::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

Setahun Bersama Forum Buku Kaskus "Serapium"

     Oke oke, mungkin tulisan ini agak telat. Tapi whateva, gw tetep pengen nulis. Hehe.

    Tanggal 28 Desember kemarin, forum gw tercinta, forum buku Kaskus Serapium ultah untuk yang pertama kali. Selamat selamat!! Meskipun masih bayi kalo diliat dari ukuran manusia, namun setahun bersama Serapium sungguh-sungguh menyuguhkan pengalaman lebih dari seorang bayi yang baru bisa pegang dot.

    Sedikit flashback ke belakang, gw sendiri gabung di forum ini sekitar bulan Juli 2011 (lupa tepatnya). Waktu itu Serapium masih menjadi anak tiri forum Education, dan Serapium sendiri masih bernama Book Reviews. Pada awalnya gw sempet berfikir bahwa isi forum ini adalah sekitar pelajaran-pelajaran sekolahan atau apa. Secara saudara tiri lainnya adalah Sains dan Xenology. Jadi wajar dong, kalo gw berfikiran bahwa Book Reviews pun ga jauh-jauh dari dunia pendidikan formal pada umumnya. Gw sempet kabur, karena gw tahu otak gw ga bakal nyambung sama macam pendidikan formal kayak gitu. Hehe.

    Tapi pada akhirnya, nasib pun mempertemukan gw dengan Serapium. Waktu itu gw lagi iseng googling nyari review dari buku yang gw mau beli. Yang pada akhirnya mengantarkan gw ke jalan menuju Book Reviews. Sempet terperangah, dan bilang wow. Meski tanpa koprol segala macem. Hehe.

    Orang pertama yang menyapa gw di Book Reviews adalah Puh Adit. Kemudian disusul Puh Dani. Dan percaya atau tidak, Putri_Dangdut. Gw sempet exiting banget waktu di forum lagi bahas soal pembuatan Jaket. Dengan semangat 90an, gw ikutan. Yang pada akhirnya berujung pada sebuah penghianatan.

    Tragedi ini cukup menggemparkan sebenarnya. Bahkan sampai dibuatin thread sendiri. Tapi percaya atau tidak, tragedi ini pun sebenarnya membawa berkah tersendiri buat gw. Kenapa? Karena lewat tragedi ini gw mule dikenal di forum. Hehe. Waktu itu gw yang garing tingkat dewa ngebaca komen dari anak-anak yang sebagian besar pada pesimis, berinisiatif bikin cerita based on kejadian itu. Dan alhamdulillah, sampai 16 atau 17 chapter. Tapi sayangnya, setelah itu cerita jadi melebar, dan gw yang copo ga tahu gimana mau bikin ending tu cerita. Ditambah ga lama kemudian, thread ditutup. #eyaaa...

    Gath pertama gw adalah gath kota tua. Itu adalah pertama kalinya gw ketemu para kutu ini. Puh Adit, Puh Dani, Puh Hendra, Puh Willy, Puh Prudence, Mile, Garezt, Ingus, Misnn, dan lain-lain. Hal yang memalukan di gath ini adalah saking groginya, gw sempet ngebuat bingung para sesepuh dengan menyebut ciri gw, "Gw make jaket liverpool", padahal yang sebenarnya gw pake kaos Liverpool. Hehe.

    Gath selanjutnya, Festival Pembaca Indonesia, TB Leksika, Pameran Buku Senayan, KFC Pondok Indah, hingga yang paling baru Festival Pembaca Indonesia (lagi), gw ikutan. Dan bagi gw yang pendiem dan ga punya banyak temen, ketemu sama mereka, temen-temen baru yang asoy geboy bener-bener ngebuat gw amaze.

    Sekarang ini gw sendiri udah jarang nongol di Forum. Bukan karena apa-apa, tapi karena sekarang gw udah mule jarang internetan lewat kompi. Satu-satunya gw inetan lewat kompi adalah pas di kantor. Dan karena kantor juga banyak kerjaan, pada akhirnya internetan pun jarang. Kalo ga percaya, lo liat aja blog gue, yang update tiap bulan sekali. Hehe.

    Well, tapi apapun, Forum Buku Serapium adalah forum yang bener-bener gw cintai. Dari forum inilah gw mengenal gimana rasanya punya temen sehobi (secara di lingkungan gw jarang banget nemu orang yang hobi baca). Dari forum ini juga gw mulai belajar nulis. Dari forum ini juga gw kenal gimana rasanya punya temen. Dan dari forum ini juga, gw jadi gila sama buku. Gw pernah nulis di blog ini bahwa gw rela makan sekali dalam sehari doang, asalkan gw bisa beli buku. Dan ini bener. Dan ini juga gara-gara forum ini. Hehe.

    Well, sekali lagi. Selamat ulang tahun buat Serapium. Semoga tambah gedhe. Selalu dicintai dan mencintai para kutu dimananapun kalian berada. Selamat selamat.....

3 comments:

  1. cie berarti perkenalan dengan putri_dangdut merupakan salah satu momen penting ya? muhahaha

    ReplyDelete
  2. hoii coco.. setting hurupnya kecil bener sampe perlu dizoom lagi inih *komen*

    nice to know you co :D

    ReplyDelete
  3. Sist selpik: aooo.. :malus
    Sist shifa : heheh... Ntar digedein dah....

    ReplyDelete

Goals for 2024 !! Bismillah !