::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Sunday, 30 December 2012

Setahun Bersama Forum Buku Kaskus "Serapium"

     Oke oke, mungkin tulisan ini agak telat. Tapi whateva, gw tetep pengen nulis. Hehe.

    Tanggal 28 Desember kemarin, forum gw tercinta, forum buku Kaskus Serapium ultah untuk yang pertama kali. Selamat selamat!! Meskipun masih bayi kalo diliat dari ukuran manusia, namun setahun bersama Serapium sungguh-sungguh menyuguhkan pengalaman lebih dari seorang bayi yang baru bisa pegang dot.

    Sedikit flashback ke belakang, gw sendiri gabung di forum ini sekitar bulan Juli 2011 (lupa tepatnya). Waktu itu Serapium masih menjadi anak tiri forum Education, dan Serapium sendiri masih bernama Book Reviews. Pada awalnya gw sempet berfikir bahwa isi forum ini adalah sekitar pelajaran-pelajaran sekolahan atau apa. Secara saudara tiri lainnya adalah Sains dan Xenology. Jadi wajar dong, kalo gw berfikiran bahwa Book Reviews pun ga jauh-jauh dari dunia pendidikan formal pada umumnya. Gw sempet kabur, karena gw tahu otak gw ga bakal nyambung sama macam pendidikan formal kayak gitu. Hehe.

    Tapi pada akhirnya, nasib pun mempertemukan gw dengan Serapium. Waktu itu gw lagi iseng googling nyari review dari buku yang gw mau beli. Yang pada akhirnya mengantarkan gw ke jalan menuju Book Reviews. Sempet terperangah, dan bilang wow. Meski tanpa koprol segala macem. Hehe.

    Orang pertama yang menyapa gw di Book Reviews adalah Puh Adit. Kemudian disusul Puh Dani. Dan percaya atau tidak, Putri_Dangdut. Gw sempet exiting banget waktu di forum lagi bahas soal pembuatan Jaket. Dengan semangat 90an, gw ikutan. Yang pada akhirnya berujung pada sebuah penghianatan.

    Tragedi ini cukup menggemparkan sebenarnya. Bahkan sampai dibuatin thread sendiri. Tapi percaya atau tidak, tragedi ini pun sebenarnya membawa berkah tersendiri buat gw. Kenapa? Karena lewat tragedi ini gw mule dikenal di forum. Hehe. Waktu itu gw yang garing tingkat dewa ngebaca komen dari anak-anak yang sebagian besar pada pesimis, berinisiatif bikin cerita based on kejadian itu. Dan alhamdulillah, sampai 16 atau 17 chapter. Tapi sayangnya, setelah itu cerita jadi melebar, dan gw yang copo ga tahu gimana mau bikin ending tu cerita. Ditambah ga lama kemudian, thread ditutup. #eyaaa...

    Gath pertama gw adalah gath kota tua. Itu adalah pertama kalinya gw ketemu para kutu ini. Puh Adit, Puh Dani, Puh Hendra, Puh Willy, Puh Prudence, Mile, Garezt, Ingus, Misnn, dan lain-lain. Hal yang memalukan di gath ini adalah saking groginya, gw sempet ngebuat bingung para sesepuh dengan menyebut ciri gw, "Gw make jaket liverpool", padahal yang sebenarnya gw pake kaos Liverpool. Hehe.

    Gath selanjutnya, Festival Pembaca Indonesia, TB Leksika, Pameran Buku Senayan, KFC Pondok Indah, hingga yang paling baru Festival Pembaca Indonesia (lagi), gw ikutan. Dan bagi gw yang pendiem dan ga punya banyak temen, ketemu sama mereka, temen-temen baru yang asoy geboy bener-bener ngebuat gw amaze.

    Sekarang ini gw sendiri udah jarang nongol di Forum. Bukan karena apa-apa, tapi karena sekarang gw udah mule jarang internetan lewat kompi. Satu-satunya gw inetan lewat kompi adalah pas di kantor. Dan karena kantor juga banyak kerjaan, pada akhirnya internetan pun jarang. Kalo ga percaya, lo liat aja blog gue, yang update tiap bulan sekali. Hehe.

