::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Friday, 22 January 2016

What I Want to Achieve in 2016

    Oke oke, kalo diitung-itung ini emang udah lewat hampir sebulan 2016-nya. Dan kayaknya kok telat bingit kalo gw baru bikin target 2016 sekarang. But, kata orang 'ga ada yang namanya terlambat'. Meskipun pada kenyataannya kata terlambat itu ada. Buktinya, gaji gw dipotong kalo terlambat masuk kantor.

    Well, meskipun target 2015 gw banyak yang ga terpenuhi, gw tetep semangat 'menatap masa depan' ala-ala iklan axist. Gimana mau ga semangat coba ketika Allah udah ngasih banyak banget nikmatnya ke gw #tsah. Ya, walaupun kadang-kadang suka ngeluh karena capek, jenuh, bosen, tapi manusiawi lah ya. Apalagi mengingat status gw yang naga-naganya bakal jadi jomblo profesional, dimana tiada teman kunanti, jadi tolong dianggap wajar kalo suka nyampah ga jelas di blog ini atau status facebook. Hihihi.

    First target for this year is graduate my master. Seharusnya, kalo lancar dan semoga dilancarkan, tahun ini gw udah ngerjain tesis dan akhir taun semoga lulus. Well, walopun kuliah bener-bener bikin gw capek dan lemah lahir batin, tapi sekali lagi demi masa depan yang lebih baik, dan sekaligus menjadi batu pijakan untuk jadi lecturer and researcher. Lulus S2 secepatnya juga bakal ngasih gw kesempatan untuk meraih mimpi gw yang lainnya yaitu lulus S3 sebelum 30 tahun plus kesempatan pula untuk mikirin nikah. Ya, hampir tiap minggu bokap-nyokap gw nanyain 'kapan nikah' dan gw selalu jawab 'S2 dulu'. And so, may be I'll get married after graduate my master. Amin. #manaCalonnya? #kampret

    Kalo tahun lalu target kedua gw adalah punya buku sendiri lagi dan target ketiga gw adalah soal travel, maka tahun 2016 ini travel naik kelas, karena gw ga menargetkan untuk nulis buku lagi. Bukannya gw nyerah, tapi gw mencoba realistis. Di tengah kesibukan gw, bahkan untuk baca novel aja susah abis, gw ga yakin bisa meluangkan waktu buat nulis. Nulis juga bukan pekerjaan yang mudah lho. Perlu waktu berjam-jam, berhari-hari, bahkan berminggu-minggu untuk cuma nulis satu cerita pendek. And when i see reality, i don think i can do it. So for now, my second target is about Travel. Tahun ini gw pengen travel ke luar negeri. Even cuma sekali, even cuma ke Thailand. Well, it'll be good experience for me to look more about d world. Kenapa Thailand? Ya, karena itu yang deket. Singapore and Malay is too near and the culture is just the same as Indonesia. So, i skip it. Selain itu, mimpi gw tahun kemarin untuk ke Karimun Jawa juga belum terwujud dan insyaAllah bakal gw wujudin tahun ini. About travel, gw juga pengen memulai konsep liburan ala gw. Pergi ke suatu tempat (pantai misalnya (gunung kidul, sawarna, pangandaran misalnya)) dan ngecamp disana. To be honest, konsep ini gw buat karena ngeliat fakta di lapangan bahwa untuk ngajak temen jalan itu susahnya ampun-ampunan. Dan fakta kedua kalo jalan sendiri itu biaya buat penginepan relatif mahal. So, dengan ngecamp, pertama gw ga perlu worry about friend dan yang kedua murah. Ya, apa mau dikata, beginilah nasih seorang traveller wannabe gembel. Dan i think it'll be fun to do camping cause gw bakal lebih deket dengan alam, bisa menikmati suasana baik siang maupun malem. Sound exciting right?

    Target ketiga gw adalah tentang kerjaan. Actually, taun kemarin adalah masa-masa gelap gw di kantor yang sekarang, karena diem-diem gw apply lamaran ke banyak perusahaan lain, walaupun hasilnya nihil semua. So, taun ini sepertinya gw bakal lebih bersabar untuk tetep stay disini. Hal ini dikarenakan, gw pengen achieve my third target, yaitu acknowledged by my campusto be a real lecturer. Taun ini, jujur aja gw cuma main-main ngajar dan itu ga bakal bagus buat karir gw sebagai dosen ke depannya. So, taun ini gw bakal lebih serius lagi ngajar. Plus, gw bakal secepatnya ngurus NUPN dan target gw di akhir taun adalah punya NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional).

