, 1 November 2011

Selamat Datang November

-------------------------------------------
------ Selamat Datang November ---------
-------------------------------------------

Thursday, 27 October 2011

Lagi Gila

Oke, mungkin postingan kali ini agak beda ya. Yup, beda karena ... ehem ehem ...
gw mau nyanyi (Oke oke, g usah sampe muntah-muntah gitu donk. gw tau suara gw jelek. Fine. tapi g segitunya kali. Orang cakep juga punya hak buat nyanyi)

kalo ada yang nanya kenapa gw nyanyi lagu ini (yang gw yakin g ada), jawabnya panjang banget. Intinya, gw karena emmmm... rahasia deh. Hahaha. Dengerin ya dengerin ya dengerin ya...

select
status = case when((b.kodeprod is null) and (b.tipeTower is null)) then 'M' else 'T' end,
a.kodeprod, a.tipetower, Komposisi = '-', '' ketinggian, a.prefix, a.jumlahset, '' section,
a.keterangan
from tengkodetipetower a
left outer join tengkodetipetowerCutOff b
on a.kodeprod=b.kodeprod and a.tipeTower=b.TipeTower

Ups, sori, salah copy. Itu skrip kerjaan gw. Sori-sori. Ini yang bener.

Andai enkau tahu
Bila menjadi aku, sejuta rasa dihati
Lama tlah kupendam,
Tapi akan kucoba mengatakan

Chorus:
Ku ingin kau menjadi milikku
Entah bagaimana caranya
Lihatlah mataku untuk memintamu
Ku ingin jalani bersamamu
Coba dengan sepenuh hati
Ku ingin jujur apa adanya
Dari hati

Kini engkau tahu aku menginginkanmu
Tapi takkan kupaksakan
Dan kupastikan
Kau belahan hati
Bila milikku.. oooo

Chorus

Menarilah bersamaku
Dengan bintang-bintang
Sambutlah diriku
Untuk memelukmu

Coba tebak, lagunya siapa?? Yak, betul. Gw emang fans beratnya Didi Kempot.

Wednesday, 26 October 2011

Peluk Aku Tuhan

Langkahku semakin menjauh,
Ketika keringat terus mengalir menyemai peluh,
Mencair, luluh,
Seperti lilin yang dihantam petir dan gemuruh,
Jiwaku kini tak lagi teduh,

Kenangan,
Kenangan membawaku ke suatu malam di saat aku duduk bersipuh,
Menghadapmu, meminta, mengemis apa yang aku butuh,
Tak peduli raga yang semakin lusuh,
Tak peduli dengan dunia yang semakin rusuh,
Mataku tetap memandang kebesaran Mu dengan penuh,
Dengan patuh,
Aku mengeluh,
Rapuh,

Aku rindu tersenyum bersama Mu,
Aku rindu dengan setiap tetes tangisan piluku,
Aku rindu dengan mata sendu, ketika memohon kepada Mu,
Aku rindu dengan kenangan manis itu,

Ingin rasanya aku kembali ke pelukmu,
Tapi ragu,
Aku bahkan lari menjauh ketika melihat penunjuk jalan ke rumah Mu,
Aku malu,
Malu, karena terlalu lama tak berkunjung menghadap Mu,
Malu, karena setiap perintah Mu, kulaksanakan dengan semu,

Peluk aku Tuhan,
Karena hanya kehangatan Mu yang ingin kurasakan,
Peluk aku Tuhan,
Meski dunia akan meninggalkanku sendirian,

Monday, 24 October 2011

Cinta Untuk Rumbela dan Amore,

Empat tahun lalu, seorang sahabat memberiku hadiah seekor kucing persia. Rumbela namanya. 'Biar kamu g merasa kesepian', katanya. Aku hanya tersenyum sambil memindahkan Rumbela ke pelukanku. Yah, menurut sahabatku ini, aku adalah tipe orang yang selalu diredam kesepian, yang selalu hidup sendiri dan memendam perasaan sendiri. Entah itu perasaan bahagia atau yang menyahat hati sekalipun. Semuanya kusimpan sendiri. Di dalam kesepian. Untuk itulah, mungkin Rumbela bisa menyembuhkan penyakitku ini.

