Skip to main content

Tugas 1 - Etika & Profesionalisme TSI

1. Apa yang dimaksud dengan etika pada Teknologi Sistem Informasi, jelaskan menurut pendapat anda ?
2. Jelaskan etika yang harus dilakukan oleh :
    a.Pengguna Teknologi Sistem Informasi
    b.Pengelola Teknologi Sistem Informasi
    c.Pembuat Teknologi Sistem Informasi
3. Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang etika dalam Teknologi Sistem Informasi
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1. Etika pada Teknologi Informasi
    Etika adalah pengetahuan tentang baik dan buruknya suatu perbuatan, terutama dilihat dari sisi sosial dan hubungan dengan orang lain/bermasyarakat. Etika juga dapat diartikan sebagai kebiasaan atau adat istiadat. Dengen demikian Etika pada Teknologi Sistem Informasi dapat diartikan sebagai pengetahuan/aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh para pengguna sistem informasi tentang bagaimana cara berperilaku di dalam dunia sistem informasi itu sendiri.

2. Etika yang Harus Dilakukan :
    a. Pengguna Teknologi Informasi
       Sebagai seorang pengguna Teknologi Sistem Informasi, semua orang yang terlibat di dalamnya, sudah sewajarnya untuk mematuhi aturan dan etika yang ada di dalamnya. Termasuk di dalamnya adalah bagi seorang pengguna. Seorang pengguna harus selalu menghormati pengguna lain dalam berinteraksi, seperti tidak menghina, tidak menjelek-jelekkan pengguna lain, dan sebagainya. Apabila pengguna ingin menggunakan bahan/materi di dalam sistem, harus seizin pembuatnya, atau mencantumkan sumber/pembuatnya, sehingga tidak disebut plagiarisme.

    b. Pengelola Teknologi Informasi
       Seorang pengelola harus membuat batasan-batasan yang jelas dalam sebuah sistem informasi. Dengan demikian dapat menghindari kecurangan-kecurangan dan mencegah adanya kegiatan menyimpang dari pengguna. Seorang pengelola juga harus selalu mengontrol apa yang terjadi di dalam sistem. Jangan sampai pengelola tidak tahu, semisal ada keributan/ketidakberasan di dalam sistem tersebut

    c. Pembuat Teknologi Informasi
       Pembuat sistem haruslah memahami kebutuhan pengguna dengan tetap memperhatikan aturan-aturan dan hukum yang berlaku. Misalnya tentang hukum hak cipta, dll.

3. Contoh Etika Teknologi Sistem Informasi dalam kehidupan sehari-hari

- Selalu menyertakan sumber dalam mengutip/copy suatu artikel.
- Memperhatikan hak cipta. Jangan sampai mempublikasikan produk yang hak ciptanya sudah dimiliki oleh orang lain.
- Tidak menggunakan produk bajakan.
- Berinteraksi dengan sopan dan bijak di dalam forum.

Comments

Popular posts from this blog

Jenis-Jenis Organisasi

Salah satu faktor penting dalam membentuk suatu organisasi adalah ditentukannya bentuk organisasi. Bentuk organisasi bisa bermacam-macam tergantung latar belakang dan tujuan pembentukan organisasi tersebut. Berikut adalah macam-macam organisasi berdasarkan tujuannya.

1. Organisasi Niaga
Organisasi Niaga adalah organisasi yang tujuan utamanya adalah mencari keuntungan atau sering disebut sebagai organisasi Profit Oriented.
Macam-macamnya antara lain adalah:
1. Perseroan Ternatas (PT)
2. Perseroan Komanditer (CV)
3. Firma (FA)
4. Koperasi
5. Join ventura, dan lain-lain.
Organisasi ini biasanya bergerak di bidang perdangan, industri, dan jasa.

2. Organisasi Sosial
Organisasi Sosial adalah organisasi yang dibentuk oleh anggota masyarakat yang bertujuan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial. Organisasi semacam ini biasanya disebut pula sebagai organisasi nonprofit, karena memang bukan untuk mencari keuntungan/ profit. Adapun jalur-jalut pembentukan organisasi sosial adalah:
1. Jalur Keagamaan
Organ…

Sakit Gigi dan RSKGM UI

Sakit Gigi. Katanya, lebih baik sakit gigi daripada sakit hati. Buat gw, ga gitu juga sih. Alesannya simpel aja. Karena bagi jomblo menahun kayak gw, gw jarang sakit hati. Yang ada hanya sakit gigi.

    FYI, sakit gigi ini tambah sakit karena jatah pengobatan di kantor gw dicabut sejak Agustus lalu. Pun, gw juga berusaha segera cabut dari kantor gw, karena melihat gelagat yang ga beres, tapi sayang belum dapet-dapet. Huft.

    Sebenernya gw bisa pake BPJS, tapi melihat pengalaman temen-temen kantor gw yang pake layanan BPJS dan ga ada yang beres, akhirnya gw mengurungkan niat itu. Sebagai contoh, kemarin anak temen kantor gw sakit. Periksa ke klinik kantor yang merupakan PPK 1. Dikasih obat dengan dosis seadanya dan berakhir dengan seminggu ga sembuh juga. Akhirnya dirujuk ke PPK 2. Eh, pas ke PPK 2 katanya untuk layanan BPJS hari itu sudah tutup, dan harus balik lagi besok. Besoknya temen gw dateng lagi. Dapet sih, tapi setelah ngantri sekian lama. Bukan apa-apa, kasihan anaknya. …

Apply and Interview

Seorang teman SMP bertanya, atau tepatnya berkata, 'Lo harusnya udah pindah dari kerjaan lo. Lima tahun itu udah sangat lama. Kok lo betah sih?'. Pertanyaan ini mengusik gw. Pertama karena memang benar, sudah terlalu lama gw stay di satu perusahaan dan itu menjadikan gw minim pengalaman kerja. Dan yang kedua adalah karena yang berkata kayak gitu adalah temen yang gw respect dari dulu, Jacky. Sedikit overview tentang Jacky adalah dia salah satu temen gw yang antimainstream. Ketika dulu gw dan temen-temen pada sibuk belajar karena besok ujian, temen gw yang satu ini malah asik main game. Seakan ga peduli dengan sekolahnya. Tapi uniknya ketika ketemu dengan pelajaran atau topik yang dia suka, dia langsung jadi nomor satu, maju paling depan, dan bener-bener berbeda dari Jacky yang biasanya. Di jaman sekolah, ketika yang lain galau soal pacar (dia juga sih), dia udah punya bisnis sendiri. Dia punya Warnet dan Game Centre, dia buka toko komuter, dan ya, itu cukup membuat gw …