::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

Review Target Ramadhan Kemarin

    Lebaran udah kelar kemarin, brati Ramadhan pun udah lewat. So, melalui post kali ini gw bakal merekap target-target yang gw tetapkan di awal Ramadhan kemarin. Berikut adalah hasil dari perjuangan gw selama sebulan ini.

1. Puasa Full
Alhamdulillah puasa tahun in full. Entah diterima ato engga, secara pendapat gw pribadi puasa gw full. Hehe. Dan dengan ini dapat gw nyatakan bahwa target pertama gw, Fully Completed. Jedeng.. [suara cap. Hehe]

2. Sepedaan pas Ramadhan
Alhamdulillah, target yang kedua buat tetep sepedaan pas Ramadhan juga lancar jaya. Bahkan lebih dari target, gw beberapa kali lari sore pas Ramadhan bareng anak-anak Indo Runner Depok. Dan perlu lo tahu, bahwa itu... super... Second Mission, Completed.. Jedeng.. [suara cap lagi]

3. Full Sholat Wajib berjamaah + Dhuha + Tahajud + Rawatib + Tarawih
Kalo untuk target yang ketiga ini gw bagi jadi dua bagian. Yang pertama pas sebelum mudik, dimana gw bolong beberapa kali sholat wajib jamaah, bolong beberapa kalo sholat dhuha, bolong sering kali sholat rawatib, dan insaAllah full Tahajud. Tapi ketika mudik datang, gw jadi bolong sering kali sholat wajib jamaah, bolong sangat sering sholat dhuha, bolong semua hampir semua sholat rawatib, dan cuma sekali sholat tahajud. Payah. Dan untuk target ketiga ini gw nyatakan Failed. Cap Pos.

4. Ngelarin 30 juz.
Sebenernya ni ya, sebelum mudik, tadarus gw udah pas dapet 25 juz. Secara gw balik H-5 lebaran. Tapi setelah mudik, speed tadarus gw mule merosot.. longsor... dan pada akhirnya jeblok... Sial. Alhasil, di akhir Ramadhan gw cuman mampu kelar 28 juz. Failed. Cap.

5. Nambah Hafalan 4 Surat.
Well, pas tadarus Quran gw amburadul, gw curhat sama guru sekaligus sohib gw, Pakdhe Faruq. Dan well, dia ga ngejudge gw 'kelarin noh, tinggal 3 juz lagi ini!', tapi dengan bijak doi bilang 'utamakan hafalan'. Dan yup, meski dengan perjuangan super keras melawan rasa malas dan event menjelang Lebaran yang tiada henti, akhirnya di Ramadhan terakhir gw berhasil ngapalin 4 ayat terakhir surat An Naba. Yang artinya gw berhasil nambah 4 surat, dari At Takwir, Abasa, An Naziat, dan terakhir An Naba. Dan itu artinya gw juga insaAllah hafal Juz 30 Al Quran. Super excited banget. Bener-bener super excited. Sesuatu yang ga pernah gw bayangkan sebelumnya. Dan dengan ini target kelima gw, gw nyatakan Completed. Jedeng... [Suara cap lagi lagi...]

    Well, di akhir pos ini gw bakal ngerangkum target gw. Bahwa dari 5 target yang gw canangkan di awal Ramadha kemarin, 3 target berhasil, dan 2 target tersingkir. But well, meskipun cuman 3 target yang tercape, tapi gw super excited dan puas. Kenapa? Karena emang ga gampang, bagi orang amburadul kayak gw, buat ngejalanin target-target gw yang kebanyakan butuh istiqomah dan kesabaran. Sedangkan lo tau sendiri, kalo gw orangnya ga sabaran dan gampang bosen. Dan yah, meskipun dua target gw ga kecape, tapi paling ga ada progress yang tercape. 28 juz dari 30 juz menurut gw ga jelek-jelek amat, mengingat tahun lalu gw bahkan ga kelar 15 juz. Dan meskipun target kedua gw juga ga terpenuhi, seenggaknya 70% dari semua sholat wajib jamaah gw terpenuhi, 80% tahajud gw terpenuhi, 80% dhuha gw terpenuhi, cuma Rawatibnya yang engga. Dan itu juga jauh banget kalo dibanding tahun lalu.

    Gw berharap banget tahun depan masih dipertemukan lagi dengan Ramadhan, biar gw bisa nyempurnain dan ningkatin apa yang telah gw lakukan tahun ini. Dan semoga Allah tetep 'Menunjukkan jalan yang lurus' dan menempatkanku di antara orang-orang yang sholih. Amin...

No comments:

Post a Comment

Goals for 2024 !! Bismillah !