::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Tuesday, 26 July 2011

Kegilaan Bajul

sabtu kemarin gw di semarang. (Akhirnya) setelah menyabarkan diri dan bertarung sekuat tenaga selama 6 bulan melawan kerjaan dan kuliah yang tiada henti, gw bisa pulang.


kepulangan gw kali ini ngebawa banyak banget pelajaran baru. salah satu nya adalah dari temen gw, Bagus atau yang sering gw panggil Bajul. Bajul adalah satu dari sekian banyak temen luar biasa gw (g tau mereka yang luar biasa atau gw yang di bawah standar?). Nah, setelah berpisah kurang lebih 6 bulan, kemarin gw ketemu ma Bajul dan temen-temen lainnya. Kami berencana jalan-jalan buat menghapus kerinduan yang ada, dan mengenang semua yang telah berlalu. Sebelum berangkat, si Bajul ngajak gw ke kos nya dulu buat ganti baju. Gw juga mau pinjem baju, coz baju gw udah bau bangke banget. Tapi gw ngerasa ada yang aneh. Ke Kos nya Bajul?? Kos?? bukannya rumahnya Bajul itu di Semarang? Sampai di Kos gw tanya dah sama Bagus soal keanehan ini.
Gw : 'Jul, kenape lo kos segala?'
Jul : . g papa.
Gw : ???
Bukan saja aneh, karena rumah Bajul ada di Semarang, dan dia kos di Semarang juga. Tapi karena dia kerja di Semarang juga, dan Kuliah di semarang juga. Dan yang lebih ajaib lagi adalah semua posisi dari keempat tempat tadi (rumah, kos, tempat kerja, kampus) semuanya beda. Ni ya, kalo dibuat peta tu kayak gini :


dari gambar terlihat bener kan, seandenya si Bajul ini g kos, maka rute yang dilaluinya lebih simpel, karena dari rumah ke kampus nya itu deket. Tapi semuanya jadi berantakan ketika dia ngambil kos di situ. Soalnya ke tempat kerja jauh, ke kampus juga jauh.

Meski banyak banget pertanyaan yang pengen gw tanyain, khususnya soal kebijakan kos ini, tapi semua itu gw urungin. Gw mencoba menganalisa sendiri yang kesimpulannya adalah 'si Bajul gila'. Tapi sumpah, gw juga pengen gila kayak Bajul. Bisa ngambil keputusan yang mungkin menurut orang yang ngeliat 'aneh'. Dan jujur gw juga ngerasa aneh pada awalnya, tapi sebage seorang perantau yang juga sering kos, gw bisa memahami. Bahwa itu adalah salah satu cara dia untuk mandiri. Dengan kos, si Bajul akan mandiri secara otomatis. Dan dengan ngambil kos yang jauh dari rumah atau kampus atau tempat kerja akan lebih meyakinkan kemandiriannya, sekaligus belajar memanage budget terutama untuk transportasi, belajar memanage waktu, dan banyak hal lain yang bisa membangun karakternya. Gila!!

Friday, 15 July 2011

Misi Pendownlodan

gw lagi gila. gila ama one piece. dari Eichiro Oda belum lahir gw udah tau kalo gw bakal cinta ama one piece. makanya, gw rajin tu nunggu tiap hari cuma buat dapetin update manga one piece terbaru. g peduli kerjaan lagi numpuk, ato atasan udah pasang kuda-kuda buat mergokin gw pas lagi baca, tapi demi one piece, masa bodoh dah. hihi. Anehnya, walopun gw cinta mati ama one piece, gw termasuk jarang nonton anime nya. dulu gw malah g penah nonton sama sekali anime nya. tapi g tau kenapa, ketika one piece kembali ditayangin di Global TV beberapa bulan yang lalu, gw g pernah absen tu nonton animenya. Dunia emang aneh. Nah, malangnya, pas lagi seru-serunya tu, e, One Piece malah distop sama Global TV diganti acara kartun kucing aneh. Pengen gw makan tu kucing. Seiring berjalannya waktu, gw mulai bisa nerima kucing sialan itu. Gigi yang udah pernah gw asah buat makan tu kucing, juga udah g seruncing dulu lagi. Gw mulai bisa memaafkan.

Waktu berlalu, dan entah kenapa gw inget lagi sama anime one piece. G cuman pengen nontonnya, gw malah pengen ngoleksi semua episodenya. Perasaan gw ini udah g bisa ditahan lagi. Dan berita baiknya adalah di kantor internet On. Jadi gw mule merencanakan 'misi pendownlodan' anime One Piece. Gw tahu ini bakal jadi masalah, karena kalo gw download pas jam kantor, bandwidth bakal kesedot, dan akibatnya internet di tempat lain bakal kayak keong jalannya. Tapi perasaan pengen gw tu udah kayak orang lagi kebelet pub, terus nemu toilet. Masalahnya adalah pas gw lagi pub, ada orang ngegedor pintunya. Gw bimbang. Tapi gw bakal tetep milih, selesein dulu pub nya, baru ngladenin orang yang ngegedor pintu. Hal itu juga yang gw lakuin pas mau download anime one piece nya. Gw download dulu, ntar kalo ada yang tereak-tereak karena pub di celana (kok jadi pub sih), baru dicebokin.

