::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Sunday, 27 September 2015

[Tugas Kuliah - Manajemen Pemasaran Berbasis Web] : Marketing Mix pada Matahari Department Store

    Matahari Dept Store (PT Matahari Departement Store, Tbk) adalah salah satu perusahaan ritel terkemuka di Indonesia yang menyediakan perlengkapan pakaian, aksesoris, produk-produk kecantikan dan rumah tangga dengan harga terjangkau , namun tetap berkualitas tinggi (www.matahari.co.id/about).  Gerai-gerai Matahari yang modern dan luas menyajikan pengalaman berbelanja dinamis dan inspiratif yang membuat konsumen datang kembali dan membantu menjadikan Matahari sebagai department store pilihan di kalangan kelas menengah Indonesia yang tumbuh pesat.

    Dalam usahanya, Matahari Dept Store menggunakan Marketing Mix untuk menarik konsumen. Apa itu Marketing Mix? Marketing Mix adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya. Ada 7 kriteria dalam Marketing Mix yang bisa dijadikan acuan, yaitu :
1. Price
2. Product
3. Promotion
4. Place
5. People
6. Process
7. Physical Environment

Bagaimana Matahari Dept Store menerapkan tujuh poin dalam Marketing Mix tersebut? Berikut adalah ulasannya.

1. Price
Jika Anda membandingkan harga pakaian di gerai-gerai Matahari dengan gerai-gerai pakaian yang ada di mal-mal, maka Anda akan mendapatkan fakta bahwa harga-harga di Matahari relatif lebih murah. Harga yang murah menarik minat konsumen, terutama dari kalangan menengah untuk lebih memilih berbelanja di Matahari ketimbang di tempat lain. Selain itu, jika kita perhatikan hampir setiap hari Matahari selalu memberikan diskon untuk semua produknya. Meskipun pada kenyataannya harga produk sudah dinaikkan dulu sebelum dilabeli 'diskon', sehingga harga diskon sebenarnya tidak jauh berbeda dengan harga sebenarnya, namun tetap saja secara psikologis konsumen akan tertarik untuk membeli atau setidaknya melihat-lihat produk tersebut.


2. Product
Sebagai Departement Store terkemuka, tentu saja Matahari tidak akan menjual produk yang abal-abal. Matahari bekerja sama dengan pemasok terkemuka baik dari dalam maupun luar negeri, sehingga kualitas produk tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, hampir semua jenis pakaian akan bisa Anda ditemukan di sini. Sehingga, konsumen bisa mendapatkan semua kebutuhannya hanya dengan berbelanja di satu tempat saja.
Tags : kualitas, brand,

3. Promotion
Meskipun sudah memiliki brand yang cukup kuat, Matahari masih terus melakukan promosi, baik secara offline maupun online. Kita masih bisa menemukan iklan Matahari Dept Store di TV, koran, baliho, dll. Matahari juga mengembangkan eNewsLetter dan eKatalogs yang bisa konsumen download di website Matahari ataupun melalui langganan email. Tidak hanya itu, saat ini Matahari juga mengembangkan eComerce di www.mataharimall.com, dimana Matahari bisa langsung melakukan penjualan sekaligus promosi online. Belum lagi melalui berbagai media social seperti Facebook dan Twitter.

4. Place
Seperti yang tercantum di websitenya, gerai Matahari menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua. Pemilihan lokasi pun selalu yang terbaik dengan hadir di tengah kota atau pusat perbelanjaan sehingga mudah diakses oleh konsumen. Tidak hanya itu, melalui www.mataharimall.com, konsumen yang lokasinya tidak terjangkau oleh gerai Matahari juga bisa berbelanja secara online.


5. People
Seperti yang bisa dilihat di gerai-gerai Dept Store, karyawan yang siap melayani konsumen jumlahnya sangat banyak. Hal ini memberikan kenyamanan kepada konsumen karena akan merasa dilayani secara lebih private dan cepat. Matahari Dept Store juga selalu memberikan training kepada karyawannya, sehingga tidak asal melayani konsumen, namun juga memberi kesan bersahabat dan nyaman.

6. Process
Area gerai yang luas memberikan kenyamanan kepada konsumen untuk berbelanja. Berbagai fasilitas yang disediakan, mulai dari toilet, kamar ganti, hingga tempat bermain anak juga menambah kenyamanan konsumen. Bagi konsumen online, disediakan pula NewsLetter dan eKatalog yang akan dikirim ke email konsumen masing-masing.

7. Physical Environment
Dan kriteria terakhir adalah lingkungan fisik. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Matahari Dept Store memiliki kondisi fisik yang megah. Area yang luas yang dilengkapi dengan pendingin ruangan, musik, rak-rak yang tertata rapi, hingga tempat parkir menjadikan konsumen merasa lebih nyaman saat berbelanja.

    Dengan menerapkan berbagai kriteria dalam Marketing Mix di atas, Matahari Department Store berhasil menggaet jutaan pelanggan dan menjadi perusahaan retail terkemuka di Indonesia.

No comments:

Post a Comment