Skip to main content

Posts

Showing posts from 2013

Never be No 1

Kalo ga salah, gw dulu pernah ngomong (dan pernah posting) bahwa 'gw bisa melakukan apapun, tapi ga pernah bisa fokus di satu hal sampe bener-bener master'. Dan well, beberapa hari ini kalimat itu menghantui gw lagi.

    Gw inget dulu waktu sekolah. Gw adalah orang yang hampir bisa di semua mata pelajaran, tapi hampir ga pernah jadi yang no 1 di mata pelajaran tertentu. Hasilnya, gw jarang banget ikut lomba yang hanya fokus pada pelajaran tertentu. Kenapa? Karena gw emang bisa, tapi ga pernah jadi yang no 1.

    Dan yeah, sampe sekarang gw udah lumutan gini, hal kayak gitu masih juga terjadi sama gw. Di kantor misalnya. Ato lebih luas lagi di bidang kerjaan gw, dunia komputer dan khusunya pemrograman. Gw bisa Delphi, karena emang tiap hari gw mantengin Delphi. Tapi apakah gw menguasai Delphi? I'll say not. Masih banyak hal lain yang gw ga bisa lakukan dengan Delphi. Gw juga bisa VB, tapi ya gitu2 aja. Gw bisa PHP, tapi ya cuman perintah standar doank. Gw bisa jaringan, …

Borobudur Run n Temple Tour

Tanggal 15 kemarin gw ga berangkat kantor. Bukan, bukan di PHK. Cuti. Gw udah punya rencana buat jalan bareng anak-anak Derby (Depok Running Buddy) baut jalan ke Jogja, ikutan Borobudur Run. Jogjaaaa... i am coming.

    Gw sendiri ke Jogja sebenernya punya misi terselubung. Selain ikut Borobudur Run, gw juga mau Temple Tour ke beberapa Candi di Jogja, plus lagi sekalian latian backpacker. Backpacker pertama gw ke Sawarna bulan lalu lumayan sukses, dan karenanya gw mule ketagihan dan mau nyoba ke Jogja backpackeran juga.

    Berangkat dari Station Pocin, gw naik KRL ke Station Kemayoran. Harusnya sih ke Station Senen ya, tapi berhubung KRL ga berhenti di Senen, jadilah gw kudu transit di Kemayoran. Sebenarnya ada dua alternatif sih :
1. Station Pocin - Station Gondangdia (3rb), lanjut metromini P20 (3rb).
2. Station Pocin - Station Kemayoran (4rb), lanjut jalan kaki 1,5km.
Dan jelas kalian tahu mana yang gw pilih. Yup, tepat sekali. Pocin - Kemayoran + jalan kaki (ini bukan rumus matema…

Tugas 2 Pengantar Telematika

1. Jelaskan tentang perkembangan jaringan komputer sebagai sarana yang digunakan dalam proses telematika baik yang menggunakan kabel maupun yang tanpa kabel!
2. Apa keuntungan dan kerugian:
    a. Teknologi peer-to-peer
    b. Teknologi client-server
Berikan contoh komunikasi baik yang peer to peer maupun yang client-server!
3. Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang perkembangan teknologi wireless yang meliputi hardware, sistem operasi dan program aplikasi yang digunakan pada perangkat wireless!

=================================================================
Jawaban
=================================================================
1.
Perkembangan dunia telematika sekarang ini tidak bisa dipisahkan dengan perkembangan dunia jaringan komputer. Sejak ditemukannya konsep Jaringan Komputer, penyebaran informasi dan hubungan telekomunikasi menjadi semakin mudah, efektif, dan efisien. Pada awalnya, teknologi jaringan komputer digunakan oleh dunia militer Amerika. Pada saat itu Departemen P…

Jakarta Marathon 2013

Hari Minggu kemarin, udah agak lama sih, gw ikutan Jakarta Marathon. FYI aja, event ini adalah event Marathon tingkat International pertama yang diadain di Jakarta. Pesertanya lo bisa liat sendiri, banyakan orang itemnya, orang-orang Kenya yang tiap hari latihan larinya sama Singa. Errr. Gw sendiri udah daftar dari bulan Juli kemarin, menjelang lebaran, dimana gw harus merelakan sebagain dari THR gw buat daftar. T_T

    Back to the story, saking excitednya gw ikutan race ini, malemnya gw ga bisa tidur. Sebenarnya bukan karena excited juga sih, tapi lebih karena pas gw mau tidur, kamar kosan sebelah lagi nonton Barca-Madrid, yang suaranya udah ngalahin suara bajay. Berisik banget dah. Kecuali lo udah nenggak obat tidur, gw yakin siapapun juga akan bernasib sama kayak gw. Ga tanggung-tanggung mereka jejeritan sampe jam 1.30 pagi. Padahal gw kudu berangkat race jam 2.30 pagi biar dapet tempat parkir, karena jalanan di Jakarta bakal ditutup. Singkat cerita, gw ga tidur dan sibuk nyumpa…

Kejahatan itu tidak ada, Kejahatan hanyalah simbol untuk menyebut Ketiadaan Tuhan..