    Masuk target keempat. Mengingat target hafalan Quran gw taun lalu yang gagal total, taun ini gw mau evaluasi target gw itu dan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. I don't think it's possible buat nambah apalan Quran gw seperti yang udah gw jelasin di post sebelumnya. So, target gw taun ini adalah to keep apalan juz 30 dan 29 gw plus khatam Quran + terjemahan dan tafsirnya (tafsir yang ada di Quran gw ya, bukan tafsir yang bener-bener itu) paling ga dua kali dalam setahun ini. Kenapa baca Quran terjemahan dan tafsir ini penting buat gw? Simple, cause this day i read the Quran and i don know what i read. Dan kalo gw ga tau apa yang gw baca, gimana gw bisa ngamalinnya. Dan kalo gw ga bisa ngamalinnya, buat apa donk gw beragama. May Allah ridlo. Maaf Ya Allah belum bisa lanjut ngapalin lagi. Hiks hiks.

    Dan sepedaan menjadi target terakhir gw buat tahun 2016. Gw tetep bakal ngelanjutin project #go(w)es gw. #go(w)esToKL gw yang taun kemarin gagal bakal gw cantumin lagi jadi target kelima gw. Malahan gw berpikir buat #go(w)esToBangkok instead of KL. The problem is about financial. I don have any idea how to get more money to realize it, but dream is a dream right. You still can do dreaming even if you have nothing. But, u'll forever get nothing if u never have a dream. So, kita serahkan saja pada yang lebih berhak menentukan. Hihi.

    Well, sebenarnya kalo mau dirinci masih banyak banget target yang mau gw capai tahun ini. Have a business, dapet untung di pasar saham, memulai research, ngumpulin pundi-pundi dinar, get a scholarship, dll, dll. Tapi bakal ga ada abisnya kalo gw tulis semuanya disini. So, i think lima target di atas tadi udah cukup mewakili mimpi-mimpi gw di tahun 2016. Semoga Allah merestui. Amin. Fighting!!!

Catatan :
Well, gw masih ragu about hunting beasiswa ke luar. Cause it'll make everything mesh. Pertama tentu aja dengan kuliah ke luar negeri gw kudu mengorbankan segala yang udah didapet saat ini, terutama kerjaan. Otomatis gw kudu berenti kerja dan i don have idea hot to life without it. Sekali lagi, ini menyangkut financial. Selain gw juga ga cukup pede buat apply beasiswa ke luar. Gw udah sering liat syarat-syarat dan cerita tentang how to get a scholarship, dan gw ngerasa gw di bawah standar. Tapi bukan berarti gw bakal nyerah ya, karena sebenernya gw juga punya Plan B, dimana kalo gw gagal dapet beasiswa melalui jalur pribadi (i mean, gw berjuang sendiri dengan hanya mengandalkan kemampuan gw sendiri), gw bakal ngejar beasiswa melalui jalur beasiswa dosen yang dibiayai oleh Dikti. Oleh karenanya, kenapa gw punya target untuk sesegera mungkin punya NIDN adalah supaya gw bisa paling ga memenuhi syarat untuk diperhitungkan dapet beasiswa itu.

3 comments:

  1. Halo mas cokro !!
    Tulisan yang menginspirasi mas :)
    Saya jadi pengen juga nulis tentang target-target saya. Dan apa yang mas inginkan agak sama dengan apa yang saya inginkan (meski yang hapalan al-quran baru mau mulai karena termotivasi tulisan ini).
    Daaan, kalo mas mau tukar pikiran sama saya, bisa email saya di : putrinuril@ymail.com
    Terus nulis ya mas, insyaAllah saya ikutin terus. Kalo mas nulis buku, saya jadi pembelinya insyaAllah haha

    ReplyDelete
  2. Halo putri.. Lama g nulis dan biasanya ga ada yg komen, jadi ga pernah liat komentar. Boleh kalo mau tukar pikiran, kebetulan juga butuh temen seper-mimpi-an. Hihi.

    ReplyDelete