::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Monday, 12 March 2012

Allah membayar sedekahmu dengan pahala untuk akhiratmu + bonus harta untuk duniamu,

Posting berikut bukannya posting yang agamis banget gitu ya. Secara gw aja sholat masih banyak yang di injury time daripada on time nya. Baca Quran juga masih kalah jauh dibanding baca novelnya. Ini cuman sekedar share cerita aja dari apa yang gw alami.

Sekali lagi gw tegaskan gw bukan orang yang agamis. Belum, mungkin. Doakan nanti jadi orang yang bener. Amin. Tapi begitu, gw selalu berusaha mensyukuri apa yang Allah berikan kepada gw. Misalnya, waktu Allah ngasih gw waktu senggang di sela-sela kesibukan kerja dan kuliah, sebisa mungkin gw gunakan untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat, seperti tidur siang. Ato ketika Allah ngasih gw kesempatan untuk ngejomblo, gw gunakan kesempatan ini untuk bener-bener menjadi pribadi yang bebas. Bebas nglirik cewel sana sini dan bebas untuk nonton liga inggris pas malem mingguan. Dan termasuk, ketika Allah ngasih gw rejeki lebih misanya, gw selalu ingat buat mengeluarkan 2,5% nya untuk zakat.

Gaji gw sebagai seorang karyawan emang g gedhe. Tapi alhamdulillah cukup lah ya buat nyewa kamar kos, biaya kuliah, uang bensin, dan makan seadanya (mungkin kalo gw punya pacar, g cukup kali ye buat nambah uang malem mingguan. Untung gw jomblo. Alhamdulillah). Tapi dari semepet-mepetnya gaji gw itu, waktu perusahaan mencanangkan untuk potong gaji 2,5% buat zakat mal, secara yakin, gw bilang 'OKE', meskipun sebenernya gaji gw tidak mencukupi nisab. Tapi waktu itu gw mikirnya cuman satu, 'potongan 2,5% g bakal ngebuat gw g bisa makan'. Dan voila, alhamdulillah sampai sekarang, udah 2 tahun lebih gw kerja disini g ada hal-hal yang mengganggu. Sampai disini mungkin sebagain orang masih berfikir, 'apa hubungannya zakat 2,5% dengan bertahan kerja disini'. Secara kasar sih emang g ada. Tapi ini secara pribadi ngebuat gw berfikir 'mungkin aja kan gara-gara 2,5% itu rejeki gw disini dipermudah'. Walopun bisa juga engga. Tapi setidaknya, itulah yang gw pikirkan. Allah membayar sedekahku dengan kelancaran rejeki.

Selain dari potongan gaji yang 2,5% itu, gw tiap jumatan juga berusaha untuk ngeluarin duit buat sedekah masjid. Meski biasanya duit yang diambil dari dompet yang nominalnya paling kecil. Tapi g ada salahnya kan, daripada engga sama sekali? Dan tahukah Anda dengan apa Allah ngebales sedekah masjid gw yang g seberapa itu? Bahwa, secara ajaib tiap kali gw g punya duit ato butuh duit, entah di kantong baju/celana, di tas, di selipan buku, ato di apapun yang gw g menduga sebelumnya, selalu ada duit. Pernah dulu gw iseng, mau ngetes Allah (maap ya Allah). Selama sebulan gw g sedekah mesjid. Dan bener lho, ketika duit gw abis, ya abis aja gitu. Gw g pernah nemu lagi uang di kantong celana, ato di dalem tas, ato di lipetan buku. Yang ada malah duit di ATM semakin menipis karena gw ambilin terus. Dan akhirnya, setelah sebulan itu, gw kembali sedekah mesjid, dan sejak itu gw yakiin, Allah ngebales apa yang gw sedekahin itu. Gw g rugi sama sekali dengan sedekah. Allah membayar sedekahku dengan harta yang tidak disangka-sangka datangnya.

Gw juga berusaha membiasakan diri buat paling engga sedekah 5% dari sumber pendapatan lain selain dari gaji bulanan gw. Misalnya duit dari project di luar kantor. Dan entah kebetulan ato engga, itu ngebuat gw mendapatkan beberapa project lain. Satu kali sedekah 5% itu g pernah nyampe 300ribu. Tapi dengan itu gw bisa beli leptop baru, henpon, dan sekarang gw lagi ngincer sepeda. Allah membayar sedekahku dengan rejeki lain.

Nah, yang gw masih g ngerti adalah ntraktir temen. Apakah ntraktir temen juga bisa dikategorikan dengan sedekah? Karena menurut pengalaman gw, setelah gw ntraktir temen, biasanya traktiran balik ato segala hal yang berbau gratisan segera datang.

Well, bukan bermaksud khotbah ato semacamnya, tapi menurut gw pribadi, janji Allah emang bener. 'Bahwa jika kamu bersyukur, maka Allah akan menambah nikmat Nya. Sedangkan jika kamu kufur, maka siksa Allah sangat pedih'. Dan juga sedikit kesimpulan dari gw bahwa saat lo sedekah maka "Allah membayar sedekahmu dengan pahala untuk akhiratmu plus bonus harta untuk duniamu"

No comments:

Post a Comment