::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Tuesday, 25 March 2014

Tugas 1 - Etika & Profesionalisme TSI

1. Apa yang dimaksud dengan etika pada Teknologi Sistem Informasi, jelaskan menurut pendapat anda ?
2. Jelaskan etika yang harus dilakukan oleh :
    a.Pengguna Teknologi Sistem Informasi
    b.Pengelola Teknologi Sistem Informasi
    c.Pembuat Teknologi Sistem Informasi
3. Sebutkan contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang etika dalam Teknologi Sistem Informasi
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

1. Etika pada Teknologi Informasi
    Etika adalah pengetahuan tentang baik dan buruknya suatu perbuatan, terutama dilihat dari sisi sosial dan hubungan dengan orang lain/bermasyarakat. Etika juga dapat diartikan sebagai kebiasaan atau adat istiadat. Dengen demikian Etika pada Teknologi Sistem Informasi dapat diartikan sebagai pengetahuan/aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh para pengguna sistem informasi tentang bagaimana cara berperilaku di dalam dunia sistem informasi itu sendiri.

2. Etika yang Harus Dilakukan :
    a. Pengguna Teknologi Informasi
       Sebagai seorang pengguna Teknologi Sistem Informasi, semua orang yang terlibat di dalamnya, sudah sewajarnya untuk mematuhi aturan dan etika yang ada di dalamnya. Termasuk di dalamnya adalah bagi seorang pengguna. Seorang pengguna harus selalu menghormati pengguna lain dalam berinteraksi, seperti tidak menghina, tidak menjelek-jelekkan pengguna lain, dan sebagainya. Apabila pengguna ingin menggunakan bahan/materi di dalam sistem, harus seizin pembuatnya, atau mencantumkan sumber/pembuatnya, sehingga tidak disebut plagiarisme.

    b. Pengelola Teknologi Informasi
       Seorang pengelola harus membuat batasan-batasan yang jelas dalam sebuah sistem informasi. Dengan demikian dapat menghindari kecurangan-kecurangan dan mencegah adanya kegiatan menyimpang dari pengguna. Seorang pengelola juga harus selalu mengontrol apa yang terjadi di dalam sistem. Jangan sampai pengelola tidak tahu, semisal ada keributan/ketidakberasan di dalam sistem tersebut

    c. Pembuat Teknologi Informasi
       Pembuat sistem haruslah memahami kebutuhan pengguna dengan tetap memperhatikan aturan-aturan dan hukum yang berlaku. Misalnya tentang hukum hak cipta, dll.

3. Contoh Etika Teknologi Sistem Informasi dalam kehidupan sehari-hari

- Selalu menyertakan sumber dalam mengutip/copy suatu artikel.
- Memperhatikan hak cipta. Jangan sampai mempublikasikan produk yang hak ciptanya sudah dimiliki oleh orang lain.
- Tidak menggunakan produk bajakan.
- Berinteraksi dengan sopan dan bijak di dalam forum.

No comments:

Post a Comment