Baru beberapa hari, aku dan Rumbela sudah seperti Nakula dan Sadewa. Benar apa yang dikatakan sahabatku ini. Rumbela membuatku lebih menikmati hidup. Membawaku keluar dari area gelap kesendirian. Tak ada hari yang kulewati tanpa Rumbela. Ketika terbangun dari tidur, Rumbela telah menantiku di ujung kasur. Sepulang sekolah, Rumbela selalu siap di teras rumah, seolah menyambutku dengan ramah. Bersama Rumbela, tak ada lagi warna abu-abu. Hari-hari sepi yang kujalani di hari lalu, kini telah secerah pelangi di langit biru.

Namun keadaan ini berubah. Setelah dua tahun menjadi satu-satunya teman yang kupunya, tiba tiba Rumbela menghilang. Dua hari ia tak pulang. Aku yang khawatir, segera mencarinya. Di taman kota, di rumah tetangga, di manapun, tapi Rumbela tetap tak berhasil kutemukan. Berhari-hari pencarianku tak berbuah hasil, hingga aku benar-benar muak dengan semua ini. Tapi tepat ketika aku hendak menyerah itulah, Rumbela hadir di teras rumahku. Persis seperti yang ia lakukan sebelumnya. Menantikanku pulang. Dengan segera aku berlari ke arahnya. Seperti seorang sahabat yang lama tak saling jumpa, kutumpahkan semua rasa rindu yang tak berhasil kusalurkan, beberapa hari atau mungkin minggu ini. Untuk beberapa saat senyumku merekah. Namun di detik berikutnya, senyum itu sirna, digantikan oleh rasa sedih juga marah. Ada benda menggantung di leher Rumbela. Sebuah kalung dengan bandul yang bertuliskan sebuah nama, 'Sania'. Aku tak ingin percaya, tapi perlahan Rumbela meyakinkaku. Ia berjalan menjauhiku, sementara aku tak bergerak. Air mataku menetes tanpa dengan sendirinya. Aku hendak menghentikan Rumbela, tapi kuurungkan. 'Bahkan ia tak melihat ', pikirku. Sampai lewat pagar rumah, Rumbela tetap berjalan tanpa menoleh ke arahku, dan kemudian menghilang di balik pagar rumah. Tak lama kemudian, seorang lelaki 20an terlihat berlari tergopoh-gopoh di depan pagar. 'Sania, kemana saja kau! Aku mencarimu kemana-mana. Tunggu aku!', teriaknya. Aku mendudukkan kepala. Rupanya yang tadi itu adalah salam perpisahan dari Rumbela.

Kehilangan Rumbela begitu sulit kuterima. Setidaknya, butuh waktu yang sama antara bersamanya dan melupakannya. Tak kurang dari dua tahun aku masih menginginkan Rumbela kembali menungguku di teras rumah. Yang tentu saja selalu berakhir dengan kekecewaan karena Rumbela tak pernah datang lagi. Tak kurang dari dua tahun pula, ketika akhirnya aku melihat seekor kelinci putih berlarian di depan taman rumahku. Warna putihnya begitu cantik. Bulu-bulunya terlihat lembut. Dan senyumnya. Aku menyukainya.

Dengan hati terkembang, aku mendekati kelinci putih itu. Ada pita biru terikat di lehernya. Sebuah lempengan alumunium yang diukir cantik membentuk kata 'Amore' tergantung di peta itu. 'Mungkin itu namanya', pikirku. Tapi aku tak peduli. Alih-alih mencarikan sang pemilik Amore, aku malah mengajaknya bermain-main. Kerinduan pada Rumbela yang telah kusimpan dua tahun kucurahkan kepada Amore di saat itu juga. Dalam kerinduan itu kutitipkan pula salam perpisahan untuk Rumbela yang tak sempat kuucapkan dua tahun lalu. 'Aku ikhlas Rumbela'. Amore pun nampaknya tak keberatan dengan hal itu. Kelinci putih itu seakan tersenyum, menuatkanku, dan sekaligus menggodaku untuk memilikinya. Tapi denga segear kuurungkan niat itu.

Keesokan harinya, Amore kembali datang. Aku lihat sekitar, tak ada siapapun. Amore hanya memandangku. Terus memandangku. Entah apa yang hendak dikatakannya, tapi aku yakin, siapapun yang melihat mata itu, akan tergoda untuk melepas pita itu, dan menggantinya dengan nama baru.

