Skip to main content

Posts

Showing posts from May, 2011

galau lagi

udah hampir dua minggu gue g ngapa-ngapain di kantor. bukan karena g ada kerjaan, tapi karena gue males (oke, udah ketebak ya alurnya? siapin palu dah buat ngegebuk monitor kalo udah muak ma tulisan ini. galau ini ceritanya). kenapa males? karena gue lagi g pengen ngapa-ngapain. gue bosen dengan kehidupan gue. sumpah. gue pengen pergi ke hutan lalu ke pantai sambil memecahkan gelas-gelas biar gaduh, biar mengaduh sampai gaduh!
kerjaan kantor gue udah numpuk banget nget nget. di meja kantor udah penuh dengan kertas catatan yang kudu gue kerjain, yang kini beralih fungsi menjadi kertas gambar (iya, gue gambarin tiap hari, abis pusing ngeliat tulisan mulu), di stycky notes gue juga udah penuh dengan kalimat bertanda seru dengan tanggal yang udah kayak emak-emak bilang 'deadline lo tinggal besok! g dikerjain, gue setrika lo!'. belum lagi tugas kampus yang naudzubillah. Bayangkan sodara-sodara dalam satu minggu diharuskan membuat empat buah laporan tulis tangan yang banyak…

MAOISME VS MAHOISME

(Tulisan in hanya becandaan ya. peace!!)

Di dalam ilmu politik dan teori-teori kebangsaan ada yang dinamakan ideologi. Ideologi adalah paham yang dianut oleh seseorang atau sekelompok orang termasuk di dalamnya sebuah negara. Di dunia ada berbagai macam ideologi yang berkembang. Seperti ideologi Liberalisme/ Kapitalisme, Ideologi Sosialis, Ideologi Komunis, Ideologi Pancasila yang dianut oleh negara kita tercinta Indonesia, dan lain-lain.

Nah, pada tulisan ini, kita akan mencoba membandingkan dua ideologi yang dari namanya hampir mirip, namun pada kenyataanya memiliki ide dasar yang sangat berbeda. Kedua ideologi yang dimaksud adalah Ideologi MAOISME dan ideologi MAHOISME.

Ideologi MAOISME adalah bentuk turunan dari ideologi Komunisme yang berkembang di negara-negara sosialis seperti Uni Soviet (kini Rusia, dan negara-negara pecahannya), Cina, Korea Utara, Kuba, Vietnam, dan beberapa negara lain. Ideologi MAOISME ini sendiri dikemukakan oleh revolusioner Cina, Mao Zedong yang int…

Bersemangatlah pasukan antibodi!!!

halo, gue coco. gue gila (g penting banget),
oke guys,long time no see. gue yang cakep ini lagi sibuk ngasih makan fans-fans gue. belum lagi tanda tangan sana sini (ngebon maksudnya). dan sukseslah dari sabtu kemarin gue tepar.

musibah ini dimulai sejak hari jumat kemarin pas berangkat kulia. sebelumnya gue udah punya perasaan g enak. gue udah metikin bunga mawar satu kebun buat ngitung berangkat engga, berangkat engga, tapi hasilnya tetep aja gue berangkat kulia. pas gue berangkat dari kantor, cuaca cerah diliputi hangatnya sinar mentari, dan angin berhembus yang sepoi-sepoi. tapi sayang, alam berkehendak lain (emang susah kalo punya alam yang masih labil gini). tak dinyana tak diduga, mendung datang menutupi senyuman sang mentari. dan jadilah hujan. dan gue kehujanan. dan sumpah, dingin banget. nyampe kampus gue udah mriang2 gitu, dan naasnya mata kuliah hari itu adalah fisika, bab listrik AC. mampus lo. air+listrik jadinya ya nyetrum. jadilah badan gue kesetrum, dan sakit.

dalam keada…

Hidup Setelah Kematian

'setiap makhluk bernyawa akan mati', begitulah Al Quran menjelaskan bahwa tak ada yang abadi di dunia ini kecuali Allah semata. Sehebat apapun manusia berusaha untuk menghindar dari kematian, baik melalui ilmu sains hingga ilmu klenik sekalipun, manusia tidak akan berhasil, karena Allah juga telah menjelaskan bahwa 'meskipun manusia bersembunyi di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, ketika ajal menjemputnya, maka ia tak akan bisa menghindar'.

Setelah mati, ada dua kemungkinan yang akan dialami oleh manusia, yaitu apakah mereka cukup hebat untuk dikenang dan tetap 'hidup setelah mati' atau mereka akan diacuhkan setelah kematiannya. Banyak tokoh-tokoh di dunia ini yang 'nyatanya' tetap hidup setelah kematiannya. Lihat saja Nabi Muhammad SAW, Nabi Besar orang Islam. Meskipun beliau telah wafat lebih dari 14 abad yang lalu, namun namanya tetap didengung-dengungkan hingga saat ini. Pengaruhnya menyebar ke seluruh penjuru dunia, hingga memiliki lebih dar 1…

Kekuatan Harapan dan Impian

bagi yang suka serial anime One Piece pasti tidak asing dengan tokoh Luffi, si Kapten Bajak Laut Topi Jerami. Luffi adalah seorang remaja yang memiliki impian menjadi seorang Raja Bajak Laut. Ia terkenal karena memiliki impian dan harapan yang kuat. Secara kemampuan sebenarnya Luffi tidak terlalu spesial, bahkan ia sering kali kalah melawan musuh-musuhnya. Namun semangat, tekad, harapan, dan impiannya selalu menjadi senjata yang tak mudah dikalahkan. Pada tulisan ini saya cuplik kisah bagaimana ketika Luffi hendak menyelamatkan kakaknya, Portgas D Ace. Pada waktu itu, Ace ditangkap oleh Angkatan Laut, dan hendak dijatuhi hukuman mati beberapa hari lagi. Luffi yang mendengar hal itu, langsung bertekad untuk menyelamatkan Ace dari hukuman tersebut. Namun, ketidakwaspadaanya dan ketidakpeduliannya terhadap siapa musuh dan bagaimana medan, membuat ia harus mengakui kehebatan lawan-lawannya, terutama Magellan, Kepala Penjara yang memiliki kemampuan mengeluarkan racun dari tubuhnya. Karena…

Kesepian di tengah keramaian,

'kesepian di tengah keramaian', kata-kata ini sering terdengar di saat dulu kita belajar Majas di pelajaran Bahasa Indonesia waktu sekolah dulu. Kesepian di tengah keramaian mungkin adalah kalimat yang sering atau mungkin satu-satu nya kalimat yang dipakai sebagai contoh dari majas Paradoks, yaitu majas yang mengandung dua kata/ ungkapan yang bertentangan. Nah, disini kita tidak akan membahas tentang majas paradoks tersebut, karena saya sendiri juga tidak begitu paham tentang dunia permajasan. yang akan kita bahas dalam coretan ini adalah, makna sebenarnya dari 'kesepian di tengah keramaian', bukan majas, tapi nyata.

kesepian adalah perasaan merasa sendiri dan kadang-kadang hampa. Menurut pendapat pribadi saya, kesepian itu bisa timbul karena dua faktor, yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

Faktor Eksternal atau faktor yang berasal dari luar adalah penyebab kesepian yang umum terjadi kepada seseorang. Faktor eksternal in biasanya tidak berpengaruh secara langsung…

Tanggung Jawab Siapa . . .?

beberapa saat yang lalu saya melihat tayangan 'Jika Aku menjadi' yang ditayangkan di Trans TV. Saya memang sering melihat acara tersebut, dan setiap melihat tayangan tersebut pasti saya menangis. Rasanya miris sekali, bagaimana di luar sana banyak orang yang tidak berkecukupan menghadapi hidup. Hari itu adalah episode dimana seorang mahasiswi mencoba menjalani hidup dengan sepasang suami istri tua di Yogyakarta. Sang suami adalah seoarang kakek yang sudah tidak kuat bekerja berat lagi, karena selain umur yang sudah 90 tahun, si kakek juga menderita satu penyakit. Sementara si istri adalah seorang nenek yang usianya sekitar 80an yang harus bekerja keras apapun itu, demi mencari sesuap nasi untuknya, sang kakek, dan tambahan satu balita yang ditinggal ibunya, sementara ayahnya telah meninggal. Sebelum ayah dari balita ini meninggal, dia lah tulang punggung keluarga. Namun semenjak kematian anak dari kakek-nenek ini, beban hidup pun menjadi tanggungan si emak. Sementara anak-anak…

Pengaruh Pandangan Hidup Terhadap Kehidupan

sebelum membahas tentang bagaimana pandangan hidup mempengaruhi kehidupan, mari kita simak cuplikan artikel berikut (dari id.wikipedia.org)

"Teori Darwin telah memasuki benak Hitler, bahkan meresap sampai ke tulang sumsum. Hal ini amat terasa dalam bukunya Mein Kampf (Perjuanganku). Ia menyamakan ras non-Eropa sebagai kera."

"Tak lama setelah berkuasa, Hitler menerapkan teori itu dengan tangan besi. Orang-orang lemah mental, cacat, dan berpenyakit keturunan dikumpulkan dalam ‘pusat sterilisasi’ khusus. Karena dianggap parasit yang mengancam kemurnian rakyat Jerman dan menghambat kemajuan evolusi, maka atas perintah rahasianya, dalam waktu singkat mereka semua dibabat habis."

"Masih dalam eforia teori evolusi dan egenika, Nazi menghimbau muda-mudi berambut pirang bermata biru yang diyakini mewakili ras murni Jerman supaya berhubungan seks tanpa harus menikah. Pada 1935, Hitler memerintahkan didirikannya ladang-ladang khusus reproduksi manusia. Di dalamnya tinggal …

Tugas IBD 11 - Manusia, Hidup, dan Kematian

A. Hidup
1. Pengertian Hidup
Pengertian Hidup Yang Beragam
Kalau kita browsing untuk mengetahui opini orang2 tentang pengertian hidup … … ampuuun banyak yg bingung dan tak menentu arahnya. Ada yang pengertian hidup jomblo itu susah – mau hidup merit bingung, pengertian hidup untuk uang – uang untuk hidup, pengertian hidup itu u/ dinikmati – tapi pas sakit bingung, bahkan tidak sedikit yg hidupnya hampa walau sudah banyak yg dimilikinya.

Pengertian Hidup Semu
Kenapa sampai kita bingung akan pengertian hidup? Banyak alasannya, tapi ada satu persamaan, kencenderungan kita untuk menggunakan pikiran kita sendiri akan pengertian hidup itu untuk apa. Begitu mengambil kesimpulan sendiri akan pengertian hidup itu u/ apa, lahirlah harapan, standar penilaian, sudut pandang, bagaimana melihat hidup ini. Dan lebih parah lagi, diyakininya sebagai kebenaran yg mutlak ( sikap pikiran “aku benar” ). Tapi pas dihadapkan di realita, gubrak!! Terjadi ketidak sesuaian, dan timbulah kebingungan dan kekecewaan. …

Tugas IBD 10 - Manusia dan Harapan

A. LATAR BELAKANG

Harapan berasal dari kata harap yaitu keinginan supaya sesuatu terjadi atau sesuatu terjadi atau suatu yang belum terwujud. Kata orang manusia tanpa harapan adalah manusia yang mati sebelum waktu-nya. Bisa jadi, karena harapan adalah sesuatu yang hendak kita raih dan terpampang dimuka. Hampir sama dengan visi walau dalam spektrum sederhana, harapan merupakan cip-taan yang kita buat sebagai sesuatu yang hendak kita raih. Jadi hidup tanpa harapan adalah hidup tanpa visi dan tujuan.

Maka bila manusia yang hidup tanpa harapan pada hakekatnya dia sudah mati. Harapan bukanlah sesuatu yang terucap dimulut saja tetapi juga berangkat dari usaha. Dia adalah ke-cenderungan batin untuk membuat sebuah rencana aksi, peristiwa, atau sesuatu menjadi lebih bagus. Sederhananya, harapan membuat kita berpikir untuk melakukan sesuatu yang lebih baik untuk meraih sesuatu yang lebih baik.

Harapan dan rasa optimis juga memberikan kita kekuatan untuk melawan setiap hambatan. Seolah kita selalu …

Tugas IBD 7 - Manusia dan Pandangan Hidup

Dua kekayaan manusia yang paling utama ialah “Akal dan Budi” atau lazimnya disebut pikiran dan perasaan. Disatu sisi akal dan budi atau pikiran dan perasaan tersebut telah memungkinkan munculnya tuntutan-tuntutan hidup manusia yang lebih daripada tuntutan hidup makhluk lain.

Disisi lain akal dan budi memungkinkan munculnya karya-karya manusia yang sampai kapanpun tidak pernah akan dapat dihasilkan oleh makhluk lain. Cipta, karsa, dan rasa pada manusia yakni sebagai buah akal budinya terus melaju tanpa hentinya berusaha menciptakan benda-benda baru untuk memenuhi kebutuhan / hajat hidupnya. Baik yang bersifat jasmani maupun rohani. Dari proses ini maka lahirlah apa yang disebut kebudayaan dan pandangan terhadap hidup. Jadi pada hakikatnya, kebudayaan dan pandangan terhadap hidup ini tidak lain adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi manusia.

Dalam pikiran dan perasaan manusia, ada beberapa faktor penting yang harus menjadikan manusia sebagai makhluk yang berak…

Tugas IBD 9 - Manusia dan Kegelisahan

A. PENGERTIAN KEGELISAHAN

Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir, tidak tenang, tidak sabar, cemas. Sehingga kegelisahan menipakan hal yang menggambarkan seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, merasa kawatir, tidak tenang dalam tingkah lakunya, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.

Kegelisahan hanya dapat diketahui dari gejala tingkah laku atau gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Gejala tingkah laku atau gerak-gerik itu umumnya lain dari biasanya, misalnya berjalan mundar-mandir dalam ruang tertentu sambil menundukkan kepala; memandang jauh ke depan sambil mengepal-ngepalkan tangannya; duduk termenung sambil memegang kepalanya; duduk dengan wajah munmg atau sayu, malas bicara; dan lain-lain.
Kegelisahan menipakan salah satu elcspirsi dari kecemasan. Karena itu dalam kehidupan sehari-hari, kegelisahan juga diartikan sebagai kecemasan, kekawatiran ataupun ketakutan. Masalah kecemasan atau kegelisahan berkaita…