::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Wednesday, 19 February 2014

Tips Sehat ala 'ramundro'

    Beberapa hari yang lalu sewaktu pulang kantor, temen gw ada yang nanya. "Lo sepedaan cuman pake kaos kutang gitu, ga masuk angin emang?". Dengan singkat dan polos, gw jawab "Engga, insya Allah". Dari sinar matanya gw tahu doi jengkel karena gw ngejawab pertanyaannya terlalu singkat. Kata dia, "Gw aja kalo naik motor, udah lengkap pake jaket, pelindung dada, masker, helm, sarung tangan, segala macem tetep aja masuk angin". Dan dengan polos lagi gw jawab, "Masalahnya lo naik motor!". Hening.... Masih hening... "Terus lo biasanya kalo sakit, masuk angin, ato apa gitu, karena apa?". "Semenjak sepedaan gw belum pernah sakit, masuk angin, atau apa". Hening lagi... Masih hening... Gw tahu temen gw ini kehabisan bahan pertanyaan dan pembicaraan karena dari tadi jawaban gw gitu-gitu aja. Hehe. Kasian sama temen gw, akhirnya gw ngomong agak panjang. "Jadi biasanya kalo badan mule ga enak, biasanya karena gw kecapekan. Tapi gw tahu kemampuan tubuh gw, sehingga gw tahu kapan harus istirahat, kapan bisa lanjut jalan", hening sejenak, "Kalo gw sih kuncinya cuman tiga: badan anget, tidur, makan kenyang". Temen gw manggut-manggut. Gw tinggal pulang. Hehe.

    Well, kalo gw pikir-pikir lagi (kemarin-kemarin gw ga mikir), dalam dua bulan cuaca ekstrim belakangan ini, dari 7 makhluk di ruangan gw, cuman gw doang yang belum pernah ijin sakit. Padahal kalo diliat kasat mata, gw harusnya yang paling berpotensi sakit. Liat aja, dari tujuh orang temen gw itu, tiga orang naik mobil, tiga orang naik motor, dan seorang gw naik onta, maksud gw sepeda. Hehe. And you know gimana dari bulan desember tahun lalu cuaca sama sekali ga berperi kecuacaan. Pagi ujan, siang ujan, sore ujan. Berangkat kantor keujanan, di kantor keujanan (bias : antara kantor bocor ato hujan lokal karena kena semprot si bos), pulang kantor ujan-ujanan lagi. Dan selama itu pula gw tetep setia sepedaan menerjang ujan dan jalanan becek ibukota #tsah. Tapi faktanya, malah gw yang selalu sehat. Ahahai.

    Nah, bagi yang penasaran, apa sih rahasia gw biar selalu fit? Jangan lewatkan postingan ramundro.blogspot.com minggu depan ya. Hehe.

    Beberapa tips dan fakta, kenapa gw selalu fit di cuaca ekstrim kayak gini adalah :
1. Keep moving.
Yup, terus gerak. Faktanya adalah 5 hari dalam seminggu gw sepedaan minimal 2 jam sehari, lari minimal sekali seminggu selama 1 jam, kemana-mana sepedaan/jalan kaki (karena ga ada motor/mobil. Hehe), dan keep-keep moving lainnya lah (termasuk ngupil pas tidur). Kenapa keep moving bisa ngejaga kondisi tubuh? Gw sendiri juga ga tau. Tapi dari ilmu sok tahu gw sih, dengan terus gerak, suhu tubuh lo akan tetep anget dan virus penyakit ga seneng dengan suhu anget/panas (gw dapet ilmu ini dari baca buku anak di gramedia). Terus dengan keep moving, ketika tubuh lo panas, tubuh akan ngeluarin keringet sebagai wujud kepeduliannya untuk mengembalikan suhu tubuh ke suhu normal. Nah, sekalian dengan keringet itu tubuh ngeluarin racun yang ada di dalam tubuh. Keren kan? Haha.


2. Jaga kaki tetap hangat dan kepala tetap dingin.
Tips ini gw dapet beberapa tahun lalu dari baca artikel di internet. Ini hubungannya masih dengan suhu tubuh. Kenapa harus ngejaga kaki tetap hangat? Kenapa bukan ketek? Gw sendiri awalnya ga percaya, tapi setelah gw buktiin, ini teori bener adanya. Sumber dingin utama tubuh ada di telapak kaki, disusul telapak tangan. Itu kenapa kalo orang kedinginan, suka gosok-gosok kedua telapak tangannya (gw merasa aneh dengan pilihan kata gw 'gosok-gosok', tapi ga tau pake kata apa biar ga aneh. any help?). Kenapa bukan telapak kaki? Jawabnya simpel, susah. Hehe. Nah, untuk menjaga tubuh tetep anget, salah satu caranya adalah dengan menutup pintu masuk dingin yang ada di telapak kaki. Lo bisa pake kaos kaki ato ngecelup kaki lo di aspal panas. Canda, hehe. Sementara untuk ngejaga kepala lo tetep dingin, caranya gampang. Jangan dipake buat mikir. Kesukaan gw tu. Hehe.

