::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Monday, 3 October 2011

Organisasi dan Manajemen Organisasi

Kita sudah sering mendengar kata organisasi di dalam kehidupan sehari-hari. Khususnya di kehidupan bermasyarakat. Ada istilah Organisasi Masyarakat atau Ormas, Organisasi Siswa, Organisasi Kemahasiswaan, hingga organisasi antar negara di dunia seperti ASEAN, OPEC, atau PBB. Namun begitu, apabila diberi pertanyaan, Apakah Organisasi itu? Kebanyakan dari kita kesulitan untuk menjawabnya.

Nah, untuk mengantisipasi hal seperti itu, ada baiknya kita paham terlebih dahulu apa itu Organisasi. Untuk itu, ikuti pembahasan tentang Organisasi berikut ini.

1. Pengertian Organisasi
Kata "Organisasi" berasal dari bahasa Yunani organon - yang berarti alat. Secara umum, pengertian organisasi sendiri adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan bersama. Di dalam wadah ini, sekumpulan orang tadi melakukan kegiatan secara sistematis, terencana, terpimpin, dan terkendali dalam melakukan usaha demi tercapainya tujuan organisasi.

Beberapa ahli mendefinisikan pengertian organisasi sebagai berikut :

Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui orang-orang dibawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama.

James D. Mooney mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.

Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu aktivitas kerjasama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

Stephen P. Robbins menyatakan bahwa organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif, yang dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan.

2. Manajemen dan Organisasi
Jika organisasi terbentuk untuk mencapai satu tujuan, maka Manajemen adalah ilmunya. Manajemen secara umum didefinisikan sebagai ilmu dan seni menrencanakan, mengorganisasi,mengarahkan, mengkoordinasi serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Disinilah pentingnya Manajemen dalam suatu organisasi. Sebagus apapun tujuan suatu organisasi, apabila tidak memiliki manajemen yang baik, tujuan tersebut akan sulit bahkan mustahil tercapai, tau tercapai dengan tidak sempurna.

3. Manajemen dan Tata Kerja
Tata kerja atau juga disebut metode adalah suatu cara bagaimana agar sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat dimanfaatkan dengan tepat sehingga proses kegiatan manajemen dapat dilaksanakan dengan tepat pula.

Fungsi Tata Kerja antara lain :
a. Menghindari terjadinya pemborosan dan penyalahgunaan sumber -sumber dan waktu yang tersedia.
b. Menghindari kemcaetan-kemcaetan dan kesimpangsiuran dalam proses pencapaian tujuan
c. menjamin adanya pembagian kerja, waktu, dan koordinasi yang tepat.

Jadi, kesimpulannya adalah, Tata kerja merupakan penjelasan tentang bagaimana proses kegiatan itu dapat dilaksanakan sesuai dengan sumber-sumber dan waktu yang tersedia.

4. Manajemen, Organisasi, dan Tata Kerja
Dalam mencapai suatu tujuan bersama, ketiga hal ini sangat erat kaitannya. Organisasi menyediakan wadah bagi orang-orang yang sepaham dan memiliki tujuan bersama untuk berkumpul. Manajemen lebih kepada bagaimana suatu sumber/alat/waktu/orang dapat dimanage sedemikian hingga mefektif dan efisian demi tercapainya tujuan, sedangkan Metode atau Tata Kerja lebih kepada bagaimana sumber-sumber/ waktu ini bekerja/ dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Ketiganya sama-sama penting, sehingga tidak mungkin dipisahkan satu sama lain.


Sumber : www.wikipedia.org, agnezkembaren.wordpress.com/

No comments:

Post a Comment