::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

Ulasan Singkat Investasi 2020 : TP 21.67%

OK, di post "Yearly Goals" gw kemarin, gw uda singgung kalo alhamdulillah gw bisa take profit +- 20%. Nah, di post ini gw bakal jabarin detail apa-apa 20% itu. 

Tapi sebelum kita bahas lebih lanjut lagi, gw mau cerita bahwa gw baru mulai belajar lagi "investasi" ini, ya sekitar 3-5 bulan belakangan, ketika berita covid membayangi segala hal. Dan, kayaknya kata investasi juga agak-agak gimana gitu ya, seakan duit yang gw keluarin kayak gede banget, padahal ya cuman seupil doank, wkwkw. Harap maklum ya bos, namanya juga belajar.

Well, gw naro uang gw di tiga instrumen sih, yaitu saham, reksadana, dan yang paling baru P2P Lending. Nah, untuk reksadana gw sebenernya uda punya cukup lama sih, tapi karena gw mau nyoba P2P Lending, akhirnya dana gw di reksadana gw ambil semua dan gw bagi 2, setengah untuk reksa dan setengah untuk P2P Lending. Sekalian mau liat mana yang lebih perform.

1. Saham

Sebelum Covid gw ada dana sekitar 12 jt (pas nya gw ga tau, karena ga gw catet). Pas Covid mulai dateng sampe di tengah jalan, sampe pas IHSG turun dari 5800 sampe ke 3800, nilai saham gw tinggal 7jt. Gw lupa di bulan apa, tapi yang jelas saat itu gw atur ulang portofolio gw, gw jualin di harga murah tuh saham-saham gw, dan beli lagi saham yang menurut gw punya fundamental dan prospek lebih bagus. Dan voila, di bulan oktober nilai porto gw udah balik 12 jt lagi, dan di akhir tahun bahkan porto gw udah 15jt an. Tapi sori banget, pas bikin porto 2021, porto yang 2020 kehapus dan ga bisa balik lagi, jadi gw ga bisa ngasih tunjuk detailnya gimana. Hiks. Tapi well, basically gw bisa take profit sekitar :

= (15jt - 12jt)/15jt * 100%

= 3jt/15jt * 100%

= 25 % 

(Well, sebenarnya gw inget nilainya adalah 27%, tapi angka-angka pastinya ga inget)


2. Reksadana

Nah, karena gw udah lama banget ga buka akun reksadana gw di Trimegah, ternyata unit yang gw ambil udah minus. Jadi duit gw yang kiranya 2.5 jt, nilainya jadi 2.2jt. Dan karena gw pikir gw udah kurang nyaman pake Tri Megah, dan mau nyobain aplikasi Ajaib, akhirnya gw ambil lah semua dana di Tri Megah dan mindahin 1 jt ke Ajaib, 1 jt ke InvesTree, dan 200rb tambahan modal di saham.

Singkat cerita, gw ambil unit reksadana di Ajaib yang syariah dan dia rekomendasiin. Dan well, alhamdulillah, di akhir tahun kemarin duit gw udah jadi 1.041.000, alias untung 41rb atau sekitar 4.1%.


3. P2P Lending

Gw tahu P2P Lending awalnya karena nonton channel nya kak @FeliciaPutri. Dari situ gw penasaran dan minat buat nyobain. Gw coba kasih pendanaan 1 jt, dan dalam waktu 3 bulan duit gw udah balik beserta imbal hasilnya sekitar 34rb atau sekitar 3.4%.


Well, kalau dijumlah-jumlah, brati :

modal     : 12jt + 1jt + 1jt + 200rb = 14.200.000

gain/imbal hasil  : 3jt + 43rb + 34rb = 3.077.000

persentase     

= 3.077.000/14.200.000 * 100 %

= 21.67 %


Nah, melihat hasil yang "lumayan" ini, maka tahun 2021 ini gw mau belajar lagi dan menargetkan untuk TP 30%. Ya walaupun kelasnya masih kelas teri gini, tapi gw yakinlah suatu saat gw bisa nambah nol di angka-angka di atas, jadi Ratus Juta, Milir, Triliun, dst. Bisa. Amin.

No comments:

Post a Comment

Goals for 2024 !! Bismillah !