Tapi sekali lagi tidak. Aku tak ingin sang pemilik Amore merasakan kehilangan seperti apa yang aku rasakan atas kehilangan Rumbela. Cukup aku. Dan hanya aku. Toh aku juga sudah terlatih hidup dalam kesepian sebelumnya. Dan apa salahnya kembali ke dunia kesendirian itu? Namun begitu aku tetap bermain-main dengan Amore sejenak. Mencurahkan segala kasih sayang yang kupunya untuknya. Toh, siapa yang tahu kalau mungkin kasih sayang ini adalah kasih sayang terakhir yang kupunya. Memiliki Amore mungkin tidak, tapi mencintainya, tak ada yang salah dengan itu.

Tuesday, 18 October 2011

Posting Ini Untukmu

Posting ini untukmu,
Kamu yang mencoba menggoreskan cat kuning di hidupku,
Meski aku lebih memilih warna biru atau ungu,
Tapi kau tetap pada pendirianmu,
Sambil menggoda manja, mengerdipkan mata indahmu,
Dan senyummu telah memupuskan berontakku,
Kuning juga bagus menurutku,

Posting ini untukmu,
Kamu yang telah rela membangunkanku di malam buta,
Membuatku bisa menikmati keheningan malam yang tanpa cela,
Walau nyatanya kau bilang, karen atak bisa tidur lebih awal,
Tapi tetap saja kau membangunkanku dari mimpi indah,
Menuju kegelapan yang lebih terang,

Posting ini untukmu,
Kamu yang membuat handphoneku berdering lebih sering,
Bercerita lewat kabel tanpa henti,
Kau bilang aku lebih percaya diri kini,
Daripada bertatap muka yang diwarnai grogi,

Posting ini untukmu,
Ya, untukmu.

Kepemimpinan

Kepemimpinan yang efektif harus memberikan pengarahan terhadap usaha-usaha semua pekerja dalam mencapai tujuan tujuan organisasi. Tanpa kepemimpinan atau bimbingan, hubungan antara tujuan perseorangan dan tujuan organisasi mungkin terjadi renggang (lemah) keadaan ini menimbulkan situasi dimana perseorangan berkerja untuk mencapai tujuan pribadinya, sementara itu keseluruhan organisasi menjadi tidak efisien dalam mencapa sasaran-sasarannya.

I. Pengertian
Kepemimpinan adalah proses mempengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasi kearah pencapaian tujuan

II. Tipe-Tipe Kepemimpinan
1.Tipe Otokratis

Ciri-cirinya antara lain:
a. Mengandalkan kepada kekuatan / kekuasaan
b.Menganggap dirinya paling berkuasa
c. Kerasdalam mempertahankan prinsip
d. Jauh dari para bawahan
e. Perintah diberikan secara paksa

2.Tipe Laissez Faire

Ciri-ciri antara lain :
a. Memberi kebebasan kepada para bawahan
b. Pimpinan tidak terlibat dalam kegiatan
c. Semua pekerjaan dan tanggung jawab dilimpahkan kepada bawahan
d. Tidak mempunyai wibawa
e. Tidakada koordinasi dan pengawasan yang baik

3. Tipe Paternalistik

Ciri-ciri antara lain :
a. Pemimpin bertindak sebagai bapak
b. Memperlakukan bawahan sebagai orang yang belum dewasa
c. Selalu memberikan perlindungan
d. Keputusan ada ditangan pemimpin.

4. Tipe Militerlistik

Ciri-ciri antara lain :
a. Dalam komunikasi menggunakan saluran formal
b. Menggunakan sistem komando/ perintah
c. Segala sesuatu bersifat formal
d. Disiplin yang tinggi, kadang bersifat kaku

5. Tipe Demokratis

Ciri-ciri antara lain :
a. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan organisasi
b. Bersifat terbuka
c. Bawahan diberi kesempatan untuk memberi saran dan ide-ide baru
d. Dalam pengambilan keputusan utamakan musyawarah untuk mufakat
e. Menghargai potensi individu

6.Tipe Open Leadership

Tipe ini hampir sama dengan tipe demokratis. Perbedaannya terletak dalam hal pengambilan keputusan. Dalam tipe ini keputusan ada ditangan pemimpin.

III. Teori Kepemimpinan
1.Teori Kelebihan
2.Teori Sifat
3.Teori Keturunan
4.Teori Kharismatis
5.Teori Bakat
6.Teori Sosial.

