::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Tuesday, 16 September 2014

Curhat bener...

    Ada beberapa hal yang ngeganggu gw akhir-akhir ini. Tapi yang paling ngeganggu adalah 'ga bisanya gw istiwomah ngapalin Quran'. Ya, agak gimana gitu, ketika gw selalu berdoa agar dimudahkan dan dilancarkan, tapi di lain pihak, gw nya sendiri yang ga serius gini. Gw pernah nanya ke Pakdhe, guru gw, kenapa gw sering banget lupa ayat ini ayat itu, ngapal ayat baru, ayat yang lama ilang, dan seterusnya. Terus beliau bilang, 'kapan biasanya ngapal Quran?'. 'Abis maghrib sampe isya sama dipake pas sholat sunnah', gw bilang. Dan pakdhe hanya mengatakan satu kata untuk menanggapi jawaban gw ini, 'kurang'.

    Well, bener sih. Tapi .. (kata tapi menandakan ketidakseriusan). Gw juga baru kelar baca buku nya om Edi Sutiasna, Sedekah Membabi Buta. Beliau juga nyinggung, seberapa banyak sih waktu yang kita berikan untuk Allah dalam sehari ? Gw itung-itung, iya juga  ya, waktu gw sama Allah cuman pas sholat, 10 menit lah paling, kali lima. Sama kadang kalo sempet dluha sama tahajud. Kalo sempet, Allah aja kalo sempet. Terus sisanya kemana? Kerja, kuliah, baca novel, sepedaan, belajar bahasa jepang, nonton drama korea, dan ya.. ga ada satupun yang nyinggung Allah, agama, dan tentu saja apalan Quran. Terus darimana lo mau apal Quran kalo mayoritas waktumu lo pake bukan buat Quran, Co? Ngapal Quran cuman abis maghrib, itupun kadang ketiduran, praktis cuman 30 menit lah sehari, padahal nonton Running Man, satu episode aja minimal 60 menit. Terus lo mau apal Quran darimana? Belum lagi kalo ada yang main ke kosan, ngajakin renang, ngajakin main, praktis waktu ngapal Quran yang cuman 30 menit juga kegusur. Ga enak lah sama temen. Ya, sama temen aja ga enak, sama Allah? Terus lo mau apal darimana, Co?

    Ya ya, rasanya susah banget buat istiqomah, menyisihkan waktu setiap hari nya khusus buat ngapal Quran. Apalagi dua minggu ini ni. Sejak gw dinas luar ke Pekanbaru selama empat hari kemarin, praktis selama empat hari itu pula gw ga ngapal Quran. Boro-boro ngapal, pegang aja engga. Terus sepulangnya dari Pekanbaru, ada aja yang bikin gw ogah megang Quran lagi. Pada ngajakin renang kek, kondangan kek, sampe yang cuman main-main ga penting. Well, praktis seminggu full gw ga megang Quran. Dan sebagai hasilnya, hampir semua surat 'agak panjang' gw putus nyambung, kadang inget, banyakan lupa. Baru dari sabtu kemarin mau recovery apalan gw lagi, minggu sama senin ada yang ngerecokin lagi. Well, susah banget. Gw pikir-pikir, gimana gw mau jadi Hafidz kalo megang Quran aja ga tiap hari. Gimana gw mau ngeti agama, kalo buku wajib nya (Quran) aja ga pernah dibaca. Gimana lo mau sampe ke Allah kalo jalan kesononya ga lo pelajarin. Poor me. Gw selalu berdoa, 'Ya Allah, tunjukilah aku jalan menuju-Mu, jalan yang Engkau ridhoi. Dan kalo aku bandel Ya Allah, seret aku Ya Allah, yang penting aku tetap di jalan-Mu'. Gw tahu doa gw bakal didenger dan dikabulkan Allah, tapi gw akan lebih yakin lagi, kalo temen-temen mau menyisihkan semenit aja waktunya buat ngedoain hal yang sama buat gw. Gw tau dosa gw kebanyakan, jadi mungkin doa-doa gw kecantol dosa. So, plis, bantu gw.

No comments:

Post a Comment