::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

A Way to Reach The Dream : To Be A Lecturer

Hal yang paling bikin gw senyum sendiri dan takjub adalah ketika gw dihadapkan dengan How did Allah plan goes well and be d best scenario. Once is gimana gw bisa jadi pengajar aka dosen kayak sekarang. Well, sampe di titik ini gw punya satu pemikiran bahwa "Jika gw berdoa dan Allah mengabulkan doa gw, maka itulah jalan terbaik, dan memang itulah jalan yang harus gw tempuh. Tapi jika ternyata Allah tidak mengabulkan doa gw, maka ada dua kemungkinan : mungkin belum waktunya atau mungkin memang tidak seharusnya". Just like to be a lecturer. May be ini emang jalan yang kudu gw tempuh. 

Mimpi gw untuk jadi pengajar khususnya dosen berawal dari SMP. Gw juga ga ngerti, tapi rasanya menjadi seorang pengajar menyenangkan buat gw. Bisa share ilmu, belajar tiap hari was always make me exited. Meskipun sebenernya bokap gw dari kecil selalu bilang bahwa "Pekerjaan bagus tak cuma guru atau PNS. Bahkan tukang cukur rambut yang dilihat sepele mungkin bisa lebih berpenghasilan daripada guru atau PNS", cara halus bokap gw untuk bilang "JANGAN JADI GURU ATAU PNS, KARENA KESEJAHTERAANNYA BELUM TENTU TERJAMIN". Alasan itu yang akhirnya ngebuat gw masuk STM. Alasan itu pula yang menyebabkan gw ga bisa mencoba kuliah di ITB. Alasan itu yang menyebabkan gw harus kerja, di saat sebenarnya gw pengen kuliah, just like my others friends : Dimas Abdillah Fikri yang kuliah di ITB dan S2 di Belanda, Yudho yang kuliah di Singapore, Nitya yang walaupun setelah S1 sempet kerja tapi akhirnya lanjut S2/S3 di Undip. Alasan yang pada akhirnya ngebuat gw waktu itu berpikir bahwa, "NO MORE DREAM TO BE A LECTURER", karena ga mungkin gw jadi dosen tanpa kuliah. Just go with the flow.

Dan setelah tamat STM dan kerja, gw bener-bener udah ganti cita-cita. In 2010, I HAVE NO DREAM TO BE A LECTURER. Kebayangpun engga. Tapi gw berpikir untuk tetep kuliah (kuliah malem), tapi tujuannya bukan untuk ngejar jadi dosen, tapi sekedar untuk mengembangkan karir di tempat gw kerja sekarang.

Cerita gw kuliah di kampus swasta terbaik ini pun, Universitas Gunadarma, juga bukan hal yang gw sengaja. Semua ini rencana Allah kalo gw bilang ma. Niat awal gw untuk kuliah adalah di BSI (Mohon maaf, bukan bermaksud merendahkan BSI). Sama sekali tak terbayang dan terpikir karena gw ga tau ada kampus swasta bagus di Depok, yaitu Gunadarma. Niat awal gw ke Depok waktu itu adalah untuk nyari kampus BSI, yang karena letaknya emang mojok dan tersembunyi, akhirnya ga ketemu, dan nyasarlah gw di depan kampus E Gunadarma. Gw liat sejenak, "Ini kampus apa ya, kok rame juga, gede juga", dan masuklah gw ke Gunadarma, iseng. Dan well, singkat cerita gw masuk Gunadarma. Just as simple as that.

Rencana Allah so perfect karena akhirnya gw dipertemukan dengan Pak Irwan Bastian dan Aldiana. Pak Irwan adalah pembimbing skripsi gw dan Aldiana adalah temen skripsi gw. Dari Pak Irwan gw dapet motivasi dan surat rekomendasi untuk lanjut S2. Dan dari Aldiana gw kenal dengan Elyana. Elyana inilah yang jadi penyelamat gw pas daftar S2. Karena informasi pendaftaran S2 yang minim dan kebetulan waktu itu gw lagi ada di luar kota. Di saat injury time, besok pendaftaran ditutup, dan Elyana lah yang ngurusin semua keperluan gw. Mulai dari pendaftaran, minta surat rekomendasi dari Pak Irwan, ngumpulin berkas, dll. So thanks to her. Dan cerita tentang Elyana ini juga bisa jadi postingan tersendiri, karena semuanya serba kebetulan.

