::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

Skripsi, You Make Me Feel...

    Akhirnya, setelah berjuang selama bertahun-tahun, tiba juga gw di penghujung semester kuliah gw. Dan dengan itu, tibalah pula masa-masa skripsi yang 'katanya', masa horor selama kuliah. Di kampus gw sendiri, ada dua kategori skripsi. Satu, yang dapet SK Skripsi dari kampus bagi yang punya IPK di atas 3,2. Dan dua, yang ngajuin proposal sendiri. Bedanya, kalo yang dapet SK Skripsi, dosen pembimbingnya dipilihin sama kampus, dan biasanya adalah dosen-dosen yang ga 'normal'. Gw sendiri termasuk yang dapet SK Skripsi dan dapet dosen pembimbing, wakil rektor.

    Gw sendiri baru sekali bimbingan. Dosennya sih asik, enak diajak ngobrol, dan ga sehoror yang gw kira. Yang ga asik tu ekspektasi doi terhadap mahasiswanya yang terlalu besar. Dari tiga judul yang gw ajuin, tidak ada satupun yang nyantol. "Judul kamu terlalu biasa, dan agaknya kurang cocok untuk level skripsi". Well, nyesek, tapi wajar. Doi wakil rektor, jadi ga heran kalo doi berharap sesuatu yang wah dari anak didiknya. Sayangnya, mahasiswanya ini ga sekeren apa yang dipikirkan beliau. Haha.

    Beliau pun pada akhirnya ngasih tema tentang Data Cleansing dan Map Reduce. Jujur, selama gw kuliah, ini pertama kalinya gw ngedenger dua istilah itu. Haha. Sepertinya dosen ga ada yang ngebahas tentang dua bahasan itu, ato pas lagi bahas materi itu gw ga masuk, ato gw tidor, ato gw asik ngegame. Entahlah. Yang jelas, waktu beliau mengucapkan dua istilah itu, gw cuma bisa nyengir. But, no other choice, karena gw juga ga ada ide yang 'menarik'. Sebenernya gw punya ide-ide lain, tapi lebih baik gw keep, karena ide gw pastinya ga 'selevel' sama ekspekstasi beliau. So, gw terima aja ni saran dosen. Itung-itung nyobain tantangan baru. Haha (ketawa kecut).

    Kata temen kos gw, skripsi itu bikin hidup kita berantakan. Mengubah semua deskripsi yang udah kita kenal selama ini. Tidur awal yang dulu berarti tidur di bawah jam 9, sekarang berarti tidur minimal jam 12 malem. Begadang yang dulu berarti melek sampe jam 2 malem, pas skripsi berubah jadi melek sampe subuh. Kata temen gw, 'keren kalo lo tetep bisa tidur jam 11 malem setiap hari dan ga kenal sama kopi dan mie instan'. Agak serem sih dengernya, karena gw kebiasaan tidur jam 11 malem, dan keracunan kalo sampe tidur di atas jam 12. Gw juga udah say good bye sama kopi dan mie instan. Dan gw sama sekali ga punya niat untuk mengubah kamus gw karena skripsi ini.

    Posotitifnya adalah gw jadi belajar. Ya, gara-gara skripsi, gw jadi belajar hal baru yang awalnya ga pernah gw pikirin. Tentang materi-materi ajaib yang selama ini ga pernah gw denger, baca-baca jurnal orang, browsing kesana-kemari. Pokoknya, seakan gw kembali update dengan dunia IT yang selama ini gw cuman jalan di tempat. Gara-gara skripsi juga gw jadi punya hal untuk dilakuin di waktu kosong gw. Kalo biasanya gw cuman tidur-tiduran, nonton drama korea, ato baca novel. Sekarang kalo ada waktu luang gw jadi mikir buat belajar materi-materi asing ini. Rasanya skripsi jadi booster gw untuk tetep belajar.

    Well, di akhir postingan ini, gw mau minta doa dari temen-temen semua, semoga skripsi gw bsia cepet kelar. Udah ga sabar pengen lulus dan merancang next plan buat hunting beasiswa S2 ke negeri doraemon ato negeri pororo. Amin. Doakan gw, doakan gw, doakan gw.

2 comments:

  1. Semangat, Jangan lupa bantuin tugas gue co...

    ReplyDelete
  2. cieee bentar lagi mainannya udah hadoop ini pasti
    keren keren *thumbs*

    ReplyDelete

Goals for 2024 !! Bismillah !