Sumber : http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/information-system-s1-1/teori-organisasi-umum-2-1/kepemimpinan

Perubahan dan Pengembangan Organisasi

Perubahan & Pengembangan Organisasi

Organisasi sebagai suatu bentuk kehidupan dalam masyarakat juga mengalami perubahan, karena organisasi juga harus selalu menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi. Organisasi mengalami perubahan karena organisasi selalu menghadapi berbagai macam tantangan.
Pengembangan organisasi mempunyai dua arti, yaitu pengembangan organisasi sebagai fungsi administrasi dan pengembangan organisasi sebagai fungsi spesialis atau sebagai suatu teknik manajemen
Padad asarnya pengembangan organisasi merupakan usaha yang dilakukan secara berencana, terus menerus meliputi organisasi secara keseluruhan untuk meningkatkan evektifitas dan kesehatan organisasi dengan menerapkan azas-azas dan praktek yang dikenal dalam kegiatan organisasi

I. PERUBAHAN
Faktor penyebab terjadinya perubahan dibedakan jadi dua, yaitu:

Lingkungan Intern
a.Perubahan kebijakan pimpinan
b.Perubahan tujuan
c.Perluasan wilayah operasi tujuan
d.Volume kegiatan bertambah banyak
e.Sikap & perilaku dari para anggota organisasi.

Lingkungan Ekstern
a.Politik
b.Hukum
c.Kebudayaan
d.Teknologi
e.Sumber Daya Alam
f.Demografi
g.Sosiologi

Sikap organisasi dalam menghadapi terjadinya perubahan lingkungan intern/ ekstern, yaitu :
a.Mengadakan perubahan struktur organisasi.
b.Mengubah sikap & perilaku pegawai.
c.Mengubah tata aliran kerja.
d.Mengubah peralatan kerja.
e.Mengubah prosedure kerja
f.Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar personel.

Proses perubahan, yaitu:
1.Mengadakan pengkajian.
2.Mengadakan identifikasi.
3.Menetapkan perubahan.
4.Menentukan strategi.
5.Melakukan evaluasi.

II. PENGEMBANGAN ORGANISASI (P.O)

Ciri-ciri pengembangan organisasi, antara lain:
•(P.O) merupakan usaha yang dilakukan secara berencana.
•(P.O) mencerminkan suatu proses yang berlangsugn terus-menerus.
•(P.O) berorientasi masalah organisasi yang harus dipecahkan.
•(P.O) merupakan usaha ke arah penyempurnaan organisasi.
•(P.O) merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi diluar organisasi, dsb.

Metode pengembangan Organisasi
a.Jaringan manajerial
b.Latihan kepekaan
c.Pembentukan tim
d.Umpan balik Survai

Metode Pengembangan Keterampilan & Sikap
a.Latihan ditempat kerja
b.Latihan instruksi kerja
c.Latihan diluar tempat kerja

Komunikasi Dalam Organisasi

Komunikasi dalam organisasi pada dasarnya merupakan suatu kegiatan intern didalam organisasi. Semua masalah yang timbul dalam organisasi akan segera dapat diatasi apabila komunikasi yang berlangsung dalam organisasi dapat berjalan dengan baik. Komunikasi dalam organisasi akan berjalan dengan baik apabila arus informasi dalam organisasi tidak menghadapi hambatan. Pimpinan organisasi membutuhkan informasi yang cepat dan tepat . Oleh karena itu komunikasi merupakan suatu bidang yang sangat penting dalam organisasi

I. Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari satu orang ke orang yang lain.

II. Unsur-unsur Komunikasi
Unsur-unsur Komunikasi ada 5, yaitu :
1.Komunikator
2.Menyampaikan berita
3.Berita-berita yang disampaikan
4.Komunikasi
5.Tanggapan atau reaksi

III.Bagaimana Menyalurkan Ide Melalui Komunikasi


IV.Hambatan-Hambatan Komunikasi
1.Hambatan yang bersifat teknis
2.Hambatan semantik
3.Hambatan perilaku

V. Klasifikasi Komunikasi Dalam Organisasi
Dari segi sifatnya :
a. Komunikasi Lisan
b. Komunukasi Tertulis
c. Komunikasi Verbal
d. Komunikasi Non Verbal