Dari Pak Irwan juga gw akhirnya bisa jadi dosen di Gunadarma. Di saat temen-temen gw pada cerita kalo udah pada kirim surat  lamaran ngajar di Gundar, tapi tak ada yang tembus. Gw alhamdulillah direkomendasikan oleh Pak Irwan dan prosesnya ga nyampe sebulan. Dari Pak Irwan juga gw kenal Bu Metty yang tak lain adalah istri beliau. Dari Bu Metty gw dapet ilmu tentang bikin jurnal, ngadain penelitian dan nulis jurnal bareng, sampe bikin Tesis pun, semuanya mudah karena gw kenal Bu Metty. Meskipun dosen pembimbing gw bukan Bu Metty, tapi berkat bantuan Bu Metty lah gw bisa lulus cepet. Kalo pada saat itu sistem memungkinkan, bahkan gw bisa lulus 1 tahun 7 bulan saja. Tapi, sekali lagi rencana Allah emang super. Kenapa? Karena dari periode selesei tesis hingga sidang itu, akhirnya gw dipertemukan dengan istri gw, si cantik Dessy, yang kebetulan lagi juga adalah dosen di Gunadarma. 

Dari kuliah S2, gw kenal temen-temen sesama dosen muda yang juga masih pada kuliah. Ka Hana, Uce, Hafidz, Intan, Tya, Ebi, dll  yang banyak juga ngebantu gw sebagai dosen di Gundar. Ka Hana misalnya, beliau ada di bagian penjadwalan, dan dipermudah ketika gw minta pindah jadwal ke Bekasi (biar deket dari rumah). Hafidz misalnya mudah saat gw butuh nitip-nitip berkas. Uce misalnya, bisa dimintain tolong kalo ada urusan administrasi di kampus. Intan, Tya yang ada di sekdos, mudah kalo gw lagi ga bisa ngajar di E, bisa titip tugas atau backup. Dan tak lupa Egi. Egi mungkin satu dari sekian orang baik yang dikirimkan buat gw. Dibilang sahabat engga, kenal deket juga engga, tapi Egi banyak ngebantu gw. Ketika gw operasi usus buntu, Egi yang ngurusin administrasi gw di RS (selain Edi, Sari, dan Mas Amal juga : temen kos gw). Ketika gw mau nikahan, Egi lah yang mau mobilnya dipinjem dan bahkan nganterin gw ke lokasi sampe begadang segala. Pas ngurus kelengkapan untuk ambil ijasah, urus keuangan, tanda tangan profesor, sumbangan buku, semuanya Egi. So, terima kasih banyak Gi. Semoga lo tambah sukses, dan semua yang lo punyai berkah. Gw berdoa buat kebaikan lo. Egi adalah contoh orang kaya yang selalu merendah dan ga enggan buat ngebantu. 

Dari Dessy kemudian gw dapet banyak info soal dosen dan kampus, termasuk ketika kemarin ada info untuk registrasi NIDN. Alhamdulillah, ijasah gw keluar bulan Mei, dan bulan September kebetulan lagi ada info pengangkatan Dosen Tetap. Salah satu syarat untuk mengajukan diri sebagai dosen tetap + dapet NIDN adalah tes kesehatan yang biayanya lumayan juga (sekitar  1-2 jt), dan sekali lagi alhamdulillah karena kampus lagi ngadain tes kesehatan juga dan gratis. Betapa beruntungnya gw, kemarin tanggal 16 Januari gw cek data di Forlap Dikti dan akhirnya nama gw tercantum disana sebagai Dosen Tetap di Gunadarma dengan NIDN 0312069002. Di saat temen-temen yang lain bisa menunggu bertahun-tahun untuk dapet NIDN, gw bisa dapet dengan bisa dibilang tanpa usaha dan cepat, di kampus yang bagus pula.


Well, sampai saat ini gw yakin bahwa inilah jalan gw. Allah dengan segala best skenario nya, mengirimkan orang-orang yang tepat yang banyak ngebantu gw. Dan insyaAllah gw bakal memperjuangkan jalan ini. Still too long to feel enough. Ini baru awal, step kecil dari banyak step yang harus diraih. Masih banyak hal yang harus diraih : S3, pengangkatan, penelitian, dll. But, gw yakin, kalau memang ini jalan gw, Allah akan ngasih jalan. Just like before.

Gw bangga bisa jadi dosen. Gw bangga bisa jadi bagian dari Universitas Gunadarma.


Noted : Terima kasih sebanyak-banyaknya juga buat Om Mamo dan Bulik Harni. Mereka adalah orang tua gw disini. Gw ga bisa nulis tentang mereka di post ini, karena konteksnya yang kurang pas. dan akan terlalu panjang kalo gw tulis juga. Bukan karena mengecilkan peran beliau berdua.

2 comments:

  1. huwoooowww terharu ada nama eyke disebut. tapi kakean kuwi.. elyna coooo.. not elyana -.-

    ReplyDelete
    Replies
    1. pan khusus gw manggilnya elyana...
      wkwk...

      lanjut S3 non ?

      Delete

Goals for 2024 !! Bismillah !