Skip to main content

Organisasi dan Manajemen Organisasi

Kita sudah sering mendengar kata organisasi di dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya di kehidupan bermasyarakat. Ada istilah Organisasi Masyarakat atau Ormas, Organisasi Siswa, Organisasi Kemahasiswaan, hingga organisasi antar negara di dunia seperti ASEAN, OPEC, atau PBB. Namun begitu, apabila diberi pertanyaan, Apakah Organisasi itu? Kebanyakan dari kita kesulitan untuk menjawabnya.

Nah, untuk mengantisipasi hal seperti itu, ada baiknya kita paham terlebih dahulu apa itu Organisasi. Untuk itu, ikuti pembahasan tentang Organisasi berikut ini.

1. Pengertian Organisasi
Kata "Organisasi" berasal dari bahasa Yunani organon - yang berarti alat. Secara umum, pengertian organisasi sendiri adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama. Di dalam wadah ini, sekumpulan orang tadi melakukan kegiatan secara sistematis, terencana, terpimpin, dan terkendali dalam melakukan usaha demi tercapainya tujuan organisasi.

Beberapa ahli mendefinisikan pengertian organisasi sebagai berikut :

Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui orang-orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.

James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Stephen P. Robbins menyatakan bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif, yang dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

2. Manajemen dan Organisasi
Jika organisasi terbentuk untuk mencapai satu tujuan, maka Manajemen adalah ilmunya. Manajemen secara umum didefinisikan sebagai ilmu dan seni menrencanakan, mengorganisasi,mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Disinilah pentingnya Manajemen dalam suatu organisasi. Sebagus apapun tujuan suatu organisasi, apabila tidak memiliki manajemen yang baik, tujuan tersebut akan sulit bahkan mustahil tercapai, tau tercapai dengan tidak sempurna.

3. Manajemen dan Tata Kerja
Tata kerja atau juga disebut metode adalah suatu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.

Fungsi Tata Kerja antara lain :
a. Menghindari terjadinya pemborosan dan penyalahgunaan sumber -sumber dan waktu yang tersedia.
b. Menghindari kemcaetan-kemcaetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan
c. menjamin adanya pembagian kerja, waktu, dan koordinasi yang tepat.

Jadi, kesimpulannya adalah, Tata kerja merupakan penjelasan tentang bagaimana proses kegiatan itu dapat dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

4. Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja
Dalam mencapai suatu tujuan bersama, ketiga hal ini sangat erat kaitannya. Organisasi menyediakan wadah bagi orang-orang yang sepaham dan memiliki tujuan bersama untuk berkumpul. Manajemen lebih kepada bagaimana suatu sumber/alat/waktu/orang dapat dimanage sedemikian hingga mefektif dan efisian demi tercapainya tujuan, sedangkan Metode atau Tata Kerja lebih kepada bagaimana sumber-sumber/ waktu ini bekerja/ dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Ketiganya sama-sama penting, sehingga tidak mungkin dipisahkan satu sama lain.


Sumber : www.wikipedia.org, agnezkembaren.wordpress.com/

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Organisasi

Salah satu faktor penting dalam membentuk suatu organisasi adalah ditentukannya bentuk organisasi. Bentuk organisasi bisa bermacam-macam tergantung latar belakang dan tujuan pembentukan organisasi tersebut. Berikut adalah macam-macam organisasi berdasarkan tujuannya.

1. Organisasi Niaga
Organisasi Niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya adalah mencari keuntungan atau sering disebut sebagai organisasi Profit Oriented.
Macam-macamnya antara lain adalah:
1. Perseroan Ternatas (PT)
2. Perseroan Komanditer (CV)
3. Firma (FA)
4. Koperasi
5. Join ventura, dan lain-lain.
Organisasi ini biasanya bergerak di bidang perdangan, industri, dan jasa.

2. Organisasi Sosial
Organisasi Sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat yang bertujuan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Organisasi semacam ini biasanya disebut pula sebagai organisasi nonprofit, karena memang bukan untuk mencari keuntungan/ profit. Adapun jalur-jalut pembentukan organisasi sosial adalah:
1. Jalur Keagamaan
Organ…

Sakit Gigi dan RSKGM UI

Sakit Gigi. Katanya, lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Buat gw, ga gitu juga sih. Alesannya simpel aja. Karena bagi jomblo menahun kayak gw, gw jarang sakit hati. Yang ada hanya sakit gigi.

    FYI, sakit gigi ini tambah sakit karena jatah pengobatan di kantor gw dicabut sejak Agustus lalu. Pun, gw juga berusaha segera cabut dari kantor gw, karena melihat gelagat yang ga beres, tapi sayang belum dapet-dapet. Huft.

    Sebenernya gw bisa pake BPJS, tapi melihat pengalaman temen-temen kantor gw yang pake layanan BPJS dan ga ada yang beres, akhirnya gw mengurungkan niat itu. Sebagai contoh, kemarin anak temen kantor gw sakit. Periksa ke klinik kantor yang merupakan PPK 1. Dikasih obat dengan dosis seadanya dan berakhir dengan seminggu ga sembuh juga. Akhirnya dirujuk ke PPK 2. Eh, pas ke PPK 2 katanya untuk layanan BPJS hari itu sudah tutup, dan harus balik lagi besok. Besoknya temen gw dateng lagi. Dapet sih, tapi setelah ngantri sekian lama. Bukan apa-apa, kasihan anaknya. …

Apply and Interview

Seorang teman SMP bertanya, atau tepatnya berkata, 'Lo harusnya udah pindah dari kerjaan lo. Lima tahun itu udah sangat lama. Kok lo betah sih?'. Pertanyaan ini mengusik gw. Pertama karena memang benar, sudah terlalu lama gw stay di satu perusahaan dan itu menjadikan gw minim pengalaman kerja. Dan yang kedua adalah karena yang berkata kayak gitu adalah temen yang gw respect dari dulu, Jacky. Sedikit overview tentang Jacky adalah dia salah satu temen gw yang antimainstream. Ketika dulu gw dan temen-temen pada sibuk belajar karena besok ujian, temen gw yang satu ini malah asik main game. Seakan ga peduli dengan sekolahnya. Tapi uniknya ketika ketemu dengan pelajaran atau topik yang dia suka, dia langsung jadi nomor satu, maju paling depan, dan bener-bener berbeda dari Jacky yang biasanya. Di jaman sekolah, ketika yang lain galau soal pacar (dia juga sih), dia udah punya bisnis sendiri. Dia punya Warnet dan Game Centre, dia buka toko komuter, dan ya, itu cukup membuat gw …