Skip to main content

Keindahan Itu Relatif, Tapi Universal,

Anita : "eh, ini lukisan keren banget. indahnyo. menurut lo gimana Ndi? bagus banget ya?" (sambil menunjuk ke sebuah lukisan abstrak)
Andi : "jelek!",
Anita : "ih, lo g gaul banget sih. lukisan keren gini dibilang jelek!"
Andi : "nah lo, lukisan cuman coret-coret gini dibilang indah. mata lo peyang?!!"
Anita : "emang susah ya ngomong sama orang yang selera seni nya jongkok?!"
Andi : "emang susah ngomong sama orang gila!",

yah, itu tadi sedikit contoh percakapan antara dua orang peyang yang lagi ngomongin soal keindahan sebuah lukisan. si Anita menganggap lukisan abstrak itu indah, sementara si Andi bilang lukisannya jelek. di lain kesempatan, Andi mengajakk Anita ke konser grup band rock,

Andi : (sambil jungkir balik), "musiknya ajib banget!!"
Anita : "kuping lo kesumbat stonehange yah? lagu kayak gini dibilang ajib!"
Andi : "eh, lo tau seni g sih?"
Anita : "tau donk. dan asal lo tau, ngedengerin musik tong gebuk kayak gini, bisa ngerusak ilmu seni gue!"
Andi : "selera seni lo emang cemen!"

Gantian sekarang, kalo tadi si Andi bersikeras bahwa lukisan abstrak itu jelek, sekarang dia yang mati-matian ngebela bahwa musik rock itu ajib. Yah, gue rasa dengan ngebaca judul postingan ini plus dua dialog singkat, para pembaca yang terhormat udah tahu kemana arah tulisan ini. yups, keindahan itu memang relatif. Setiap orang punya pandanagn sendiri mengenai kriteria keindahan. Ada yang bilang yang indah itu yang seger kayak di pegunungan, ada yang bilang yang indah itu yang lembut kayak sinar matahari di pantai, ada yang bilang yang indah itu yang menimbulkan banyak imajinasi kayak novel, dan lain-lain. Dan semua itu g salah. Artinya semua itu memang definisi dari keindahan.

Nah, satu hal lagi yang dapat direnungkan dari kedua dialog di atas, selain indah itu relatif adalah, indah itu universal. artinya keindahan itu milik semua orang, dan setiap orang berhak kok mengklaim yang ini indah dan yang itu jelek, atau yang itu indah, yang ini jelek. its oke. Jika, kedua hal ini digabungkan, yaitu antara indah itu relatif dan indah itu universal dan ditambah sedikit sikap hormat-menghormati, maka akan menimbulkan satu keindahan yang baru, yaitu keselarasan dan toleransi. Bayangkan jika bangsa A mendefinisikan bahwa budaya mereka indah, dan budaya bangsa B jelek. Sebaliknya bangsa B menganggap budaya mereka indah, dan budaya bangsa A jelek. Apabila tidak disertai dengan sikap saling hormat-menghormati maka akan terjadi perseteruan, baik yang tidak dinampakan, artinya hanya disimpan dalam hati, atau yang berbahaya, jika ditampakan, maka bisa menimbulkan bentrok dan perseteruan antar bangsa. dan dimana-mana yang namanya perseteruan itu tidak indah. Nah, alangkah indahnya, jika disela-sela keindahan yang relatif dan universal diberi bumbu sikap saling menghormati, maka yang akan timbul adalah sikap saling menghargai, bisa melihat kelebihan budaya bangsa lain, sehingga bisa diterapkan di budaya bangsa kita, begitupun sebaliknya, maka yang akan timbul adalah toleransi dan pada akhirnya kedamaian. dan saya rasa setiap orang akan bilang bahwa kedamaian adalah salah satu dari definisi keindahan.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Organisasi

Salah satu faktor penting dalam membentuk suatu organisasi adalah ditentukannya bentuk organisasi. Bentuk organisasi bisa bermacam-macam tergantung latar belakang dan tujuan pembentukan organisasi tersebut. Berikut adalah macam-macam organisasi berdasarkan tujuannya.

1. Organisasi Niaga
Organisasi Niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya adalah mencari keuntungan atau sering disebut sebagai organisasi Profit Oriented.
Macam-macamnya antara lain adalah:
1. Perseroan Ternatas (PT)
2. Perseroan Komanditer (CV)
3. Firma (FA)
4. Koperasi
5. Join ventura, dan lain-lain.
Organisasi ini biasanya bergerak di bidang perdangan, industri, dan jasa.

2. Organisasi Sosial
Organisasi Sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat yang bertujuan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Organisasi semacam ini biasanya disebut pula sebagai organisasi nonprofit, karena memang bukan untuk mencari keuntungan/ profit. Adapun jalur-jalut pembentukan organisasi sosial adalah:
1. Jalur Keagamaan
Organ…

Sakit Gigi dan RSKGM UI

Sakit Gigi. Katanya, lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Buat gw, ga gitu juga sih. Alesannya simpel aja. Karena bagi jomblo menahun kayak gw, gw jarang sakit hati. Yang ada hanya sakit gigi.

    FYI, sakit gigi ini tambah sakit karena jatah pengobatan di kantor gw dicabut sejak Agustus lalu. Pun, gw juga berusaha segera cabut dari kantor gw, karena melihat gelagat yang ga beres, tapi sayang belum dapet-dapet. Huft.

    Sebenernya gw bisa pake BPJS, tapi melihat pengalaman temen-temen kantor gw yang pake layanan BPJS dan ga ada yang beres, akhirnya gw mengurungkan niat itu. Sebagai contoh, kemarin anak temen kantor gw sakit. Periksa ke klinik kantor yang merupakan PPK 1. Dikasih obat dengan dosis seadanya dan berakhir dengan seminggu ga sembuh juga. Akhirnya dirujuk ke PPK 2. Eh, pas ke PPK 2 katanya untuk layanan BPJS hari itu sudah tutup, dan harus balik lagi besok. Besoknya temen gw dateng lagi. Dapet sih, tapi setelah ngantri sekian lama. Bukan apa-apa, kasihan anaknya. …

Apply and Interview

Seorang teman SMP bertanya, atau tepatnya berkata, 'Lo harusnya udah pindah dari kerjaan lo. Lima tahun itu udah sangat lama. Kok lo betah sih?'. Pertanyaan ini mengusik gw. Pertama karena memang benar, sudah terlalu lama gw stay di satu perusahaan dan itu menjadikan gw minim pengalaman kerja. Dan yang kedua adalah karena yang berkata kayak gitu adalah temen yang gw respect dari dulu, Jacky. Sedikit overview tentang Jacky adalah dia salah satu temen gw yang antimainstream. Ketika dulu gw dan temen-temen pada sibuk belajar karena besok ujian, temen gw yang satu ini malah asik main game. Seakan ga peduli dengan sekolahnya. Tapi uniknya ketika ketemu dengan pelajaran atau topik yang dia suka, dia langsung jadi nomor satu, maju paling depan, dan bener-bener berbeda dari Jacky yang biasanya. Di jaman sekolah, ketika yang lain galau soal pacar (dia juga sih), dia udah punya bisnis sendiri. Dia punya Warnet dan Game Centre, dia buka toko komuter, dan ya, itu cukup membuat gw …