::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Monday, 23 May 2011

Kekuatan Harapan dan Impian

bagi yang suka serial anime One Piece pasti tidak asing dengan tokoh Luffi, si Kapten Bajak Laut Topi Jerami. Luffi adalah seorang remaja yang memiliki impian menjadi seorang Raja Bajak Laut. Ia terkenal karena memiliki impian dan harapan yang kuat. Secara kemampuan sebenarnya Luffi tidak terlalu spesial, bahkan ia sering kali kalah melawan musuh-musuhnya. Namun semangat, tekad, harapan, dan impiannya selalu menjadi senjata yang tak mudah dikalahkan. Pada tulisan ini saya cuplik kisah bagaimana ketika Luffi hendak menyelamatkan kakaknya, Portgas D Ace. Pada waktu itu, Ace ditangkap oleh Angkatan Laut, dan hendak dijatuhi hukuman mati beberapa hari lagi. Luffi yang mendengar hal itu, langsung bertekad untuk menyelamatkan Ace dari hukuman tersebut. Namun, ketidakwaspadaanya dan ketidakpeduliannya terhadap siapa musuh dan bagaimana medan, membuat ia harus mengakui kehebatan lawan-lawannya, terutama Magellan, Kepala Penjara yang memiliki kemampuan mengeluarkan racun dari tubuhnya. Karena kelelahan dan luka yang diderita sebelumnya, Luffi akhirnya terkena racun Magellan di sekujur tubuhnya yang membuatnya akan mati dalam beberapa saat lagi. Ia sudah tak kuat melawan, bahkan tubuhnya pun sudah tak berbentuk, ketika Evario Ivankov, yeng memiliki kekuatan hormon menolongnya. Ivankov mengatakan bahwa kemungkinan Luffi terselamatkan adalah 0,001 %, karena racun sudah sangat sulit dilawan oleh hormon antibodi Luffi. Ivankov hanya bisa membantu dengan menciptakan dan memperbanyak hormon-hormon penyembuhan tersebut, namun itu tidak akan bekerja apabila Luffi tidak memiliki semangat untuk hidup. Di luar dugaan, semangat dan tekad Luffi untuk menyelamatkan saudaranya telah mengalahkan penyakitnya, Dan akhirnya Luffi pun selamat dari kematian. Namun begitu, keadaan Luffi tak mungkin bisa bertarung lagi selama paling tidak sebulan, untuk pemulihan keadaan. Namun Luffi tidak peduli dengan keadaanya, ia hanya peduli bagaimana menyelamatkan Ace. Dan akhirnya, dengan tekad dan harapan itu, Luffi masih tetap dapat bertarung, bahkan melawan Admiral tertinggi Angkatan Laut, Kizaru dan Aokiji yang kekuatannya jauh di atas Luffi. Namun, dengan kekuatan harapan nya, Luffi berhasil membebaskan Ace, walau pada akhirnya Ace harus mati di tangan Aokiji demi menyelamatkan Luffi, yang sudah benar-benar tidak bisa bertarung lagi.

Nah, dari kisah ini memberi kita pelajaran bagaimana seseorang dengan harapan dan tekad yang kuat, dapat bertahan bahkan melawan kematiannya. Seberapa penting harapan dan impian itu? saya katakan, harapan dan impian adalah salah satu kekuatan terbesar yang dianugerahkan Tuhan kepada manusia. Dengan harapan dan impian, manusia akan memiliki semangat untuk melakukan sesuatu, dengan impian seseorang akan terpicu untuk mencapai impiannya tersebut. Contoh nyata dari besarnya harapan ini adalah bagaiman Ibunda dari Prita, mengumpulkan uang demi koin untuk anaknya yang harus menjalani cangkok hati di usia balita. Ibunda Prita tidak menyerah dengan keadaan tersebut, ia terus mancari dana untuk operasi putrinya tersebut. Dan harapan itu akhirnya terkabul lewat gerakan Koin Untuk Prita. Dengan semangat dan harapan yang tinggi, Ibunda Prita menyuarakan harapan dan bantuanny dari masyarakat luas agar bersedia membantu Prita. Dan semnagat inilah yang kemudian menjadi kekuatan yang bisa menyentuh hati setiap orang yang peduli. Dan Tuhan menjawan harapan dan kerja keras Ibunda Prita.

Kisah lain digambarkan oleh Ikal, Arai, dan jimbron dalam novel Sang Pemimpi. Bagaimana ketiga bocah itu berjuang demi mimpinya untuk belajar di Perancis, sementara ekonomi mereka morat-marit. Namun sekali lagi Tuhan menjawab impian dan harapan mereka, dengan kerja keras akhirnya Ikal dan Arai dapat kuliah di Universitas Sorbone, Paris, Perancis. Belum lagi kisah nyata dari seorang Oprah Winfrey yang berjuang dari kemiskinan dan akhirnya menjadi salah satu wanita terhebat di Amerika, bagaimana JK Rowling berjuang dari ekonomi dan kehidupannya yang kocar-kacir menjadi salah satu penulis paling terkenal di seluruh dunia, yang tulisannya telah beredar di seluruh dunia.

Tentu saja harapan dan impian hanyalah sebuah target. Dan tidak akan pernah tercapai tanpa usaha dan kerja keras. Ikal dan Arai tidak akan sampai di Sorbone, jika mereka hanya bermimpi tentang Sorbone tanpa ada usaha dan belajar dengan keras. Luffi juga tidak akan bisa menjadi seorang Raja Bajak Laut, jika tidak berusaha dan berlatih dengan keras. Sebaliknya, orang yang hanya bekerja keras tanpa memiliki impian, hidupnya akan hambar, dan bekerja hanya akan menjadi beban. Tidak akan ada tantangan, dan hidup macam apakah yang tidak ada tantangannya?? Untuk itulah, mimpi, harapan, dan cita-cita harus disandingkan dengan usaha dan kerja keras.

Di akhir tulisan ini, saya akan mengutip qoute dari Doni Dirgantoro, dalam novelnya 5 Cm
"Setiap kamu punya mimpi atau keinginan atau cita-cita, kamu taruh di sini, di depan kening kamu, jangan menempel, biarkan dia MENGGANTUNG, MENGAMBANG 5 cm di depan kening kamu jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu"

"Kemudian yang kamu perlukan hanyalah kaki yang akan melangkah lebih jauh, tangan yang akan berbuat lebih banyak, mata yang akan melihat lebih lama, leher yang akan lebih sering mendongak, tekad yang setebal baja, dan hati yang akan bekerja lebih keras serta mulut yang selalu berdoa."

No comments:

Post a Comment