::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Monday, 3 October 2011

Jenis-Jenis Organisasi

Salah satu faktor penting dalam membentuk suatu organisasi adalah ditentukannya bentuk organisasi. Bentuk organisasi bisa bermacam-macam tergantung latar belakang dan tujuan pembentukan organisasi tersebut. Berikut adalah macam-macam organisasi berdasarkan tujuannya.

1. Organisasi Niaga
Organisasi Niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya adalah mencari keuntungan atau sering disebut sebagai organisasi Profit Oriented.
Macam-macamnya antara lain adalah:
1. Perseroan Ternatas (PT)
2. Perseroan Komanditer (CV)
3. Firma (FA)
4. Koperasi
5. Join ventura, dan lain-lain.
Organisasi ini biasanya bergerak di bidang perdangan, industri, dan jasa.

2. Organisasi Sosial
Organisasi Sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat yang bertujuan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Organisasi semacam ini biasanya disebut pula sebagai organisasi nonprofit, karena memang bukan untuk mencari keuntungan/ profit. Adapun jalur-jalut pembentukan organisasi sosial adalah:
1. Jalur Keagamaan
Organisasi ini berlatar belakang agama. Sehingga kegiatan yang disoroti adalah yang berhubungan dengan agama. Contohnya NU, Muhammadaiyah, dan lain-lain.
2. Jalur Profesi
Kadang kala golongan pekerjaan tertentu memerlukan satu wadah, baik untuk menjalin silaturahmi atau sebagai wadah penyampaian aspirasi. Organisasi ini akan memfokuskan pada kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan profesi mereka. Sebagai contoh adalah PGRI(Persatuan guru Republik Indonesia), Sarekat Pekerja dalam perusahaan-perusahaan, Perkumpulan Pengusaha Mebel, dan lain-lain.
3. Jalur Kepemudaan
Sesuai namanya, organisasi ini bergerak di bidang kepemudaan dan biasanya kepengurusannya adalah orang-orang muda. Misalnya adalah Indonesia Unite, atau di zaman kebangkitan nasional seperti Jong Java, Jong Celebes, Pemuda Pasundan, dan lain-lain.
4. Jalur Kemahasiswaan
Organisasi ini digawangi oleh mahasiswa dan tujuannya biasanya tidak jauh dari kepentingan mahasiswa. Contohnya BEM, Himpunan Mahasiswa Selluruh Indonesia, dan sebagainya.
5. Jalur Kepartaian & Kekaryaan


Selain kedua jenis organisasi ini, ada banyak lagi jenis-jenis organisasi berdasarkan latar belakang masalah yang berbeda. Misalnya berdasarkan wilayah, bisa dibagi menjadi organisasi lokal, nasional, regional, dan internasional.
1. Organisasi Lokal
Adalah organisasi yang cakupan wilayahnya ada di satu kawasan tertentu. Misalnya satu kabupaten, atau satu propinsi.
Contoh : PSSI cabang Semarang, PGRI Solo, Jong Java, dan lain-lain.

2. Organisasi Nasional
Adalah organisasi yang cakupan wilayahnya satu negara.
Contoh : PSSI, PGRI Pusat, Indonesia Unite, dan lain-lain.

3. Organisasi Regional
Adalah organisasi yang cakupan wilayahnya meliputi beberapa negara di satu wilayah regional tertentu. Misalnya ASEAN, Uni Eropa, Liga Arab, dan lain-lain.

4. Organisasi Internasional
Adalah organisasi yang cakupan wilayahnya meliputi semua negara di dunia. Contoh : PBB, OPEC, APEC, dan lain-lain.

Dan masih banyak lagi jenis-jenis organisasi lain dengan tujuan dan latar belakang yang lain.

Sumber : wikipedia.org, agnezkembaren.wordpress.com

No comments:

Post a Comment