Skip to main content

Trail Run Gunung Pancar, Sentul

    Akhirnya, setelah menunggu sekian lama, Grup Lari gw, Derby, ngadain Trail Run lagi. Yeahhh... Kali ini kita menyambangi Gunung Pancar, di kawasan Sentul, Bogor. Well, trail run kali ini jauh lebih rame daripada Trail Run pertama kita di Gunung Bunder. Dan juga ga banyak yang gw kenal. Hehe. Anggota Derby sudah terlalu banyak dan otak gw udah ga mampu menyimpan semua data temen-temen. Maafkan aku teman-teman. T_T

    Trail Run diawali dengan ngumpul di basecamp kita kalo mau pergi jauh, yaitu SPBU Margonda. Layaknya orang Indonesia lah, kita telat 30 menit, dari jadwal berangkat jam 5 teng jadi jam 5.30 tung. Memasuki kawasan Sentul, seperti memasuki dunia lain. Sentul tak seperti Sentul biasanya. Yah, Sentul sepi sekali. Seperti tidak ada kehidupan. Baru pas memasuki kawasan kaki gunung, kehidupan mulai nampak. Anak-anak berangkat sekolah, emak-emak ngejemur pakaian, dan bapak-bapak yang pada asik ngopi. Tsah..

    Well, awalnya gw ragu kalo Trail Run ini bakal seru dan menantang. Secara pas sampai di kaki gunung, ga keliatan poon-poon yang sewajarnya ada di gunung. Terkesan gersang. Beda banget sama pas di gunung bunder kemarin. Jauh. Tapi ternyata, emang bukan itu yang ditawarkan gunung pancar, melainkan trek yang stres. Sudut kemiringannya bener-bener gila. 45 derajat mungkin. Yang jelas, baru lari sekecrit, kaki udah ngeluh capek. Ditambah jalur trek yang banyakan tanah, sukses bikin sepatu kita jadi seragam pramuka. Coklat semua.

    Gw sendiri lari bareng Om Agi dan Dery di barisan terdepan. Gila tu orang. Dengan sudut kemiringan kayak gitu, mereka masih kuat lari lumayan jauh dan lama. Sementara gw banyakan jalannya daripada larinya. Lari 5 menit jalan 10 menit. Haha. Tapi dengan semangat membara gw tetep berusaha ngimbangin mereka. Kekejar sih, tapi napas gw yang ga ngejar. Hemmm...

    Trek dari bawah sampai pos pemberhentian pertama (lebih dikenal dengan nama pondok pemburu. Jangan tanya kenapa dinamain gitu) bener-bener bikin males. Gw masih ga ngeliat esensi sebuah gunung yang selama ini gw bayangin. Ga ada poon. Gersang. Cuma nanjaknya aja yang masih ngeyakininn gw kalo ini gunung.

    Dari pondok pemburu, setengah dari anggota berhenti sampai disitu, dan sisanya lanjut naik ke puncak. Wajar sih, karena nanjaknya bener-bener gila. Nah, dari situ tu tanda-tanda sebuah gunung mule keliatan. Ya, akhirnya gw nemu banyak poon, beberapa air terjun kecil, dan aliran sungai. Ada beberapa spot yang menarik di trek kedua ini. Salah satunya adalah lo bisa liat pemandangan ke arah bawah yang lumayan cakep. Hamparan hijau, bukit-bukit kecil yang diselimuti kabut tipis, cakep.



    Kita bertiga adalah yang pertama nyampe puncak (gw yang terakhir). Well, ini yang bikin agak-agak kecewa. Ga ada apa-apa di puncak gunung. Beda banget senesasinya pas kita trail run di gunung bunder, dimana di puncak gunung ada kawah yang keren. Disini? No.

    Setelah semua anak nyampe di puncak, kita langsung turun lagi. Karena emang ga ada yang bisa dinikmatin di puncak, dan waktu udah lumayan siang. Gw sama Dery duluan turun ke bawah, menuju Pondok Pemburu. Bukan apa-apa sih, semata-mata karena kita laper berat dan pengen segera turun dan makan (makan dan segala macem kita tinggal di Pondok Pemburu). Awalnya gw sama Dery bareng, tapi ga lama kemudian Dery udah ngilang. Pas nyampe bawah dan gw konfirmasi, ternyata tingkat kelaparan sebanding dengan kecepatan turun gunung. Tingkat kelaparan doi lebih ganas dari gw. Haha.

