::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Tuesday, 20 December 2011

Laporan UTS Semester Ini ...

Setelah selama dua minggu lebih sehari, akhirnya kemarin malem, Ujian Tengah Semester SELESAIII!!!! yeah!! Akhirnya gw bisa bernafas lagi, akhirnya gw bisa nemenin novel-novel yang udah menanti. Tunggu akang sayang ...

Ujian kali ini emang beda sama ujian-ujian sebelumnya. Beda. Banget. Bukan karena apa-apa, tapi karena 60% dari semua matkul yang ada gw sama sekali g ngerti, sementara sisanya asal tahu aja. Apalagi dua matkul yang dipandu oleh Made (Mamah Dede) pemakan segalanya, Matematika Diskrit dan Matematika Lanjut. Gila, bahkan selama hampir satu semester catetan mate gw baru kepake g lebih dari empat lembar. Itupun isinya gambar-gambar g jelas gw. Beda banget sama semester kemarin yang mana gw hampir kehabisan stok kertas cuma buat nyatet matkul Matematika Dasar. Belum tugasnya. Belum gambar-gambarnya. Dan tentu aja, kekosongan dan kehampaan catetan gw itu berbanding lurus dengan pemahaman gw tenang dua matkul tadi. Gimana mau paham coba, orang kalo dosennya ngedongeng (iya, itu dosen ngedongeng, kagak ngejelasin) aja, gw malah asik ngobrol sama temen. ato kalo g tidur. ato kalo g baca novel. ato kalo g mainan leptop. ato kalo g nyantet tu dosen dari belakang. Intinya adalah gw angkat tangan untuk kedua matkul ini, Matematika Diskrit dan Matematika Lanjut.

Tidak hanya dua matkul tadi lho, gw juga ngerasa susah banget buat paham matkul dengan 3 SKS, Arsitektur Komputer. Dosennya asik sih. Tapi kebanyakan asik dengan dirinya sendiri. Secara beliaunya kalo ngomong cepet banget. Dan materinya banyak banget. Kayak g ngeliat kalo beliaunya punya mahasiswa dengan hardisk belum nyampe giga byte dengan RAM belum nyampe Mega byte.

Matkul Manajemen dan Akuntansi juga g kalah bikin pening. Dimana gw kudu ngapalin seabrek materi. Padahal tau sendiri lah, gw payah banget kalo disuruh ngapalin. kalo kapalan iya. hehe.

Nah, kesulitan gw dalam menerima semua materi itu ditambah dengan mood gw yang lagi buruk. Gw lagi males-malesnya ngapalin tu rumus-rumus matematika, apalagi teori ba bi bu yg bikin puyeng, kerjaan gw juga lagi g bersahabat, numpuk, persis kayak sampah-sampah di Tangerang Selatan. Belum lagi, suasana hati yang yah, lagi-lagi, galau. Terlalu banyak masalah, terlalu banyak yang harus dikerjakan, dan terlalu sedikit kekuatan gw buat menghadapi ini semua. Dan hasilnya?
1. Sehari menjelang UTS pertama, AKuntansi, gw cabut ke Festival Pembaca Indonesia bareng anak-anak Forum Buku Kaskus. Sampe sore, dan malemnya kecapekan, dan langsung tak sadarkan diri. G belajar.
2. Menjelang matkul Matematika gw berusaha belajar. Bukan apa-apa, tapi karena gw sama sekali g paham materinya. Boro-boro paham, materinya aja kagak punya. Dan alhasil, beberapa hari sebelum ujian, gw pinjem catetan kesono kemari, yang akhirnya malah ngebikin gw bingung sendiri. Ini mana yang mau dipelajarin??
3. Beberapa matkul kayak Arsitektur Komputer dan Struktur Organisasi Data malah g sempet dipelajarin materinya. Secara g ada waktu senggang buat belajarnya. Pulang kuliah udaj jam 10 lebih, sementara kerjaan di kantor juga sama sekali g toleran. Gw cuma sempet buka materi beberapa menit sebelum ujian dimulai.
4. Dan yang paling anget adalah matkul Pemrograman Terstruktur yang baru selesei kemarin. Gw bener-bener sama sekali g punya passion buat belajar. Ketika yang lainnya sibuk dengan materi di tangan masing-masing, gw malah asik twitteran. Ketika yang lain sibuk diskusi sana sini, gw malah baca novel. Dan 15 menit setelah bel masuk ujian, gw udah kelar dengan ujian gw. 15 menit berikutnya gw ngegambar di soal ujian, dan setelah bosen, gw keluar. hahaha.

Dan akhirnya Ujian yang sangat membosankan ini selesai kemarin malem. Yang gw g abis pikir adalah, abis ujian, temen-temen masih sibuk tanya-tanya 'yang tadi jawabnya apa ya?', 'yang tadi gimana sih?', dan gw langsung ngeluyur balik. Yang ada di otak gw cuma dua. Pulang dan baca novel.

Well, sekarang tinggal nunggu hasilnya. Walopun gw tahu persis perjuangan gw sangat minim, tapi gw tetep berharap ngedapetin nilai yang bagus. Minimal 80 lah di tiap matkul. hehehe. semoga saja. Amien.

Nah, itu ceritakku, apa ceritamu?

Tuesday, 13 December 2011

susu jahe,

kau berbeda, dan aku akan meraihmu dengan cara yang berbeda, akan mengejarmu dengan cara yang berbeda, akan mendapatkanmu dengan cara yang berbeda, akan mencintaimu dengan cara yang berbeda, dan akan menjagamu dengan cara yang berbeda,

Tuesday, 6 December 2011

Fr. Festival Pembaca Indonesia

Selamat pagi sodara-sodara sebangsa dan setanah air!! Pertama-tama gw mau ucapin 'Selamat Hari Raya 10 Muharram' bagi Anda yang merayakannya. Dan jangan tanya apakah Hari Raya 10 Muharram itu, karena gw jg g tau. Hehe. Yang jelas, kemarin gw dapet banyak banget SMS dari temen-temen yang mengabarkan bahwa 'Berpuasa di 9 Muharram akan menghapuskan dosa setahun sebelumnya, dan berpuasa di 10 Muharram sama seperti beribadah selama 2 tahun'. Dan menurut gw, ini patut dirayakan dan diselamatkan (kok aneh ya, 'diselamatkan'. Maksud gw tuh, diberi ucapan selamat gitu. Apa ya kata yang pas?'). Secara, kapan lagi gitu kita dikasih kesempatan buat menghapus dosa setahun yang lalu dan dikasih pahala ibadah 2 tahun, cuma dengan puasa dua hari doank. Kesemaptan langka bo'.
Well, kali ini gw mau cerita tentang perjalanan gw ke Plaza Area, Kuningan hari Minggu kemarin. Ada apakah di Plaza Area, Kungingan, hari minggu kemarin? Adalah Goodreads Indonesia yang berhak ngasih jawaban. Jadi tanya aja ama Goodreads. Hehe. Minggu kemarin, 4 Desember 2011, Goodreads Indonesia ngadain event Festival Pembaca Indonesia. Dan salah satu yang diundang untuk berpartisipasi dalam acara itu adalah Forum Buku Kaskus, dimana gw sama anak-anak kutu suka nongkrong disitu.

Sebenernya dari awal gw udah bimbang mau ikutan a
cara ini pa kagak. Soalnya, tepat besoknya, 5 Desember 2011 tu gw ada Ujian Tengah Semester di kampus, yang mana gw belum belajar. Boro-boro belajar, materi nya apa aja gw g ngerti. Heheh. Tapi berkat kegigihan dari Bang Dani dan teman-teman dari forum, akhirnya pun gw dateng. Hehe.

Kayak biasa, gw yang buta jalanan Jakarta mengumpulkan personil buat dateng ke acara tersebut. Dan di luar dugaan, dari yang pertama gw cuma optimis 2 anak yang bakal
an ikut, di hari H nya membludak jadi 8 anak.

G banyak masalah di perjalanan, karena banyak diantara berdelapan anak tadi yang udah apal jalanan Jakarta. Jadi kita sampe di lokasi dengan selamat tanpa kurang suatu apapun. Kecuali kurang cairan tubuh. Karena gila, panas banget. Gw jadi bersyukur tinggal di Bogor, karena mungkin kalo gw di Jakarta, pas pulang Semarang ntar kulitku gw udah keriput kayak engkong-engkong gitu karena cairan tubuhnya menguap. Dan gw juga jadi 'agak maklum' kenapa orang-orang Jakarta pakaiannya minim-minim. Ternyata sodara-sodara, biar g gerah. Apa malah bikin gerah yah? kan HOT... Hemmm ....

Personil sampe di lokasi jam 12 siang, 2 jam sete
lah acara dimulai. Tapi kebersamaan kita terpecah, ketika 6 dari 8 anak memutuskan untuk makan dulu, sementara gw dan 2 orang lainnya memutuskan untuk masuk ke area Festival. Belakangan gw baru paham, kalo mereka berdua tak kuasa membeli makanan yang harganya selangit. maklum anak kos. 'Itu sekali makan disitu, bisa buat makan 2 kali', kata Gery. 'Tiga kali bisa!', protes Frans. Sementara gw yang ngedengarin sebenernya juga merasakan hal yang sama. hehe. Dan akhirnya pun gw sama dua anak malang tadi pun, berpisah. Gw datengin stand anak-anak Kaskus dimana disana sudah bejubel om Dani, bang Adit, om Nath, Prudence, Zuko, xixixi, inyong, dan banyak lagi. Plus pengunjung stand yang juga rame gila. Gw yang g mau ketinggalan pun ikutan nungsep diantara mereka. Hihihi.


(anak-anak Serapium, Forum Buku Kaskus --> sayang gw g ikut foto)


(Buku-buku yang boleh dituker dengan buku apa aja)


(Personil D'Massive)


(wall of shame)

Dan akhirnya jam setengah 3 an sore kita pulang. Gw berhasil nuker dapet 3 buku hasil nuker dari 3 buku yang males banget gw bacanya, minjem 24 Wajah Billi dari Zuko, dan sebagai gantinya minjemin doi 7 komik QED gw, dan beberapa foto yang sempet diabadikan. Dan, ketika nyampe rumah jam 7 malem, gw langsung tepar, tanpa buka buku sama sekali. bodo. hehe,