    Well, tapi apapun, Forum Buku Serapium adalah forum yang bener-bener gw cintai. Dari forum inilah gw mengenal gimana rasanya punya temen sehobi (secara di lingkungan gw jarang banget nemu orang yang hobi baca). Dari forum ini juga gw mulai belajar nulis. Dari forum ini juga gw kenal gimana rasanya punya temen. Dan dari forum ini juga, gw jadi gila sama buku. Gw pernah nulis di blog ini bahwa gw rela makan sekali dalam sehari doang, asalkan gw bisa beli buku. Dan ini bener. Dan ini juga gara-gara forum ini. Hehe.

    Well, sekali lagi. Selamat ulang tahun buat Serapium. Semoga tambah gedhe. Selalu dicintai dan mencintai para kutu dimananapun kalian berada. Selamat selamat.....

Friday, 28 December 2012

Si Copo Pergi ke Turki

     Hello everybody. Lama tak jumpa. Ada yang kangen? Engga ada? Ga papa juga sih. Kita ga pacaran ini. Hehe.

    Tanggal 23 kemarin adik gue yang paling badung dan copo berangkat ke Turki. Katanya sih mau belajar. Tapi tau dah benaran apa kagak. Yang jelas keberangkatannya doi kesana bikin gue seneng sekaligus bangga sebagai seorang kakak, sekaligus nyesek sebagai seorang anak dari orang tua kami. Jelas seneng dan bangga, secara adik gue itu copo no 1, oon, dodol, dan segala macam sebutan sejenis tersebut di atas cocok buat dia. Itu makanya, waktu doi bilang mau berangkat ke Turki, gw abisin dah cadangan air mata gue. Terharu. Heheh.

    Terus nyeseknya kenapa? Nyesek karena untuk sesaat, gw merasa apa yang dilakukan ortu gue agak-agak ga adil buat gue. Secara, gue dulu aja waktu minta sekolah SMA di sekolah pilihan gue, faforit dan emang agak mahal, bokap bilang, "kalo mau sekolah disitu, bapak ga janji bisa nguliahin kamu". Cuma gitu doang, tapi mak jleb. Dan pun akhirnya gue kudu sekolah di sekolah pilihan bokap gue. Lulus SMA, gue udah susah-susah nyari informasi ke ITB, bokap bilang, "Adik kamu ntar sekolahnya gimana?". Gw turunin derajat universitasnya, dan akhirnya dapet beasiswa full selama empat tahun di Udinus, bokap juga masih bilang, "Biaya hidupnya? Emang biaya hidupnya murah?". Dan pada akhirnya gw terdamparlah disini, di depan komputer kantor gw, sambil kuliah malem di universitas (belakangnya) UI, Gunadarma. Well, dan waktu di Gunadarma dapet beasiswa Sarmag pun (yang ga tau apa itu beasiswa Sarmag, bisa dilihat di postingan gw sebelum-sebelumnya), akhirnya cuma kayak angin doank. Ga ngaruh.

    Makanya, waktu kemarin adik gue sekolah di Sragen Bilingual Boarding School (SBBS) yang bayarannya selangit, gw sempet amaze. Wow. Apalagi ditambah waktu bokap ngabarin bahwa adik mau berangkat ke Turki yang notabene juga GA GRATIS, gw sempet bilang dalam hati, "Ciyus?".

    Tapi well, gw ngerti sih. Waktu gw sekolah dan sekarang keadaan keuangan keluarga udah beda. Makanya, gw cuma bisa bersyukur atas apa yang diberikan Allah kepada gw khususnya, dan keluarga gw umumnya. Thanks Allah.

    Adik gue berangkat ke Turki tanggal 23, dan dengan oon nya minta gw beliin peralatannya tanggal 18/19 (lupa), karena di kampung pastinya ga ada, dan juga ortu gw pun ga ngerti apa aja yang harus dipersiapin. Alhasil, gw lah satu-satunya tumpuan mereka. Padahal gue pagi harus kerja, dan kebetulan juga kuliah lagi ujian. Dia juga ga mandang kalo sekarang gw naik sepeda, jadi semuanya serba terbatas. Tapi emang dasar oon, mau diapain lagi. Belum gimana nganternya ke Semarang. Untungnya gw punya temen yang mau nganterin gw nyari barang ini itu kesana sini. Thanks banget buat Moncoz, you are the best lah.