Misi pendownlodan ini adalah mendownload anime one piece sebanyak kurang lebih 500 episode, dengan masing-masing file sekitar 80 MB. itu artinya 500 x 80 = banyak MB. Sedangkan speed download di kantor gw paling 120 Kbps. Itu artinya gw butuh waktu (t) selama :
waktu (t) dalam sekon/ detik = besar download/ speed download
= (banyak MB x 1000 (1 MB = 1000Kb))/ 120
= banyak detik - kerjaan kantor - faktor lain
= beberapa hari
Dan udah dua hari gw menjalankan misi ini, baru 15 episode yang sukses terdownload.

Di hari ketiga misi ini berjalan, orang IT nya protes dah, karena bandwidth nya kesedot sama downloadan gw. Gw datang baik-baik ke si mas IT itu, kita rapat,
si mas IT : 'lo lagi streaming pideo ya?'
Gw : 'kagak mas' (Yes, dia ngira gw streaming),
si mas IT : 'lagi download ya?'
Gw : 'emmmm' (g jadi yes, ketauan), 'iya', gw jawab malu-malu kucing. eh, jangan kucing. gw kan lagi benci tu ama kucing. enaknya malu-malu apa? malu-malu in aja deh.
si mas IT : 'downloadnya entar aja pas udah pada pulang semua',
Gw : 'iya mas',
si mas IT : 'emang lagi download apaan sih?'
Gw : 'One Piece',
si mas IT : (bengong)
Gw : 'kena serangan jantung mas?'
si mas IT : (masih bengong)
Gw : (ikutan bengong) ---> kita bengong bersama.
Beberapa saat kemudian . . .
si mas IT : 'kalo One Piece sih gw udah punya',
Gw : 'ha? beneran?'
si mas IT : 'mau yang episode berapa?'
Gw : 'semuanya, dari pertama',
si mas IT : (bengong lagi),
Gw : 'Gw ngopi dong mas!',
si mas IT : (masih bengong)

Dan akhirnya pangeran dan tuan putri pun hidup bahagia selamanya (Misi pendownlodan diganti dengan misi pengcopyan dan SUKSES!!!!!!!!!!!!!!!!!!! YEAH!!!!!!!!!!!!!!!)

Tuesday, 12 July 2011

Badminton pas weekend,

well, udah lama banget gue g nulis. maafkan ayah nak menelantarkanmu. biasalah, gue lagi ada syuting ama pemotretan buat promosi film terbaru gue, 'Kura-kura dan Kelinci'.

weekend dua minggu yang lalu, gue lagi ngebet banget buat olahraga. gue pengen main badminton. bener-bener main badminton, kagak jadi net lagi. gue ngajak gery, temen kuliah yang gue tahu pasti lagi kesepian kalo weekend gini. dengan semangat mengharu biru, kita kemon ke sport center.
gery : 'bang, lapangan badminton kosong jam berapa?'
abang petugas sport center : 'jam 12!'
gery : 'owh' #siGeryLiatJam 'HAH???'
abang petugas sport center : 'hah?'
gery : 'ya udah deh bang!'
gery ngajakin gue nyari tempat lain, secara ini masih jam 9 dan lapangan kosong jam 12 siang. gile aje kalo kita kudu nungguin. bisa tua nungguin kita.

Dan akhirnya kita cari tempat lain. dan voila, ketemu.
gery : 'mba, lapangan badminton kosong jam berapa?'
si mbak petugas sport center : 'jam 6',
gery : 'owh, jam 6 ya!' #siGeryLiatJamLagi 'HAHHH??????, jam 6?'
si mbak petugas sport center : 'hah?'

Owh Tuhan, tunjukkanlah kami jalan yang benar! Dan akhirnya gue telpon temen gue.
gue : 'mas bro, lapangan badminton di sekitar sini mana ya? Gue udah bosen main di Australi, pengen nyobain yang lokal-lokal neh!',
temen gue di seberang telepon : 'ada tuh . . .',
gue : 'dimane?'
temen gue di seberang telepon : 'di kulkas!',
gue : 'serius!!'
temen gue di seberang telepon : 'di UI kayaknya ada Co. tapi g ada net nya!',
gue : 'oke, tengso',
akhirnya gue dan gery meluncurlah ke UI. kita pasang mata, tengok kanan kiri, siapa tahu ada cewek cantik. ups, lapangan badminton nya maksudnya. dan kita tidak menemukannya sodara-sodara. yang ada malah lapangan tenis, lapangan voli, lapangan basket, lapangan bola, lapangan hoki, dan kita tidak menemukan yang namanya lapangan badminton sodara-sodara. dan karena hari mulai siang, dan kulit gue g bisa tahan lama-lama di bawah sinar matahari, akhirnya kita main badminton di lapangan voli. dan yah, gue g semangat gitu deh. udah panas di lapangan voli lagi. mendingan gue main di Australi aja dah kalo gitu.

dari pengalaman ini, gue berpesan kepada sodara-sodara sekalian, 'meskipun lo main badminton di lapangan voli, lo kudu tetep paket raket',

Friday, 8 July 2011

...

see,
that i can stand alone here now,
it caused i really can,
really can to lying to my self,
about do' love you,
about can live without you,