Dari segi arahnya
a. Komunikasi Ke atas
b. Komunikasi Ke bawah
c. Komunikasi Diagonal Keatas
d. Komunikasi Diagonal Kebawah
e. Komunikasi Horizontal
f. Komunikasi Satu Arah
g. Komunikasi Dua Arah

Menurut Lawannya :
a. Komunikasi Satu Lawan Satu
b. Komunikasi Satu Lawan Banyak (kelompok)
c. Kelompok Lawan Kelompok

Menurut Keresmiannya :
a. Komunikasi Formal
b. Komunikasi Informal
  • Komunikasi Informal yang terjadi karena adanya komunikasi antara sesama karyawan dalam suatu organisasi.
  • Komunikasi informal (the grapevine) biasanya disebarluaskan melalui desas-desus atau kabar angin dari mulut ke mulut dari satu orang ke orang yang lainnya dalam suatu organisasi dimana kebenarannya tidak bisa dijamin karena kadang-kadang bertentangan dengan perusahaan.
  • Jadi agar komunikasi informal bisa bermanfaat maka seseorang pemimpin harus bisa memakai jalur ini untuk memperlancar berjalannya komunikasi formal perusahaan (komunikasi formal ini jangan sampai mengakibatkan timbulnya desas-desus yang meresahkan karyawan
Sumber : http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/information-system-s1-1/teori-organisasi-umum-2-1/komunikasi-dalam-organisasi

Proses Dalam Organisasi

Proses mempengaruhi pengambilan keputusan. Dan komunikasi adalah proses-proses manejerial karena secara nyata dilaksanakan oleh para manajer. Proses-proses ini juga merupakan proses-proses organisasional karena lebih penting daripada manajer individual dalam pengaruhnya pada pencapaian tujuan–tujuan organisasi. Ketiga proses organisasi dan manejemen ini merupakan bagian vital sistem organisasi formal dan mempunyai implikasi-implikasi sangat penting terhadap perilaku organisasional.

I. Proses Mempengaruhi
Pengertian Pengaruh
Pengaruh adalah kegiatan atau keteladanan yang baik secara langsung atau tidak langsung mengakibatkan suatu perubahan perilaku dan sikap orang lain atau kelompok.

Elemen-elemen proses mempengaruhi
a.orang yang mempengaruhi (0)
b.metode mempengaruhi (→)
c.orang yang dipengaruhi (p)

Jadi proses mempengaruhi : 0 →p

Metode mempengaruhi
a.Kekuatan fisik
b.Penggunaan sanksi (positif/negatif)
c.Keahlian
d.Kharisma (daya tarik)

DaerahPengaruh
Daerahpengaruh mencakuphubungan-hubungana.
a. Antara perseorangan
b. Kelompok dengan seseorang
c. Seseorang dengan kelompok

Hubungan antara Kekuasaan dan Pengaruh
a.Analisis French-Raven
b.Analisis Etzioni
c.Analisis Nisbel

II. Proses Pengambilan Keputusan
Pengambilan keputusan adalah pemilihan diantara berbagai alternatif.

Konsep Pengambilan Keputusan
•Identifikasi dan diagnosis masalah
•Pengumpulan dan analisis data yang relevan
•Pengembangan & evaluasi alternantif
•Pemilihan alternatif terbaik
•Implementasi keputusan & evaluasi terhadap hasil -hasil

a.Tipe –Tipe Keputusan Manajemen
•Keputusan-keputusanperseorangan dan strategi
•Kepusan-keputusan pribadi & strategi
•Keputusan-keputusan dasar & rutin

b.Model-model Pengambilan Keputusan
•Relationalitas Keputusan
•Model-model perilaku pengambilan keputusan

c.Teknik Pengambilan Keputusan
•Teknik -teknik Kreatif: Brainstorming & Synectics
•Teknik -teknik Partisipatif
•Teknik -teknik pengambilan keputusan Modern : Teknik Delphi, Teknik Kelompok Nominal

Sumber : http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/information-system-s1-1/teori-organisasi-umum-2-1/proses-organisasi

Konflik Dalam Organisasi

I. Pengertian Konflik
Konflik adalah segala macam interaksi pertentangan atau antogonistik antara dua atau lebih pihak.

II. Jenis-jenis Konflik
Jenis-jenis Konflik :
a.Konflik peranan yang terjadi didalam diri seseorang (person-role conflict)
b.Konflik antar peranan (inter-role conflict)
c.Konflik yang timbul karena seseorang harus memenuhi harapan beberapa orang (intesender conflict)
d.Konflik yang timbul karena disampaikannya informasi yang saling bertentangan (intrasender conflict)