    Tanggal 22, gw pulang ke Semarang, naik pesawat yang harga tiketnya naudzubillah. 900 ribu men. Kalo hari biasa bisa 3 kali jalan itu. Tapi whatever lah. Mau gimana lagi coba? Malem tanggal 22, akhirnya nyampe rumah. Dan tanggal 23 nganter si copo ke bandara.

    Well, sampai hari ini, tanggal 28, gw belum bisa ngubungin si copo. Handphone ga bisa dihubungi (entah dianya yang ga aktif atau gw nya yang cupu ga tau gimana caranya). FB, Twitter ga pernah update. Well, gw ga tahu gimana kabar doi. Dan gw juga ga tau kudu ngomong apa sama ortu gw kalo ntar mereka nanya ke gw gimana kabar adik gw.

    Salam super....
   

Saturday, 15 December 2012

FR - Indonesian Reading Festival 2012

    Sebelumnya minta maaf kepada siapa saja yang merasa saya bersalah, karena membuat FR telat pada waktunya. Hehe. Akhir-akhir ini entah kenapa kerjaan kantor banyak gila, kuliah juga lagi UTS, dan stok Running Man (Variety Show Korea) gw juga masih banyak yg belum ditonton. Hehe.

    Well, hari Minggu kemarin, Good Reads Indonesia ngadain Indonesian Reading Festival (lagi) di Plaza Festival, Kuningan. Dan kebetulan, Forum Buku kami tercinta, Kaskus Serapium dapat booth disana.

    Jauh-jauh hari, sist calon Enthu, Selpik udah mewanti-wanti bahwa gw harus dan kudu dateng di acara ini. Secara acara-acara yang kemarin-kemarin gw jarang bisa dateng karena ada dua dan lain hal. Dan secara pribadi pun, gw juga sudah membulatkan tekad untuk dateng ke acara ini, apapun yang terjadi.

    Seperti biasa juga, gw buta jalanan Jakarta. Sehingga gw harus mencari korban yang bisa gw jadiin Guide. Tapi apa mau dikata, karena sampai H-0,25 gw belum juga mendapatkan korban. Sial. Akhirnya, daripada gw kena semprot anak-anak seserapium, gw mnemutuskan untuk ke Plaza Festival, "SENDIRI". Ini adalah pertama kalinya gw memasuki labirin Jakarta sendirian. Patut dicatat. Dan daripada ribet naik kendaraan umum, harus turun sana naik sini, tanya sini tersesat sana, gw pun memutuskan untuk mempercayakan segala sesuatunya pada Channel Jr (sepeda gw) dan Google Maps. Nekat aja...

    Jam 7 teng gw berangkat dari kosan gw di Depok. Perjalanan terhitung sangat lancar, karena Google Maps memberikan segala informasi yang gw butuhin. Dan ternyata jalanan Jakarta tidak seruwet yang gw pikirkan. Hehe.

    jam 8 kurang dikit, gw sampai di Plaza Festival, setelah sukses ngangkat sepeda gw di jembatan layang. Secara Plaza Festival ada di seberang jalan, dan sejauh mata memandang ga ada puteran jalan.
   
    Yang pertama gw lakuin setelah sampe di TKP, tentu saja adalah menemukan kamar mandi. Secara keringat gw yang berlebihan, baik dalam hal jumlah maupun bau, memaksa gw untuk mandi duluan. Tidak sulit, karena kamar mandi sangat mudah ditemukan di tempat tersebut. Dan tidak malu karena keadaan masih sepi. Hihi.

    Setelah menunggu sekian lama, akhirnya seraper bertubuh subur dateng, Enrizal. Dan disusul Shifa yang membawa bermacam-macam pernak-pernik lucu, termasuk permen karet buat nempel-nempelin barang di tembok. Gw sendiri ga kuasa menahan keunyuan benda tersebut dan menghabiskan sebagian besar waktu dengan memainkan benda tersebut.

    Makin siang, booth (lain) makin rame. Sementara booth kita masih sepi-sepi aja. Akhirnya, untuk memecahkan keheningan, gw pun bikin game "HINT", yaitu ngasih hints dan minta pengunjung untuk nebak judul buku berdasar hint tersebut. Hasilnya? Gw harus rela kehilangan buku tidak kurang dari 30 menit, karena yang ikut kuis bisa menebak judul buku tersebut sekali tebak. Entah mereka yang terlalu jago, ato gw yang terlalu bego, hanya Tuhan yang tahu.