3. Mandi
Kalo lo abis ujan-ujanan, langsung mandi. Kalo lo abis olahraga, mandi (setelah keringetnya ilang). Kalo lo abis hadats besar, langsung mandi. Jangan ditunda-tunda. Fatal akibatnya. Mandi berfungsi untuk ngebersihin badan dari bakteri dan virus yang nempel di tubuh, dan sekali lagi, mengembalikan tubuh ke suhu normal.

4. Makan
Gw bukan orang yang suka makan (makan besar maksudnya, kalol ngemil gw doyan), tapi kalo udah berhubungan sama kondisi tubuh dan kesehatan (dan bertahan hidup), gw makan. Seenggaknya, seminimal-minimalnya gw pasti makan dua kali sehari. Dan bisa ditambah sesuai kondisi tubuh dan mood. Yang perlu diperhatikan adalah perhatikan makanannya dan perut lo. Jangan makan-makanan yang bisa ngerusak tubuh lo, nasi basi, junk food, msg, dll. Dan jangan makan sampe perut lo gede alias kekenyangan. Gw sendiri bukan anti sama junk food, gorengan, dll, atau minuman yang aneh-aneh kayak soda, kopi, dll. Cuman pas mau mengkonsumsi makanan/minuman kayak gitu, entah kenapa gw langsung keinget sama tubuh gw. Gw ga rela tubuh gw dialiri kopi atau soda.

5. Tidur
Kenapa ga gw sebut istirahat? Karena duduk-duduk aja juga istirahat. Dan kalo gw kecapekan dan gw cuman duduk-duduk aja, biasanya gw masih tetep ngerasa capek. Capek baru ilang biasanya setelah kita tidur. Tapi yang perlu diinget adalah jangan kebanyakan tidur. Lima atau maksimal enam jam sehari sudah sangat cukup. Dan jam tidur, jangan tidur di atas jam 12 malem. Kenapa? Kita bahas lain kali, panjang ceritanya. Hehe.

6. Usahakan jangan terlalu bergantung pada obat-obatan/dokter
Kenapa? Karena kalo lo lagi ga punya duit, susah. Sekarang sekali ke dokter minimal kudu ngeluarin duit 50rb men. Dan itu belum termasuk obatnya. Hehe. Tapi bukan itu alasan utamanya. Kalo lo pernah denger, untuk melawan suatu penyakit, para ahli obat akan melakukan :
- memasukkan penyakit yang sama, yang sedikit lebih garang, dalam dosis aman, dengan tujuan supaya mereka saling bunuh. Kalo penyakit baik menang, kita sembuh. Kalo penyakit jahat menang, kita tambah sakit.
- memasukkan predator lain. Kondisinya sama kayak poin di atas.
- cara lain (cari sendiri. hehe)

Kalo yang dilakukan adalah cara satu, maka sebenarnya "obat" yang kita minum adalah penyakit juga, meskipun dalam tahap aman. Efek sampingnya adalah antibodi kita akan beradaptasi dengan "penyakit aman" tersebut, dan akhirnya ketika kita diserang penyakit yang sama antibodi kita sudah tidak menganggapnya sebagai bahaya. Satu-satunya cara adalah dengan memasukkan lagi "penyakit yang sedikit lebih kuat" dalam bentuk obat tadi. Begitu seterusnya, sampe akhirnya antibodi kita mati rasa dan kita kecanduan obat. Padahal harga obat makan mahal. Akhirnya ga bisa beli obat, dan yups, kita kalah.

Dan gw ga mau kayak gitu, kecuali kepaksa banget. Makanya udah setahun lebih dari sekarang, kalo badan kurang fit, mending gw melakukan 5 hal yang udah gw bahas tadi, dan menghindari dokter/obat sebisa mungkin.

    Well, gitu aja kali ya posting gw kali ini. Semoga tidak bermanfaat

Note :
- Tips-tips di atas subyektif gw ya. Kalo teori gw salah dan ada teori yang lebih bener, bisa lah di share. Gw bukan sarjana kedokteran atau ahli gizi ini, jadi ga paham beginian. Tulisan ini gw tulis semata-mata dari pengalaman gw selama ini dan kesotoian gw aja.

1 comment: