Skip to main content

MAOISME VS MAHOISME

(Tulisan in hanya becandaan ya. peace!!)

Di dalam ilmu politik dan teori-teori kebangsaan ada yang dinamakan ideologi. Ideologi adalah paham yang dianut oleh seseorang atau sekelompok orang termasuk di dalamnya sebuah negara. Di dunia ada berbagai macam ideologi yang berkembang. Seperti ideologi Liberalisme/ Kapitalisme, Ideologi Sosialis, Ideologi Komunis, Ideologi Pancasila yang dianut oleh negara kita tercinta Indonesia, dan lain-lain.

Nah, pada tulisan ini, kita akan mencoba membandingkan dua ideologi yang dari namanya hampir mirip, namun pada kenyataanya memiliki ide dasar yang sangat berbeda. Kedua ideologi yang dimaksud adalah Ideologi MAOISME dan ideologi MAHOISME.

Ideologi MAOISME adalah bentuk turunan dari ideologi Komunisme yang berkembang di negara-negara sosialis seperti Uni Soviet (kini Rusia, dan negara-negara pecahannya), Cina, Korea Utara, Kuba, Vietnam, dan beberapa negara lain. Ideologi MAOISME ini sendiri dikemukakan oleh revolusioner Cina, Mao Zedong yang inti ajarannya adalah menggabungkan ideologi Komunisme (Marxisme (bukan Narxisme) dan Leninisme) dengan filsafat Tiongkok Cina. Hingga hari ini, ideologi masih digunakan di Cina, meskipun tidak murni lagi.

Berbeda dengan MAOISME yang telah berkembang puluhan tahun yang lalu, ideologi MAHOISME adalah sebuah ideologi baru. Ideologi ini lahir karena adanya fenomena ketertarikan antara dua species manusia yang berjenis kelamin sama, yaitu pria. Fenomena ini sebenarnya telah ada bahkan semenjak zaman Nabi Luth (bangsa Sodom). Namun begitu perkembangan menjadi sebuah ideologi, baru dikenal akhir-akhir ini. Tidak jelas siapa pencetus ideologi ini. Sampai saat ini belum begitu banyak orang yang mengikuti ideologi ini, namun begitu, ideologi ini dipandang cukup membahayakan, karena selain bertentangan dengan prinsip manusia normal, yang menyukai lawan jenis, ideologi ini juga bertentangan dengan ajaran agama, terutama Islam.

Dari penjabaran ini, dapat diambil kesimpulan bahwa, meskipun nama ideologi hampir identik, namun dasar dari kedua ideologi ini sangatlah berbeda. Salah satu yang menjadi kesamaan dari ideologi ini mungkin adalah kedua ideologi ini dilarang berkembang di Indonesia. Indonesia pernah memiliki masa lalu yang kelam dengan ideologi Komunisme dengan PKI (Partai Komunis Indonesia) nya, dan pada puncaknya pada peristiwa G30S-PKI. Tentu saja kita semua tidak ingin hal serupa terjadi lagi. Oleh sebab itu ada baiknya kita waspada terhadap perkembangan ideologi MAHOISME ini. Sekian.


Selamatkan Generasi Muda Bangsa Dari MAHOISME, Demi Indonesia Raya!!

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Organisasi

Salah satu faktor penting dalam membentuk suatu organisasi adalah ditentukannya bentuk organisasi. Bentuk organisasi bisa bermacam-macam tergantung latar belakang dan tujuan pembentukan organisasi tersebut. Berikut adalah macam-macam organisasi berdasarkan tujuannya.

1. Organisasi Niaga
Organisasi Niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya adalah mencari keuntungan atau sering disebut sebagai organisasi Profit Oriented.
Macam-macamnya antara lain adalah:
1. Perseroan Ternatas (PT)
2. Perseroan Komanditer (CV)
3. Firma (FA)
4. Koperasi
5. Join ventura, dan lain-lain.
Organisasi ini biasanya bergerak di bidang perdangan, industri, dan jasa.

2. Organisasi Sosial
Organisasi Sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat yang bertujuan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Organisasi semacam ini biasanya disebut pula sebagai organisasi nonprofit, karena memang bukan untuk mencari keuntungan/ profit. Adapun jalur-jalut pembentukan organisasi sosial adalah:
1. Jalur Keagamaan
Organ…

Sakit Gigi dan RSKGM UI

Sakit Gigi. Katanya, lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Buat gw, ga gitu juga sih. Alesannya simpel aja. Karena bagi jomblo menahun kayak gw, gw jarang sakit hati. Yang ada hanya sakit gigi.

    FYI, sakit gigi ini tambah sakit karena jatah pengobatan di kantor gw dicabut sejak Agustus lalu. Pun, gw juga berusaha segera cabut dari kantor gw, karena melihat gelagat yang ga beres, tapi sayang belum dapet-dapet. Huft.

    Sebenernya gw bisa pake BPJS, tapi melihat pengalaman temen-temen kantor gw yang pake layanan BPJS dan ga ada yang beres, akhirnya gw mengurungkan niat itu. Sebagai contoh, kemarin anak temen kantor gw sakit. Periksa ke klinik kantor yang merupakan PPK 1. Dikasih obat dengan dosis seadanya dan berakhir dengan seminggu ga sembuh juga. Akhirnya dirujuk ke PPK 2. Eh, pas ke PPK 2 katanya untuk layanan BPJS hari itu sudah tutup, dan harus balik lagi besok. Besoknya temen gw dateng lagi. Dapet sih, tapi setelah ngantri sekian lama. Bukan apa-apa, kasihan anaknya. …

Apply and Interview

Seorang teman SMP bertanya, atau tepatnya berkata, 'Lo harusnya udah pindah dari kerjaan lo. Lima tahun itu udah sangat lama. Kok lo betah sih?'. Pertanyaan ini mengusik gw. Pertama karena memang benar, sudah terlalu lama gw stay di satu perusahaan dan itu menjadikan gw minim pengalaman kerja. Dan yang kedua adalah karena yang berkata kayak gitu adalah temen yang gw respect dari dulu, Jacky. Sedikit overview tentang Jacky adalah dia salah satu temen gw yang antimainstream. Ketika dulu gw dan temen-temen pada sibuk belajar karena besok ujian, temen gw yang satu ini malah asik main game. Seakan ga peduli dengan sekolahnya. Tapi uniknya ketika ketemu dengan pelajaran atau topik yang dia suka, dia langsung jadi nomor satu, maju paling depan, dan bener-bener berbeda dari Jacky yang biasanya. Di jaman sekolah, ketika yang lain galau soal pacar (dia juga sih), dia udah punya bisnis sendiri. Dia punya Warnet dan Game Centre, dia buka toko komuter, dan ya, itu cukup membuat gw …