    Selain "HINT" gw juga ngusulin buat bikin Game Sambung Judul Buku versi Offline. Bagi yang ga tahu rule nya gimana, sila kunjung ke Forum Buku. Disana ada versi Onlinenya. Karena semacam percuma jikalau saya menceritakan hal yang sama sementara disana udah ada (Alibi). Hhehe

    Games SaJuBu sendiri berjalan seru dan memalukan sebenarnya. Seru karena gara-gara game ini booth kita jadi super rame. Memalukan karena seraper kalah mulu. Sial.

    Di akhir acara, gw juga sempet main ke booth lain. Salah satunya adalah boothnya Noura. Mereka menawarkan buku bagi siapa saja yang bisa menjawab 10 pertanyaan yang mereka ajukan. Dan sialnya gw cuma bisa jawab 7 soal. Selain itu gw juga sempet main ke booth Balada Si Roy, dan berhasil membawa pulang satu buah buku setelah perjuangan membacakan satu buah puisi.

    Jam empat sore, gw pulang duluan. Bukan apa-apa, tapi gw harus pulang sebelum malam datang. Gw ga mau temen-temen seraper menyadari wujud gw yang sebenarnya.

    Nyampe Depok jam 5 sore dan temen kampus udah calling ngajakin badminton. Gw yang emang cinta bener sama badminton, ga kuasa menolak ajakan tersebut dan akhirnya badmintonan sampe jam 9 malem.

    Dan setelah sampe kosan, gw baru inget lagi, kalo besok, senin, gw ada UTS. Dan ciyus, lo kudu bilang wow...

    Sekian....

Tuesday, 13 November 2012

Ini Mimpi, dan Kita Tidak Akan Tahu Sebelum Mencobanya,

    Well, masih tentang sepedaan. Hehe. kayak yang sebelumnya gw bilang, gw lagi seneng-senengnya sepedaan. Bareng Channel Jr(nama sepeda gw), kita melewati banyak waktu bersama. Jadi, jangan heran kalo beberapa posting ke depan kita hanya akan ngomongin tentang sepeda dan sepedaan. Hehe.

    Ngomong-ngomong tentang sepeda, gw dari kecil emang udah terbiasa dengan sepeda. Dari SD sampe SMP gw besar bareng Channel (sepeda pertama gw). Tapi karena satu dan lain hal, waktu SMA sampai pertengahan kuliah, gw terpisahkan dari sepeda. Waktu kuliah, gw naik motor. Namun walau begitu, di hati dan pikiran gw tetep sepeda. Tidak tergantikan.

    Engga hanya itu, gw juga punya mimpi tentang sepeda, yaitu gw pengen mengunjungi all places with bike. Awalnya gw terinspirasi dari Bayu, my little Bro. Doi adalah biker sejati. Doi udah sering jalan bareng bokapnya dari Semarang - Solo, Semarang - Jogja, dan bahkan Semarang - Surabaya udah mereka lewati waktu Bayu doi masih SMP. Dari situlah gw terinspirasi, "kalo Bayu aja bisa, gw pasti bisa!". So, berkat Bayu, gw punya mimpi untuk sepedaan keliling Jawa, dan kalo bisa ke Bali lanjut ke Lombok. It's my dream.

    Back then, mimpi gw itu kayaknya bakal cuma jadi mimpi, karena gw udah ga pernah sepedaan lagi. Tapi ketika gw mule lagi, dan ternyata gw punya temen yang loyal juga sama sepeda, mimpi keliling Jawa kayaknya bakal idup lagi. Thanks to Kapten n Moncoz.

    Untuk mewujudkan mimpi gw itu, gw sendiri udah mempersiapkan rencana. Karena ga mungkin gw pergi sendiri, maka salah satu agenda dalam rencana gw adalah mempengaruhi kedua temen gw tadi buat ikutan jalan bareng. *evil eye*.

