Skip to main content

Posts

Showing posts from March, 2012

nge @jamilaCitra

Gw punya hobi baru di Twitter. Hobi ini gw namain nge @jamilaCitra. Apakah itu? eng ing eng. nge @jamilaCitra adalah bikin-bikin twit yang sok-sok puitis gitu (padahal lebih mirip gonggongan bleki), tapi dengan aturan, huruf depannya harus urut ngebentuk kata JAMILA. Kenapa cuma JAMILA doang, kagak lengkap JAMILA CITRA. Ada dua alasan, tapi yang paling utama dan pertama adalah karena gw males panjang-panjang. Semakin panjang semakin susah bikinnya. Hehehe.

Lalu, siapa sebenarnyam @jamilaCitra itu? Sejujurnya, mungkin doi ga beruntung karena udah gw jadiin obyek twit gw yang acakadut ini. Tapi, apa mau dikata, gw udah terlanjur suka. Hihihi. @jamilaCitra adalah temen gw di klub buku Kaskus. Jadi ceritanya dulu waktu gw lagi dilanda masa galau, gw suka ngetwit hal-hal yang sebenernya ga penting lewat kata-kata yang sok gitu. Misalnya :
------------------------------------------------------------------
Bangun pagi, menghirup udara segar, galau.
'Tuhan menciptakan embun pagi untu…

Uang, Bank, Dan Penciptaan Uang

Uang dalam ilmu ekonomi tradisional didefinisikan sebagai alat tukar yang dapat diterima secara umum. Alat tukar tersebut dapat berupa benda apapun yang dapat diterima oleh setiap orang dalam masyarakat dalam proses pertukaran barang dan jasa.

Pada awalnya di Indonesia, uang - dalam hal ini dikenal dengan uang kartal - diterbitkan oleh pemerintah Republik Indonesia. Namun sejak dikeluarkannya UU No. 13 Tahun 1968 pasal 26 ayat 1, hak pemerintah untuk mencetak uang dicabut. Pemerintah kemudian menetapkan bank sentral yaitu Bank Indonesia, sebagai satu - satunya lembaga yang berhak menciptakan uang kartal.

Jenis - Jenis Uang
Uang Kartal, terdiri dari uang kertas dan logam. Uang kartal adalah alat pembayaran yang sah dan wajib diterima oleh masyarakat dalam melakukan transaksi sehari - hari.Uang Giral, yaitu tagihan yang ada di bank umum, yang dapat digunakan sewaktu - waktu sebagai alat pembayaran.Uang Kuasi, yaitu surat - surat berharga yang dapat dijadikan sebagai alat pembay…

Analisis Pendapatan Nasional Untuk Perekonomian Tertutup Sederhana Dan Pertumbuhan Ekonomi

Pendapatan Nasional Dengan Perekonomian Tertutup Sederhana Dua Sektor :
Produk Nasional Netto dikurangi pajak tak langsung ditambah subsidi.

Pendapatan Nasional dengan perekonomian tertutup sederhana dua sektor merupakan penjumlahan dari 5 hal, yaitu :
Upah atau gaji yang diterima oleh buruh atau karyawan.Pendapatan dari seseorang yang melakukan bisnis individu (bukan perusahaan).Keuntungan perusahaan.Pendapatan bunga selisih dari perusahaan.Pendapatan sewa.Model Analisis Dengan Variabel Investasi dan Tabungan : Pengeluaran yang akan digunakan untuk memproduksi barang dan jasa yang lebih banyak lagi, atau dengan kata lain merupakan pengeluaran yang ditambahkan kepada komponen - komponen barang modal.
Tujuan dari pelaksanaan model analisis dengan variabel investasi dan tabungan ini adalah mencari keuntungan di kemudian hari melalui pengoperasian mesin dan pabrik. Analisis keuangan pemerintah biasanya mencakup empat aspek sebagai berikut : Operasi keuangan pemerintah dalam hubungan deng…

Pendapatan Nasional

Pendapatan Nasional :
Jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor - faktor produksi dalam satu periode.

