::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Monday, 2 December 2013

Never be No 1

    Kalo ga salah, gw dulu pernah ngomong (dan pernah posting) bahwa 'gw bisa melakukan apapun, tapi ga pernah bisa fokus di satu hal sampe bener-bener master'. Dan well, beberapa hari ini kalimat itu menghantui gw lagi.

    Gw inget dulu waktu sekolah. Gw adalah orang yang hampir bisa di semua mata pelajaran, tapi hampir ga pernah jadi yang no 1 di mata pelajaran tertentu. Hasilnya, gw jarang banget ikut lomba yang hanya fokus pada pelajaran tertentu. Kenapa? Karena gw emang bisa, tapi ga pernah jadi yang no 1.

    Dan yeah, sampe sekarang gw udah lumutan gini, hal kayak gitu masih juga terjadi sama gw. Di kantor misalnya. Ato lebih luas lagi di bidang kerjaan gw, dunia komputer dan khusunya pemrograman. Gw bisa Delphi, karena emang tiap hari gw mantengin Delphi. Tapi apakah gw menguasai Delphi? I'll say not. Masih banyak hal lain yang gw ga bisa lakukan dengan Delphi. Gw juga bisa VB, tapi ya gitu2 aja. Gw bisa PHP, tapi ya cuman perintah standar doank. Gw bisa jaringan, itupun mentok cuman pada yang diajarin waktu sekolah dulu. Yup, hampir gw bisa di semua bidang, tapi ga ada yang bener-bener bisa. Sekedar.bisa.doank.

    Dan parahnya lagi, gw adalah tipe orang yang gampang bosen dan pengen doing what's new. Gw masih inget di awal tahun kemarin, resolusi gw adalah pengen punya buku sendiri. Itu karena beberapa bulan sebelumnya gw berhasil menang lomba nulis cerpen yang diadain Gradien. Tapi, seperti yang kalian tahu lah, gw cuman nongkrong di urutan ketiga. Not No 1. Apakah sebelumnya gw pernah nulis-nulis buat media atau ikutan lomba serupa? Jawabannya engga. Waktu itu gw cuman tertarik pengen ikutan, baca-baca, nulis, kirimin naskah, dan voila, dapet urutan tiga. Yang dipikirin gw waktu itu cuman satu, gw bisa, dan gw bakal tekunin dunia penulisan.

    Tapi waktu berlalu, dan gw tertarik sama sepeda. Bulan Maret gw jalan ama temen gw ke Semarang naik sepeda. Otomatis, fokus gw di buku musnah. Saat itupun yang ada di list prioritas gw bukan lagi di buku, tapi bisa sepedaan lebih jauh lagi, lebih jauh lagi. Well, bukannya sombong, tapi ga banyak orang yang bisa sepedaan Jakarta-Semarang. Tapi ada juga yang bahkan bisa sepedaan Jakarta - Bali, bahkan dari Sabang - Merauke. Dan yow know what, gw bukan yang No 1.

    Bulan Juni, gw masih inget banget, rencana buat sepedaan ke Surabaya gagal. Gw kecewa berat waktu itu. Tapi ga lama kemudian "Lari" lagi ngetren. Dan seperti yang bisa ditebak, gw masuk dunia lari. Sebagai seorang nubi di komunitas, pencapaian gw termasuk lumayan. Gw salah satu yang bisa lari kenceng di komunitas. No 4,5,6 lah. Dan setelah hampir lima bulan gw lari, gw masih di urutan itu-itu aja. Ga jelek sih, tapi juga ga bisa jadi yang No 1.

    Di sela-sela itu gw juga belajar ngafal Quran. Berkat dorongan dan bimbingan dari temen baik gw, Pakdhe, sampe hari ini gw udah lewat satu juz. Tapi kalo lo liat di luar sana, berapa banyak yang udah apal 2,3,4 juz, bahkan satu Al Quran full. Dan jelas, jalan gw masih sangaaat panjang buat jadi yang No 1.

    Apalagi? Kuliah gw? Gw udah lama ga fokus sama kuliah, jadi gw udah agak-agak ga minat ngejar No 1. Hehe.

    Oya, akhir-akhir ini gw juga lagi mau nyoba hal baru lagi, backpacker. Baru dua kali sih backpackeran, yang pertama ke Sawarna dan yang kedua Temple Tour ke Jogja. Lumayan seru, tapi ga mungkin gw ngelist ini di skala prioritas gw. Selain dana yang tipis, waktu gw juga udah abis buat kerja dan kuliah.

    Well, pada akhirnya gw cuman bisa menyimpulkan bahwa gw mentok hampir di semua bidang. Kemarin, temen juga nawarin project gitu, bikin web. Dan gara-gara mentok, gw akhirnya bilang engga. Tapi apakah sebenernya gw bisa? Mungkin. Tapi melihat ilmu gw di dunia web yang mentok, gw jadi takut ngambil kesempatan kayak gitu.

    Gw kadang males sama diri gw sendiri yang ga bisa fokus sama satu hal kayak gini. Tapi ketika gw mau fokus pada satu bidang aja, nulis misalnya. Bisa diitung deh berapa hari gw bisa bertahan di dunia itu. Bosen. And don't know lah what will happen with me tomorrow dengan keadaan gw yang kayak gini.. huft.

No comments:

Post a Comment