::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Wednesday, 13 November 2013

Tugas 2 Pengantar Telematika

1. Jelaskan tentang perkembangan jaringan komputer sebagai sarana yang digunakan dalam proses telematika baik yang menggunakan kabel maupun yang tanpa kabel!
2. Apa keuntungan dan kerugian:
    a. Teknologi peer-to-peer
    b. Teknologi client-server
Berikan contoh komunikasi baik yang peer to peer maupun yang client-server!
3. Jelaskan menurut pendapat masing-masing tentang perkembangan teknologi wireless yang meliputi hardware, sistem operasi dan program aplikasi yang digunakan pada perangkat wireless!

=================================================================

Jawaban
=================================================================

1.
Perkembangan dunia telematika sekarang ini tidak bisa dipisahkan dengan perkembangan dunia jaringan komputer. Sejak ditemukannya konsep Jaringan Komputer, penyebaran informasi dan hubungan telekomunikasi menjadi semakin mudah, efektif, dan efisien. Pada awalnya, teknologi jaringan komputer digunakan oleh dunia militer Amerika. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.

Melihat besarnya manfaat yang diperoleh dan potensi pengembangannya, selanjutnya konsep ini dikembangkan lagi hingga muncullah konsep website. Adalah  Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee dari European Laboratory for Particle Physics (CERN) yang mengusulkan untuk dibuat protokol khusus yang memungkinkan untuk pertukaran informasi antar jaringan komputer di seluruh dunia.

Sejak saat itulah, pertukaran data dan informasi menjadi semakin mudah. Melalui internet dan website, semua orang yang terkoneksi dengan internet bisa saling berkomunikasi dan menemukan segala informasi yang mereka butuhkan. Namun begitu, tetap saja ada kendalanya, yaitu bagaimana apabila seseorang tinggal di daerah yang sulit dijangkau oleh jaringan komputer (via kabel).

Seiring dengan perkembangan dunia telematika, dunia jaringan komputer juga terus berkembang dengan menghadirkan teknologi jaringan tanpa kabel atau wireless. Konsep ini sebenarnya adalah pengembangan dari teknologi wireless yang ada terlebih dahulu  seperti teknologi infrared dan bluetooth. Maka, dengan ditemukannya teknologi jaringan wireless ini, kendala daerah yang sulit dijangkau dengan kabel pun teratasi. Komunikasi dan penyebaran informasi bisa berjalan.

Kebutuhan akan informasi dan komunikasi terus berkembang. Jika jaringan komputer hanya bisa digunakan untuk bertukar data saja, sedangkan device telekomunikasi lain, telepon, hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi melalui suara saja, maka selanjutnya muncullah konsep untuk menggabungkan dua teknologi ini ke dalam satu media, yaitu Handphone. Handphone bisa menangangi baik komunikasi melalui suara maupun data (SMS). Konsep penggabungan ini dikenal dengan Generasi 2G. Selanjutnya, konsep ini terus berkembang seiring dengan perkembangan jaringan internet dunia, menjadi 3G, yang mampu menangani pertukaran data tingkat tinggi, termasuk live video over internet. Hingga saat ini, muncullah teknologi Smartphone yang merupakan perkembangan terkini dari teknologi handphone dan internet. Dengan adanya smartphone, komunikasi dan pertukaran informasi menjadi jauh lebih mudah. Seseorang hanya perlu menggerakkan jari-jemarinya untuk berkomunikasi dengan orang lain di negara yang berbeda, atau mendapatkan informasi apa saja dan dari mana saja.


2.
a. Teknologi Peer to Peer
Keuntungan     :
- Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
- Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu komputer/peer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.

Kerugian     :
- Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation.
- Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client- server, karena setiap komputer/peer di samping harus mengelola emakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
- Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user dengan mengatur masing-masing fasilitas yang dimiliki.
- Karena data jaringan tersebar di masing-masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing- masing komputer tersebut. Selain juga, integrasi data menjadi sulit dilakukan.

Contoh         :
- Penggunaan teknologi bluetooth atau infrared antar komputer/device.
- Sharing file antar komputer.


b. Teknologi CLient-Server
Keuntungan     :
- Client-server mampu menciptakan aturan dan kewajiban komputasi secara terdistribusi.
- Mudah dalam maintenance. Memungkinkan untuk mengganti, memperbaiki server tanpa mengganggu client.
- Tempat penyimpanan terpusat, update dan integrasi data mudah.
- Mendukung banyak clients berbeda dan kemampuan yang berbeda pula.

Kerugian    :
- Kelangsungan jaringan bergantung pada server, bila jaringan pada server terganggu, maka semua akan ikut terganggu.
- Biaya operasional relatif lebih mahal.
- Memerlukan sebuah komputer yang memiliki kemampuan yang sangat baik yang akan dijadikan sebagai Server.