Konsep pendapatan nasional pertama kali dicetuskan oleh Sir William Petty dari Inggris, yang berusaha menaksir pendapatan nasional negaranya pada tahun 1665. Dalam perhitungannya, ia menggunakan anggapan bahwa pendapatan nasional merupakan penjumlahan biaya hidup (konsumsi) selama setahun. Namun pendapat tersebut tidak disepakati oleh para ahli ekonomi modern. Menurut pandangan ilmu ekonomi modern, konsumsi bukanlah satu - satunya unsur dalam penghitungan pendapatan nasional. Menurut para ahli ekonomi modern, alat utama pengukur kegiatan perekonomian adalah Produk Nasional Bruto (Gross National Product), yaitu seluruh jumlah barang dan jasa yang dihasilkan tiap tahun oleh negara yang bersangkutan diukur menurut harga pasar pada suatu negara.

Berikut adalah beberapa konsep pendapatan nasional :
1. Produk D…

Struktur Pasar

Pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara permintaan (pembeli) dan penawaran (penjual) terhadap suatu barang / jasa tertentu, sehingga dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah yang diperdagangkan.

Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan penjual, maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual. Dalam kehidupan sehari - hari kira dapat melihat pasar dalam bentuk fisik seperti pasar yang menjual barang - barang konsumsi. Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan menjadi :

1. Pasar berdasarkan segi fisik, diantaranya :
Pasar TradisionalPasar RayaPasar AbstrakPasar KonkritPasar SwalayanPasar Serba Ada2. Pasar berdasarkan jenis barang yang dijual, diantaranya : Pasar IkanPasar SayuranPasar Buah Pasar Barang ElektronikPasar Barang PerhiasanPasar Bahan BangunanBursa Efek dan SahamAktivitas usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya akan melibatkan dua subyek pokok, yaituprodusendankonsumen. Kedua subyek tersebut m…

Ongkos dan Penerimaan

Ongkos :
Kurva yang menunjukkan hubungan antara jumlah ongkos produksi dengan tingkat output yang dihasilkan.

Ongkos Produksi :
Semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperoleh faktor - faktor produksi yang gunanya untuk memproduksi output atau pengeluaran.

Berikut jenis - jenis ongkos :
Total Fixed Cost (ongkos total tetap) adalah jumlah ongkos yang tetap dan yang tidak dipengaruhi oleh tingkat produksi. Contoh : sewa, penyusutan, dan sebagainya.
Total Variable Cost (ongkos variabel total) adalah jumlah ongkos yang dibayarkan yang besarnya berubah menurut tingkat yang dihasilkan. Contoh : tenaga kerja, ongkos bahan mentah, dan sebagainya.
Total Cost (ongkos total) adalah penjumlahan antara ongkos total tetap dengan ongkos variabel (TC = TFC + TVC4).
Average Fixed Cost (ongkos tetap rata -rata) adalah ongkos tetap yang dibebankan kepada setiap unit output (AFN = TFC = Q = TINGKAT OUTPUT Q5).
Average Variable Cost (ongkos variabel rata - rata) adalah ongkos var…

Perilaku Produsen

Pengertian Produksi

Produksi adalah usaha menciptakan dan meningkatkan kegunaan suatu barang untuk memenuhi kebutuhan. Dan orang yang menghasilkan barang dan jasa untuk dijual atau dipasarkan disebut produsen. Untuk dapat melakukan kegiatan produksi, seorang produsen membutuhkan faktor-faktor produksi, yaitu :

1. Faktor Produksi Asli
Yang termasuk faktor produksi asli adalah :
Alam, contohnya : tanah, air, udara, sinar matahari, tumbuh-tumbuhan, hewan, dan barang tambang.Tenaga kerja. Tanpa adanya tenaga kerja, sumber daya alam yang tersedia tidak akan dapat dirubah atau diolah menjadi barang hasil produksi.2. Faktor Produksi Turunan Yang termasuk faktor produksi turunan adalah modal dan keahlian.
Fungsi Produksi
Fungsi produksi merupakan interaksi antara masukan (input) dengan keluaran (output). Misalkan kita memproduksi jeans. Dalam fungsi produksi, jeans itu bisa diproduksi dengan berbagai macam cara. Kalau salah satu komposisinya diubah begitu saja, maka hasilnya jug…

Perilaku Konsumen

Perilaku Konsumen

Perilaku Konsumen :
Proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.