Konflik juga dapat dibedakan menurut pihak-pihak yang saling bertentangan.
Atas dasar hal ini , ada 5 jenis konflik , yaitu :
a.Konflik dalam diri individu.
b.Konflik antar individu.
c.Konflik antar individu dan kelompok.
d.Konflik antar kelompok dalam organisasi yang sama.
e.Konflik antar organisasi

III. Sumber-Sumber Konflik
a.Kebutuhan untuk membagi (sumber daya-sumber daya) yang terbatas.
b.Perbedaan-perbedaan dalam berbagai tujuan.
c.Saling ketergantungan kegiatan-kegiatan kerja.
d.Perbedaan nilai-nilai atau persepsi.
e.Kemandirian organisasional.
f.Gaya-gaya individual.

IV. Strategi Penyelesaian Konflik
Ada 3 strategi dasar :
a.Kalah –kalah
b.Menang –kalah.
c.Menang –menang.

V. Pengertian Motivasi
Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai suatu tujuan.

Motivasi dapat dikelompokkan menjadi 2 yaitu :
a. Motivasi Fisiologis
b. Motivasi Psikologis.

VI. Teori-Teori Motivasi
a.Teori X dan teori Y Mc Gregor.
Anggapan-anggapanyang mendasari teori X :
1.Rata-rata para pekerja itu malas, tidak suka bekerja dan akan menghindarinya bila dapat.
2.Karena pada dasarnya pekerja tidak suka bekerja, maka harus dipaksa, dikendalikan, diperlakukan dengan hukuman, dan diarahkan untuk pencapaian tujuan organisasi.
3.Rata-rata para pekerja lebih senang dibimbing, berusaha menghindari tanggung-jawab, mempunyai ambisi yang kecil, keamanan drinya di atas segala-galanya.

Anggapan-anggapan yang mendasari teori Y :
1.Usaha phisik dan mental yang dilakukan manusia dalam bekerja adalah kodrat manusia, sama halnya dengan bermain atau beristirahat.
2.Rata-rata manusia bersedia belajar, dalam kondisi yang layak, tidak hanya menerima tetapi mencari tanggung-jawab.
3.Ada kemampuan yang besar dalam kecerdikan, kreativitas dan daya imajinasi untuk memecahkan masalah-masalah organisasi yang secara luas tersebar pada seluruh karyawan.
4.Pengendalian ekstern dan hukuman bukan satu-satunya cara untuk mengarahkan usaha pencapaian tujuan organiasasi.
5. Keterikatan pada tujuan organisasi adalah fungsi penghargaan yang diterima karena prestasinya dalam pencapaian tujuan itu.
6.Organisasi seharusnya memberikan kemungkinan orang untuk mewujudkan potensinya, dan tidak hanya digunakan sebagian.

b.Teori Hirarki Kebutuhan Maslow
Menurut Maslow ada 5 kebutuhan dasar manusia yang membentuk hirarki kebutuhan, yaitu :
1. Kebutuhan Fisiologis
2. Kebutuhan Keamanan
3. Kebutuhan Sosial
4. Kebutuhan Penghargaan
5. Kebutuhan Aktualisasi

c.TeoriMotivasi Berprestasi Mc Clelland
Menurut Mc Clelland, seseorang dianggap mempunyai motivasi prestasi yang tinggi, apabila dia mempunyai keinginan untuk berprestasi lebih baik dari pada yang lain dalam banyak situasi.

Mc Clelland memusatkan perhatiannya pada tiga kebutuhan manusia yaitu :
1. Kebutuhan Prestasi
2. Kebutuhan Afiliasi
3. Kebutuhan Kekuasaan


d.Teori Motivasi Dua Faktor Herzberg
Menurut Herzberg ada dua faktor yang mempengaruhi motivasi kerja seseorang dalam organisasi, yaitu pemuas kerja (job satisfier) yang berkaitan dengan isi pekerjaan dan penyebab ketidakpuasan kerja (job dissafisfiers) yang bersangkutan dengan suasana pekerjaan Satisfiers disebar motivators dan dissatifiers disebut faktor-faktor yang higienis.

Sumber :
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/information-system-s1-1/teori-organisasi-umum-2-1/konflik-organisasi