    Perut kenyang, hujanpun datang. Yup, pas kita mau turun ke bawah, tiba-tiba ujan. Beberapa ada yang mukanya asem, dan milih nunggu sampe reda, sebagian malah girang, karena trail run sambil ujan-ujanan akan terlihat lebih macho. And you know what i do lah, gw ikutan rombongan orang-orang ga macho yang ingin terlihat macho. Hehe.

    Well, meskipun secara lokasi trail run kali ini kurang maknyus buat gw, tapi treknya lumayan. Sudut kemiringan yang ekstrim bener-bener ngelatih kaki buat lari di tanjakan. Sekian.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Organisasi

Salah satu faktor penting dalam membentuk suatu organisasi adalah ditentukannya bentuk organisasi. Bentuk organisasi bisa bermacam-macam tergantung latar belakang dan tujuan pembentukan organisasi tersebut. Berikut adalah macam-macam organisasi berdasarkan tujuannya.

1. Organisasi Niaga
Organisasi Niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya adalah mencari keuntungan atau sering disebut sebagai organisasi Profit Oriented.
Macam-macamnya antara lain adalah:
1. Perseroan Ternatas (PT)
2. Perseroan Komanditer (CV)
3. Firma (FA)
4. Koperasi
5. Join ventura, dan lain-lain.
Organisasi ini biasanya bergerak di bidang perdangan, industri, dan jasa.

2. Organisasi Sosial
Organisasi Sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat yang bertujuan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Organisasi semacam ini biasanya disebut pula sebagai organisasi nonprofit, karena memang bukan untuk mencari keuntungan/ profit. Adapun jalur-jalut pembentukan organisasi sosial adalah:
1. Jalur Keagamaan
Organ…

Sakit Gigi dan RSKGM UI

Sakit Gigi. Katanya, lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Buat gw, ga gitu juga sih. Alesannya simpel aja. Karena bagi jomblo menahun kayak gw, gw jarang sakit hati. Yang ada hanya sakit gigi.

    FYI, sakit gigi ini tambah sakit karena jatah pengobatan di kantor gw dicabut sejak Agustus lalu. Pun, gw juga berusaha segera cabut dari kantor gw, karena melihat gelagat yang ga beres, tapi sayang belum dapet-dapet. Huft.

    Sebenernya gw bisa pake BPJS, tapi melihat pengalaman temen-temen kantor gw yang pake layanan BPJS dan ga ada yang beres, akhirnya gw mengurungkan niat itu. Sebagai contoh, kemarin anak temen kantor gw sakit. Periksa ke klinik kantor yang merupakan PPK 1. Dikasih obat dengan dosis seadanya dan berakhir dengan seminggu ga sembuh juga. Akhirnya dirujuk ke PPK 2. Eh, pas ke PPK 2 katanya untuk layanan BPJS hari itu sudah tutup, dan harus balik lagi besok. Besoknya temen gw dateng lagi. Dapet sih, tapi setelah ngantri sekian lama. Bukan apa-apa, kasihan anaknya. …

Apply and Interview

Seorang teman SMP bertanya, atau tepatnya berkata, 'Lo harusnya udah pindah dari kerjaan lo. Lima tahun itu udah sangat lama. Kok lo betah sih?'. Pertanyaan ini mengusik gw. Pertama karena memang benar, sudah terlalu lama gw stay di satu perusahaan dan itu menjadikan gw minim pengalaman kerja. Dan yang kedua adalah karena yang berkata kayak gitu adalah temen yang gw respect dari dulu, Jacky. Sedikit overview tentang Jacky adalah dia salah satu temen gw yang antimainstream. Ketika dulu gw dan temen-temen pada sibuk belajar karena besok ujian, temen gw yang satu ini malah asik main game. Seakan ga peduli dengan sekolahnya. Tapi uniknya ketika ketemu dengan pelajaran atau topik yang dia suka, dia langsung jadi nomor satu, maju paling depan, dan bener-bener berbeda dari Jacky yang biasanya. Di jaman sekolah, ketika yang lain galau soal pacar (dia juga sih), dia udah punya bisnis sendiri. Dia punya Warnet dan Game Centre, dia buka toko komuter, dan ya, itu cukup membuat gw …