::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

adSense

Thursday, 8 November 2012

Tugas Bahasa Indonesia 1

-------------------------------------------------------------------------
1.       Artikel
-------------------------------------------------------------------------
Sumber : Kompas/ Klasika Edisi 67/2012-11 (Rabu, 7 November 2012) hal 39.

Kiat Menulis Berita di Media Sosial
Oleh : Harris Maulana

    Seorang “blogger” biasanya sering diundang untuk menghadiri suatu acara, baik “launching” produk, pengenalan produk baru, atau mengikuti seminar. Sebagai bentuk tanggung jawab moral dan apresiasi kepada pengundang, “blogger” harus melaporkan kegiatan tersebut dengan menuliskannya di blog.

    Nah, bagaimana cara yang paling efektif dan efisien untuk melaporkan kegiatan acara? Tinggalkan cara lama dengan mencatat di buku catatan (notes), maksimalkan pernggunaan media sosial untuk membuat reportase.

    Biasanya saya menggunakan Twitter untuk membuat suatu reportase cepat. Untuk memudahkan, gunakan tagar tertentu, misalnya #BlogShop.

    Ada beberapa keuntungan dengan menggunakan Twitter :
1.       Memudahkan “blogger” saat akan menyalin untuk dijadikan postingan di blog.
2.       Memberikan informasi kepada “followers” tentang acara yang sedang diikuti.
Jika followers merasa informasi tersebut bermanfaat, tentu dia akan melakukan retweet terhadap kicauan kita. Hal ini tidak menutup kemungkinan untuk menambah follower.
3.       Mendapatkan hadiah dari pelaksana kegiatan. Terkadang pelaksana kegiatan mengadakan lomba “live tweet” untuk meramaikan acara di dunia “online” dengan hadiah menarik. Tidak menutup kemungkinan, kita jadi pemenang jika kiacauan yang ditulis bermanfaat. Anggap saja bonus kalau menang,

    Nah, jika acara sudah selesai, kita tinggal menyalinnya ke dalam blog seperti Kompasiana. Tentu ada penambahan-penambahan tertentu supaya tidak kaku. Saya biasanya membaut berita di blog pada malam harinya. Mumpung masih segar, berita ini harus segera ditayangkan.

    Dalam hal ini kita harus berpikir seperti seorang jurnalis. Jika kita malas dan menunda “postingan” sampai beberapa hari berikutnya, tentu beritanya basi. Hal ini juga berlaku jika kita melakukan suatu perjalanan.

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan reportase langsung atau live tweet. Jika menggunakan smartphone, pastikan baterai penuh. Agar lebih cepat dan lincah dalam berkicau, gunakan ponsel pintar dengan tombol QWERTY, bukan layar sentuh karena dapat menyebabkan typing error alias typo.

    Jika memakai notebook, sebaiknya gunakan modem sendiri. Jangan gunakan akses  internet wifi yang tersedia karena pasti akan rebutan “bandwidth” dengan peserta lain yang pada akhirnya menyebabkan akses internet lambat bahkan terputus.

-------------------------------------------------------------------------
2.       Menentukan Diksi dan Analisa Diksi
-------------------------------------------------------------------------
a.       Blogger
Orang yang  gemar menulis di blog.

b.      Seminar
Bentuk pengajaran akademis atau pembahasan masalah,  baik yang diberikan oleh universitas, lembaga, profesional, dan lain-lain untuk membahas satu masalah tertentu. Kata seminar berasal dari kata Latin yaitu seminarum, yang artinya “tanah tempat menanam benih”

c.       Blog
Sebuah fasilitas di internet yang memungkinkan seseorang menuliskan opini, cerita, bahkan diary secara bebas.

d.      Media sosial
Fasilitas di internet yang memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi seperti layaknya di dunia nyata. Beberapa layanan media sosial seperti facebook, twitter, dan lain-lain.

e.      Reportase
Laporan kejadian

f.        Twitter
Salah satu layanan media sosial di internet yang memungkinkan penggunanya untuk menuliskan apa saja (tweet) dalam 140 karakter.

g.       Tagar
Tanda pagar (#), biasanya digunakan untuk menandai sebuah tema/judul dalam twitter.

h.      Postingan
Tulisan yang diunggah ke internet.

i.         Followers
Istilah di Twitter, pengikut.

j.        Retweet
Istilah di Twitter, mengulangi tweet pengguna lain.

k.       Dunia online
Internet, dimana orang-orang bisa saling berinteraksi di internet seperti layaknya di dunia nyata.

l.         Live tweet
Istilah di Twitter, yaitu tweet yang ditujukan sebagai reportase atas suatu kejadian tertentu.

m.    Smartphone
Ponsel cerdas, yaitu jenis ponsel yang memiliki fitur-fitur canggih yang bisa membantu kegiatan penggunanya sehari-hari. Ponsel ini disebut cerdas juga karena selalu terhubung ke internet, sehingga setiap informasi dari luar akan mudah didapatkan.

n.      Modem
Alat untuk menghubungkan komputer dengan internet.

o.      Bandwidth
Istillah dalam internet, lebar data, yaitu besar jalur perpindahan informasi.


-------------------------------------------------------------------------
3.       Opini tentang kelebihan dan kekurangan artikel.
-------------------------------------------------------------------------

    Secara umum, kami menilai artikel di atas kurang bagus. Ketika kami membaca judul artikel di atas, kami membayangkan akan mendapatkan kiat-kiat menulis di media sosial, seperti bagaimana seharusnya kami menulis, bagaimana mempercantik tulisan, dan lain-lain. Namun setelah membaca artikel sampai selesai, penulis malah lebih banyak menulis tentang “bagaimana menulis laporan kegiatan” atau lebih spesifik lagi “bagaimana menulis laporan kegiatan dengan menggunakan twitter dan blog”.

    Selain itu, banyak istilah yang mungkin orang awam tidak mengerti, seperti blog dan blogger. Ada baiknya, jika penulis sedikit menjelaskan apa itu blog dan blogger. Ada juga istilah-istilah di Twitter yang bisa membingungkan pembaca yang bukan pengguna Twitter, seperti follower, retweet, tagar, dan live tweet.

    Tema yang diambill pun sebenarnya terlalu umum, yaitu tentang menulis di Twitter dan blog, yang mungkin banyak orang sudah melakukannya. Sehingga menjadikan artikel di atas terkesan basi.

    Yang menjadi kelebihan artikel ini adalah cara penulisan artikel. Jika artikel di media cetak biasanya menggunakan cara penulisan rata kanan-kiri, artikel ini justru menggunakan cara penulisan rata kiri,sehingga jarak antar kata menjadi konstan. Hal ini akan berbeda jika penulis menggunakan cara penulisan rata kanan-kiri. Selain itu, penulis juga menggunakan tanda strip (-) untuk menghubungkan kata yang terpotong di akhir baris. Hal ini sesuai kaidah penulisan bahasa Indonesia yang benar.

No comments:

Post a Comment