    First step yang gw lakuin adalah melontarkan "celetukan" ke mereka, "Ke Bogor yuk!". Bagi banyak orang, itu semua akan terdengar seperti celetukan biasa. Tapi, yang perlu Anda tahu adalah, ini udah gw rencanain. Hehehe. Awalnya mereka ragu, tapi dengan berbagai macam strategi dan taktik, akhirnya sekitar 2 minggu yang lalu, kita jalan ke Bogor, yang jaraknya sekitar 32km dari Depok. First Step, Succed!!



    Setelah Bogor terlewati, Second step adalah jalan lebih jauh lagi. Kali ini dengan 'celetukan' yang sama, gw bilang "November kan ada libur panjang tuh, ke Bandung yuk!". Awalnya sedikit susah meyakinkan mereka, karena actually Depok - Bandung kurang lebih 142km, atau 4x lipat Depok - Bogor. Tapi sekali lagi, dengan segala strategi yang telah gw persiapkan, insyaAllah, Jumat besok kita berangkat ke Bandung.

    Di sela-sela pembahasan ke Bandung itu juga, entah mereka sadar atau engga, gw selipin 'celetukan' ketiga. "AKhir tahun, ke Semarang yuk!". Well, untuk celetukan kali ini agak riskan, karena memang Depok - Semarang itu jauh. Setengah pulau Jawa sendiri. Tapi tenang, akhir tahun masih sebulan lagi, dan gw juga masih punya strategi lain buat ngajak mereka ke Semarang. Buahaha.

    Well, target gw untuk tahun 2012 ini adalah sepedaan sampe Semarang. Dan kalo ini sukses, tahun 2013, insaAllah next target adalah Surabaya.

    Mungkin sebagian dari kalian berfikir bahwa "gw gila". It's not a big deal afterall. Setiap orang punya mimpi. Begitupun gw. Dan bagi gw, realizing a dreams is important. Cause all of the things we have, we enjoy now, is from a dreams. Dan kita tidak akan pernah tahu, apakah mimpi itu hanya mimpi atau bukan, setelah kita mencobanya. No problem orang mau bilang apa. It's my dreams.

Sunday, 11 November 2012

Tugas Bahasa Indonesia 3


Tugas Bahasa Indonesia

Tugas diselesaikan oleh kelompok (maksimal 3 mahasiswa), waktu pengumpulan tugas 2 minggu, dimulai dari hari ini (7 November 2012). Tugas harus diupload pada masing-masing blog student.
Contoh artikel :
1. Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer. Seperti halnya dashboard yang terdapat di mobil, antarmuka inilah yang memberi tahu Anda mengenai apa yang sedang terjadi serta memiliki tombol dan switch untuk mengakomodasi keinginan Anda. Dari layar tersebut, Anda bisa memilih program aplikasi yang ingin dijalankan atau file data yang hendak dibuka.
2. Scanner atau scanner optic menggunakan alat sensor cahaya (optic)untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital. Gambar tersebut kemudian bias diproses oleh computer, ditampilkan di monitor, disimpan pada alat penyimpan, atau ditransmisikan ke computer lain. Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.
Tugas:
1. Tentukan ragam bahasa artikel di atas!
2. Cari diksi (pilihan kata) dalam bidang sitem informasi yang ditemukan pada artikel tersebut dan jelaskan secara definitif.
3. Temukan kesalahan penalaran, penulisan, dan efektivitas kalimat (gramatikal kalimat) (jika ada) dan lakukan perbaikan pada kalimat tersebut.
4. Temukan kalimat topik dalam artikel di atas dan kembangkan opini kalian dengan topik tersebut.

Jawab :
Artikel 1,
1.       Ragam Resmi/ Formal
2.       Diksi dalam bidang sistem informasi
Diksi
Penjelasan
Perangkat lunak
Program yang ada di komputer
User interface
Antarmuka, yaitu tampilan yang ada di monitor ketika kita sedang menggunakan komputer/ perangkat elektronik.
Switch
Tombol pengalih
Program Aplikasi
Program yang dirancang untuk menangani permasalah tertentu
File Data
Data-data yang tersimpan di dalam komputer

3.        
Kesalahan
Apa yang pertama kali ada di layar monitor ketika menggunakan perangkat lunak sistem disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer
Perbaikan
Tampilan yang muncul petama kali di monitor pada sistem perangkat lunak disebut antarmuka pengguna (user interface), yakni layar tampilan yang bisa dikontrol dan berfungsi sebagai jembatan bagi Anda untuk berkomunikasi atau berinteraksi dengan komputer