Siapa sangka kan gw dapet ilmu dari forum One Piece di Kaskus. Ga tanggung-tanggung, langsung ilmu Agama + Fisika. Emang ilmu bisa didapat dari mana aja.. Tergantung bagaimana kita menyikapinya.. Yang penasaran apa ilmunya.. Ni, gw sodorin tulisannya (sori berantakan, langsung copas soalnya. hehe)..


Seorang Profesor dari sebuah universitas
terkenal menantang mahasiswa-mahasiswa nya
dengan pertanyaan ini, "Apakah Tuhan
menciptakan segala yang ada?".
Seorang mahasiswa dengan berani menjawab,
"Betul, Dia yang menciptakan semuanya".
"Tuhan menciptakan semuanya?" Tanya
professor sekali lagi. "Ya, Pak, semuanya" kata
mahasiswa tersebut.
Profesor itu menjawab, "Jika Tuhan
menciptakan segalanya, berarti Tuhan
menciptakan Kejahatan. Karena kejahatan itu
ada, dan menurut prinsip kita bahwa
pekerjaan kita menjelaskan siapa kita, jadi kita
bisa berasumsi bahwa Tuhan itu adalah
kejahatan".
Mahasiswa itu terdiam dan tidak bisa
menjawab hipotesis professor tersebut.
Pr…

Otak lagi ga lurus...

Otak gw lagi ga lurus..

- kerjaan kantor banyak banget... terhitung mule dari hari ini (sebenarnya udah dari 2 minggu kemarin) sampe tengah oktober ntar bakal ada terus...
- di waktu yang sama event badminton lagi banyak banget.. mule dari Taipei GP, China Master, Japan SS, Indonesia GP,
- di saat yang sama pula gw masih punya peer buat nulis, karena gw ikutan lomba cerpen,
- gw juga lagi seneng-senengnya lari, dan lagi mau latihan ningkatin pace, karena tgl 29 dan 6 besok ada race,
- minggu depan kuliah gw juga udah mule,
- pun Channel Jr juga udah ngrengek2 minta jalan-jalan,
- dan hafalan Quran gw yang udah beberapa hari ini ga nambah,


well, kalo ini dibiarin terus, otak gw bakal bener-bener ga lurus...
sekarang aja kalo di kantor di meja udah nongkrong list kerjaan, tapi yang nongol di komputer adalah live score sama live streaming badminton (dan gw masih sempet-sempetnya ngblog), takutnya ntar kalo ini ga segera dihentikan, bisa-bisa gw lari-larian di kantor sambil ngapal Quran tapi yang …

Trail Run Gunung Bunder, Kawah Ratu, Bogor,

Lagi, lagi, dan lagi. Lagi-lagi ini adalah pengalaman pertama gw naik gunung, sekaligus pengalaman pertama gw trail run. Well, sebelumnya gw mau bilang, kalo ikutan komunitas itu emang asoy. Terutama buat orang-orang kayak gw yang susah bergaul. Karena dengan gabung komunitas, lo akan dengan sendirinya bisa bersosialisasi. Ga percaya? Gw buktinya. Hehe.

    Trail Run ke Gunung Bunder ini emang udah diplan jauh-jauh hari sih. Penggagasnya siapa lagi kalo bukan, om Rudi Rochmansyah. Sesepuh di Derby, Depok Running Buddy. O iya, sebelumnya perkenalkan, Derby adalah komunitas lari di daerah Depok. Berawal dari wall iseng seorang Rudi Rochmansyah di facebook Indo Runner, yang ngajakin lari bareng di UI. Awal kali anak-anak lari bareng kalo ga salah bulan Juni. Waktu itu yang dateng sekitar 20an orang. Dan sekarang, anggota Derby udah lebih dari 90 orang. Wow...

    Back to the topic, bosen dengan lari-lari biasa, om Rudi ngajakin anak-anak buat nyobain trail run, yaitu lari di medan yang…

Random...

Oke, kali ini gw ga punya bahasan yang spesial untuk ditulis, tapi entah kenapa pengen nulis, n so, this is it.. gw bakal nulis random activity yang terjadi sama gw seminggu ini.

    Pertama, Lari,
Hari minggu kemarin gw lari. Jadwal mingguan. Terus? Ya udah gitu aja. Hari minggu kemarin gw lari, dan itu adalah jadwal mingguan gw. Lha terus? Ya ga ada kelanjutannya. Gitu doank.