Contoh        :
- Internet (Server adalah layanan seperti Web Server, Mail Server, FTP Server, dll. Sedangkan Clientnya adalah semua pengguna internet.
- Jaringan perbankan, komunikasi antara komputer Server di Pusat dan client di Cabang dan pengguna.


3. Perkembangan Dunia Wireless.
a.     Hardware
       Teknologi wireless pada dasarnya adalah teknologi yang berkaitan dengan hardware, karena wireless adalah sarana pengganti wired. Perkembangan teknologi wireless dibedakan berdasar speed/kecepatan transfer data, seperti berikut ini :
-      802.11
802.11 hanya mendukung kecepatan bandwidth jaringan maksimum 2 Mbps yang terlalu lambat untuk sebagian besar aplikasi. Untuk alasan ini, dengan itu produk 802.11 jenis ini tidak lagi diproduksi.

-      802.11a
Standar wireless network dengan maksimum data transfer rate 54 Mbps dan bekerja pada frekuensi 5 GHz. Karena 802.11a dan 802.11b menggunakan frekuensi yang berbeda, kedua teknologi tidak kompatibel satu sama lain. Kelebihan dari 802.11a adalah kecepatan maksimum atau terbilang cepat, frekuensi yang diatur untuk mencegah interferensi sinyal dari perangkat lain.
Sedangkan kekurangannya meliputi harga mahal; jangkauan sinyal lebih pendek dan lebih mudah terhambat.

-       802.11b
802.11b menggunakan frekuensi radio di 2,4 GHz sebagai standar 802.11 yang asli dan mempunyai  maksimum data transfer rate 11 Mbps. Vendor sering lebih suka menggunakan frekuensi ini untuk menurunkan biaya produksi mereka. Kelebihan 802.11b : harga murah; jangkauan sinyal yang baik dan tidak mudah terhalang. Kekurangan 802.11.b : kecepatan maksimum paling lambat

-      802.11g
Di tahun 2002 dan 2003, Produk wireless sudah mulai support standar wireless 802.11g.  Standar wireless network dengan maksimum data transfer rate 54 Mbps dan bekerja pada frekuensi 2,4 GHz.  802.11g menggabungkan teknologi 802.11a dan 802.11b, 802.11g kompatibel dengan 802.11b, yang berarti jalur akses 802.11g bekerja dengan perangkat jaringan nirkabel 802.11b dan sebaliknya. Kelebihan 802.11.g : kecepatan maksimum atau terbilang cepat, frekuensi yang diatur untuk mencegah interferensi sinyal dari perangkat lain. Kekurangan 802.11.g : harga lebih mahal dari perangkat wireless 802.11b.

-       802.11n
Standar IEEE terbaru dalam kategori Wi-Fi adalah 802.11n. Ini dirancang untuk memperbaiki 802.11g dalam meningkatkan kecepatan bandwidth yang didukung dengan memanfaatkan beberapa sinyal nirkabel dan antena (disebut teknologi MIMO). Ketika standar ini selesai, koneksi 802.11n mendukung kecepatan data lebih dari 100 Mbps. 802.11n juga menawarkan jangkauan yang lebih baik karena intensitas sinyal yang meningkat. Kelebihan 802.11n : kecepatan tercepat dan jangkauan sinyal terbaik, lebih tahan terhadap gangguan sinyal dari perangkat lain. Kekurangan 802.11n : Harga lebih mahal, 802.11n menggunakan beberapa sinyal yang mungkin mengganggu 802.11b terdekat / jaringan berbasis g.


b.     Sistem Operasi
    Seperti telah dijelaskan sebelumnya, teknologi wireless adalah teknologi hardware pengganti kabel, sehingga sebenarnya tidak masalah sofware/sistem operasi apa yang digunakan, asalkan bisa berkomunikasi dengan jaringan kabel, maka seharusnya komputer juga akan bisa berkomunikasi dengan menggunakan jaringan wireless. Akant tetapi mungkin perlu ada penambahan driver atau service yang berfungsi untuk komunikasi antar sistem operasi dan hardware saja.


c.     Aplikasi
    Agak berbeda dengan sistem operasi, perkembangan teknologi wireless yang memungkinkan user untuk menggunakan device nya dimana saja, memberikan dampak sosial dan psikologis kepada si user, sehingga aplikasi harus mengikuti kemauan dari user. Misalnya, dengan semakin maraknya penggunaan smartphone saat ini, maka aplikasi-aplikasi yang adapun harus mengikuti karakteristik smartphone, terutama dalam hal tampilan. Tidak mungkin aplikasi smarphone disamakan dengan aplikasi komputer dekstop, dikarenakan perbedaan hardware dan fungsi.

No comments:

Post a Comment