::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Thursday, 13 June 2013

Tugas Bahasa Indonesia 2 (ke-3)

Tugas Kelompok
Anggota Kelompok :
1. Widi Apriyadi
2. Dudi Yuliana
3. Condro Wibawa
------------------------------------------------------------------------------------------------
1.  
Q : Mengapa fungsi komunikasi bahasa disebut fungsi dasar?
A : Manusia adalah Makhluk sosial yang tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, ia membutuhkan orang lain untuk berinteraksi dengan melakukan komunikasi, karena itulah fungsi komunikasi ini disebut sebagai fungsi dasar.

Q : Mengapa pula disebut fungsi utama?
A : selain komunikasi disebut sebagai fungsi dasar juga disebut sebagai fungsi utama, karena komunikasi sangat memegang peranan penting bagi manusia bahkan makhluk hidup lainnya agar dapat berinteraksi terhadap sesamanya. Bisa dibayangkan jika manusia hidup tanpa adanya komunikasi, mungkin segala sesuatunya menjadi tidak efektif dan efisien.
  
2.
Q : Sebutkan tiga contoh alat komunikasis osial yang bukan bahasa, dan jelaskan fungsinya!
A :
• Body Language atau biasa disebut bahasa tubuh;
  manusia biasanya menggunakan ini untuk memberikan atau menyampaikan suatu informasi yang sedang dialami dirinya.
  Contoh : Ekspresi muka sedih, tersenyum, dll.
• Simbol tertentu;
  misalnya tanda lalu lintas digunakan untuk memberikan informasi kepada manusia sesuai dengan makna yang terkandung didalamnya,   Contoh : tanda panah ke atas menandakan jalur satu arah
• Alat Tradisonal;
  misalnya Kentongan/Jidor digunakan untuk memberikan informasi kepada penduduk dengan cara memukulnya, kegunaan kentongan   didefinisikan sebagai tanda alarm, sinyal komunikasi jarakjauh, morse, penanda adzan, maupun tanda bahaya.

3.
Q : Bahasa Indonesia mempunyai empat jenis definisi, yaitu definisi nominal, formal, operasional, dan luas.
    Jelaskan ke-4 jenis definisi tersebut dan tuangkan jawabannya dalam sebuah teks dengan topik Teknologi Informasi atau yang     terkait dengan bidang studi kalian. Tulisan dibuat secara singkat dan jelas!

A :
• DefinisiNominal
  Adalah suatu kata dibatasi dengan kata lain yang merupakan sinonimnya(padanan), dan dengan terjemahannya atau menunjukkan asalk atanya  (etimologi).
• DefinisiFormal
  Definisi formal dibagi menjadi2 :
  - Definiendum adalah bagian yang didefinisikan
  -Definiens adalah bagian yang mendefiniskan
• Definisi Operasional
  Adalah sesuatu yang berhubungan dengan penelitian yang tidak dapat diamati atau diukur secara langsung.
• Definisi Luas
  Adalah uraian panjang lebar, bisa satu paragraph, satu bab, atau bisa meliputi seluruh karangan.   Definisi ini diperlukan bila berhadapan dengan suatu konsep yang amat rumit, yang tidak bisa dijelaskan dengan kalimat yang pendek.
  Contoh :
  Mainboard bisa juga disebut motherboard. Mainboard atau motherboard merupakan papan sirkuit yang menampung /   berfungsi sebagai tempat semua komponen dalam rakitan CPU. Kecepatan kinerja CPU dipengaruhi oleh beberapa komponen seperti Speed Proccessor,   RAM, dll. Di zaman yang modern ini komputer bukan hanya sekedar untuk menghitung angka saja namun sudah sangat berkembang menjadi teman sehari–  hari kita.

4.
Q : Bacalah surat kabar dan majalah. Cari dan temukan paragraf argumentasi yang deduktif dan induktif!
A :
Induktif
KompoZer adalah aplikasi yang digunakan untuk mengedit HTML secara what you see is what you get(WYSIWYG ), alias web page editor. Kalau anda mempunyai Open Office, dapat juga membuat HTML secara WYSIWYG. Aplikasi ini adalah proyek GNU yang tersedia untuk Windows atau Mac OS X.
(sumber: http://infokomtek.com/)

Deduktif
Dengan Conduit ,apabila anda mempunyai beberapa server atau PC yang ingin anda syncs datanya setiap saat, maka aplikasi ini adalah aplikasi yang anda butuhkan. Anda dapat melakukan sync file, photo, email atau calendar
(sumber: http://infokomtek.com/)

5.
Q : Cari dan temukan paragraf atau wacana campuran :deskripsi, narasi, argumentasi, baik yang deduktif maupun yang induktif!
A :
    Kolonialisme Belanda di Indonesia, telah berurat dan berakar menguasai kehidupan bangsa Indonesia. Dominasi politik, eksploitasi ekonomi, diskriminasi sosial, dan penetrasi budaya, adalah wujud nyata dari kolonialisme. Perjuangan pergerakan Indonesia yang dimulai sejak awal abad XX, semakin lama semakin menunjukkan kegigihannya. Organisasi, taktik, dan strategi berjuang yang lebih modern menjadi ciri pergerakan bangsa Indonesia pada saat itu.
    Ir. Soekarno, Presiden Republik Indonesia pertama adalah seorang nasionalis. Ia memimpin PNI pada tahun 1928. Soekarno menghabiskan waktunya di penjaradan di tempat pengasingan karena keberaniannya menentang penjajah. Soekarno mengucapkan pidato tentang dasar-dasar Indonesia merdeka yang dinamakan Pancasila pada sidang BPUPKI tanggal 1 Juni 1945.
    Dalam usaha untuk mencapai Indonesia merdeka, Soekarno selalu mengingatkan kepada para pemimpin organisasi pergerakan, hendaknya bangsa Indonesia sudah bersatu lebih dulu dalam suatu organisasi rakyat umum yang tidak dapat dipatahkan, sebelum peperangan Lautan Teduh pecah. Menurut Soekarno, peperangan itu ialah perjuangan untuk merebut dan menguasai Indonesia. Jika bangsa Indonesia tidak mempunyai persatuan maka bangsa Indonesia hanya akan menjadi bola permainan negeri-negeri yang berperang saja. Buah pemikiran Soekarno yang sangat dikenal adalah faham Marhaenisme. Soekarno mengartikan Marhaenisme sebagai suatu ideologi kerakyatan yang mencita-citakan terbentuknya masyarakat yang sejahtera secara merata. Asas Marhaenisme adalah sosio-nasionalisme dan sosio demokrasi.
    Soekarno bersama Mohammad Hatta sebagai wakil bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ia ditangkap Belanda dan diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1948. Soekarno dikembalikan ke Yogya dan dipulihkan kedudukannya sebagai Presiden RI pada tahun 1949.Jiwa kepemimpinan dan perjuangannya tidak pernah pupus. Soekarno bersama pemimpin-pemimpin negara lainnya menjadi juru bicara bagi negara-negara non blok pada Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955. Hampir seluruh perjalanan hidupnya dihabiskan untuk berbakti dan berjuang

No comments:

Post a Comment