Perilaku konsumen merupakan hal - hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Konsumen adalah seseorang yang menggunakan barang atau jasa. Konsumen diasumsikan memiliki informasi atau pengetahuan yang sempurna berkaitan dengan keputusan konsumsinya. Konsumen mengetahui kualitas barang, kapasitas produksi, teknologi yang digunakan dan harga barang di pasar. Mereka mampu memprediksi jumlah penerimaan untuk suatu periode konsumsi. Berikut adalah wujud konsumen :
Personal Consumer : Konsumen ini membeli dan menggunakan barang / jasa untuk pemakaian sendiri.Organizational Consumer : Konsumen ini membeli dan menggunakan barang / jasa untuk memenuhi kebutuhan dalam menjalankan organisasi tersebut.Pendekatan Perilaku Konsumen
Pendekatan perilaku konsumen …

Penentuan Harga Permintaan & Penawaran

Pengertian Permintaan & Penawaran

Permintaan adalah :
Jumlah barang dan jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.

Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan adalah :
Harga barang itu sendiriHarga barang lain yang berkaitanTingkat pendapatanSelera konsumenEkspektasi / perkiraanPenawaran adalah : Jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.
Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran adalah : Harga barang itu sendiriHarga sumber produksiTingkat produksiEkspektasi / perkiraanTeori penawaran dan permintaan dalam ilmu ekonomi menggambarkan hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari satu barang. Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas barang yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual.…

Ruang Lingkup Ekonomi

Definisi dan Metologi Ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajar seluruh aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi dan konsumsi terhadap barang dan jasa. Istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani yaitu oikos yang artinya"keluarga, rumah tangga" dan nomos yang artinya "peraturan, aturan, hukum".
Ilmu Ekonomi adalah studi mengenai bagaimana cara manusia dan masyrakat sampai kepada pilihan (dengan atau tanpa uang) untuk menggunakan sumber-sumber ekonomi yang terbatas yang dapat mempunyai kegunaan-kegunaan alternatif, untuk menghasilkan berbagai macam barang dan mendistribusikan untuk konsumsi baik sekarang maupun masa yang akan datang.
Secara umum, subyek dalam ekonomi terbagi atas beberapa cara. Yang terkenal adalah makro ekonomi dan mikro ekonomi.
Makro Ekonomi adalah : studi tentang ekonomi secara keseluruhan. Makro ekonomi menjelaskan perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak rumah tangga (household), perusahaan …

Allah membayar sedekahmu dengan pahala untuk akhiratmu + bonus harta untuk duniamu,

Posting berikut bukannya posting yang agamis banget gitu ya. Secara gw aja sholat masih banyak yang di injury time daripada on time nya. Baca Quran juga masih kalah jauh dibanding baca novelnya. Ini cuman sekedar share cerita aja dari apa yang gw alami.

Sekali lagi gw tegaskan gw bukan orang yang agamis. Belum, mungkin. Doakan nanti jadi orang yang bener. Amin. Tapi begitu, gw selalu berusaha mensyukuri apa yang Allah berikan kepada gw. Misalnya, waktu Allah ngasih gw waktu senggang di sela-sela kesibukan kerja dan kuliah, sebisa mungkin gw gunakan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat, seperti tidur siang. Ato ketika Allah ngasih gw kesempatan untuk ngejomblo, gw gunakan kesempatan ini untuk bener-bener menjadi pribadi yang bebas. Bebas nglirik cewel sana sini dan bebas untuk nonton liga inggris pas malem mingguan. Dan termasuk, ketika Allah ngasih gw rejeki lebih misanya, gw selalu ingat buat mengeluarkan 2,5% nya untuk zakat.

Gaji gw sebagai seorang karyawan emang g ged…

adSense