    Kedua, Badminton,
Minggu sorenya, gw badminton. Itu juga jadwal mingguan.

    Ketiga, Traktiran Ultahnya Kapten,
Minggu malemnya, kapten traktir anak-anak makan-makan. Ceritanya doi ultah. Doi ngajakin makan ke tempat makan seafood. Well, walopun pada dasarnya gw ga suka seafood, kecuali ikan, gw tetep menikmati traktiran ini. Karena dari segi ekonomi, traktiran akan menghemat pengeluaran gw sebagai anak kost. Dan itu bagus.

    Keempat, Badan Ga Fit,
Mungkin karena hari minggu itu gw memforsir diri gw sedemikian rupa sehingga, Senin pagi gw merasa badan gw ga normal. Alhasil, punggung gw penuh dengan koyo.

   …

"gw ga tau kemana harus berjalan, dan gw ga tau kapan harus berhenti"

Sekali lagi jalan hidup gw berubah. Tsah, mantap bener bahasanya brai. Kalo misalnya gw disuruh jalan dari A sampai B, mungkin apa yang gw lakuin hari ini, dan mungkin juga kemarin-kemarin adalah mampir ke rumah orang, dan berhenti sejenak untuk melanjutkan perjalanan. Naasnya, saking seringnya mampir, gw sampe lupa kemana tujuan gw berjalan sebenarnya.

    Waktu kecil banget, gw pengen jadi dosen matematik. Paling engga itu bertahan sampe gw SMP. Itulah kenapa gw mati-matian belajar matematik dari jaman orok sampe SMP. Gw berhasil. Berapa kali gw ikutan lomba dan olimpiade matematik, dan gw sukses. Waktu itu gw ngira itulah jalan gw.

    Keluar SMP, dan masuk STM, jalan hidup gw berubah. Gw yang pada waktu itu 'terpaksa' masuk sekolah yang bukan pilihan gw pun akhirnya menarik hati gw juga. Witing tresno jalaran saka kulina. Itulah sebabnya kenapa waktu ditanya kepala jurusan, 'kamu nanti mau jadi apa setelah lulus?', gw jawab, 'mau jadi programmer'. Meskipu…

First race n first medaL

Capek, puas, seneng, item (poin terakhir abaikan), adalah yang gw rasain kemarin, waktu dapet medali di race lari Independence Day Run, 17k. Well, ini adalah race lari pertama gw sejak gw 'belajar' lari beberapa bulan yang lalu.

    Beberapa minggu setelah gw serius belajar lari, gw gabung sama anak-anak Indo Runner Depok, yang digawangi oleh Bang Rudi, Om Reinhard, Tan Dew, dan lain-lain. Sebagai seorang nyubi yang unyu, sekuat tenaga gw belajar dari mereka, meski banyakan ga nyambungnya. Hehe. Maklum, di jaman Core I7 gini gw masih pake sempoa.

    Nah, setelah merasa mampu dan waktunya tepat (dan gratis), akhirnya kemarin, tepatnya Minggu, 25 Agustus 2013, gw menjadi salah satu pelari dalam event Indpendence Day Run.

    Sekedar informasi, Independence Day Run sendiri adalah event lari yang diadain Garuda Finisher (yang punya anaknya Pak BeYe). Ada dua race yang bisa dipilih, yaitu 17K dan 8K. Menurut informasi kemarin, yang ikut race 17K sektiar 5000 orang, sedang yang i…

Menikahlah, karena sesungguhnya Anda sudah karatan...

Senin, 19 Agustus 2013, berangkat ke kantor lagi, menjalani rutinitas lagi, menerjang badai asap jalanan lagi, menerobos kemacetan dengan Channel Jr lagi, dan lagi, dan lagi. Well, udah hampir 4 jam gw ada di depan komputer yang mana "seharusnya" gw udah kerja. Tapi apa mau dikata ketika keinginan untuk bekerja itu belum datang juga. Ya seperti inilah akhirnya, browsing-browsing ga jelas, download update-an drama korea yang lama tertinggal plus anime-anime yang juga udah manggil-manggil ga sabar buat pindah ke hardisk gw.

    Ciyusly, ga banyak yang tersisa dari liburan 2 minggu kemarin. Semuanya terasa lempeng-lempeng aja, kecuali dua hal. Yang pertama adalah henpon Nokiyem gw yang entah kenapa jadi gampang drop. Dulu doi kuat ga gw charge 3-4 hari. Sekarang, jangankan 3 hari, dapet sehari aja udah sujud syukur. Entah kenapa...

    Dan yang kedua adalah, tentang pembicaraan antara gw, bokap, dan nyokap sebelum gw kembali ke hutan Jakarta. Percakapan yang ga nyampe 20 meni…