4.       Antarmuka pengguna (user interface) adalah jembatan komunikasi antara pengguna dan komputer

Artikel 2,
1.       Ragam Resmi/ Formal
2.       Diksi dalam bidang sistem informasi
Diksi
Penjelasan
Scanner
Pemindai, yaitu sebuah alat untuk memindai gambar/teks ke dalam bentuk digital.
Alat penyimpan
Perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data.
Tranmisi
Hubugan, ditranmisikan = dihubungkan
Electronic imaging
Pengolahan gambar secara elektronik / komputerisasi
Integrasi
Pembaruan hingga mencapai kesatuan yang utuh
Manipulasi
Tindakan untuk mengubah sesuatu dengan menggunakan tangan atau alat mekanis secara terampil
Komputer grafis
Komputer yang dikhususukan untuk mengerjakan permasalahan grafis

3.        
Kesalahan           : Penulisan kata ‘computer’
Pembenaran      : Seharusnya komputer

Kesalahan           : Scanner telah menjadi awal dunia industry baru...
Pembenaran      : Scanner telah menjadi awal baru  dunia industri...

Kesalahan           : Scanner telah menjadi awal dunia industry baru yakni electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak dengan menggunakan scanner, kamera digital, dan computer grafis yang canggih.
Pembenaran      : Scanner telah menjadi awal baru dunia industri seperti electronic imaging , integrasi, dan manipulasi gambar yang dikontrol oleh perangkat lunak menggunakan komputer grafis yang canggih.

4.          Scanner adalah alat untuk menerjemahkan teks, gambar, foto, dan semacamnya ke dalam bentuk digital.

Thursday, 8 November 2012

Tugas Bahasa Indonesia 2


Perhatikan Istilah berikut :
Authentication, Backup, Bandwith, Blue print, Boot, Booting, Broadcast, Bug, Built in, Chip, Client,, Coding, Compiler, Console, Database, Delay, Developer, Download, Driver, e-commerce, e-mail, e-mail address, error, file, firewall, folder, font, freeware, hacker, hard disk, hardware, installer, interface, keyboard, loading, master plan, node, optical mouse, recovery, scanner, web browser, wireless, workstation.

Temukan Istilah yang dianjurkan (penerjemahan) dan istilah yang dianjurkan (penyerapan).
Contoh : istilah chip, Istilah yang dianjurkan (penerjemahan): keping ; istilah yang dianjurkan (penyerapan) : keping.

Istilah
Istilah Yang Dianjurkan (Penerjemahan)
Istilah Yang Dianjurkan (Penyerapan)
Authentication
Otentikasi
Otentikasi
Backup
Cadangan, Penopang
-
Bandwidth
Lebar Jalur
-
Blue Print
Cetak biru, Rancangan
-
Boot
Memuat
-
Booting
Proses memuat
-
Broadcast
Menyiarkan
-
Bug
Kerusakan
-
Built In
Terpasang, Tertanam
-
Chip
Keping
-
Client
Pelanggan, pengguna
Klien
Coding
Persandian, Pemrograman
-
Compiler
Penerjemah kode
-
Console
Konsol
Konsol
Database
Basis Data
Basis Data
Delay
Tunda
-
Developer
Pengembang
-
Download
Unduh
-
Driver
Penggerak
-
E-Comerce
Perdagangan Elektronik
-
Email
Surat Elektronik
-
Email Address
Alamat Surat Elektronik
-
Error
Kesalahan, Kegagalan
-
File
Dokumen
File
Firewall
Pembatas
-
Folder
Berkas
Folder
Font
Jenis huruf
-
Freeware
Bebas pakai
-
Hacker
Peretas
-
Hardisk
Piringan
-
Hardware
Perangkat Keras
-
Installer
Instalatur
Instalatur
Interface
Antarmuka
-
Keyboard
Papan ketik
-
Loading
Menunggu
-
Master  Plan
Pola induk
-
Node
Titik
-
Optical Mouse
Tetikus Optik
-
Recovery
Pemulihan
-
Scanner
Pemindai
-
Web Browser
Penjelajah web
-
Wireless
Nirkabel
-
Workstation
Komputer
-