::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

Target and Review 2020 : Not Good, But Not too Bad

It has been a year, sejak gw nulis target di awal tahun kemarin. Dan wow, tahun 2020 adalah tahun paling tidak produktif gw soal nulis di blog. Cuma tiga tulisan cui, dan dua diantaranya adalah review tahun 2019 dan target 2020. I am so sorry. 

Well, pandemic make some of my plan ruined, or delayed. Dan pandemi ini juga memaksa gw untuk putar badan, back to zero, replan, karena banyak hal yang biasanya ga perlu dipikirin lagi, jadi harus dipikir lagi. Dan ya, sektor ekonomi yang paling kena. Gw harus replan buat biaya KPR, replan tabungan, replan kebutuhan tambahan kayak stok masker, vitamin, bahkan biaya rapid/swab test, dan yang ga kalah juga adalah baby. Ya, insaAllah gw bakal punya baby lagi.

Dan, ini adalah pencapaian gw tahun ini, compare to plan yang udah gw susun di awal tahun 2020. Here we go.

1. Lolos penggolongan Asisten Ahli

Alhamdulillah wa syukurillah akhirnya gw sekarang punya jabatan fungsional. Tepatnya di bulan Februari gw dipanggil untuk ambil SK Asisten Ahli. It's one of my milestone, batu pijakan untuk melangkah ke step berikutnya. 

2. Menghidupkan Blog : pakcondro.blogspot.com

Gw sama sekali ga menyangka bahwa untuk bisa nulis lagi itu bukanlah hal yang mudah, apalagi dengan kesibukan dan everything yang bener-bener nguras waktu gw. Jangankan untuk menghidupkan blog pakcondro.blogspot.com yang merupakan blog agak serius, bahkan untuk corat-coret di blog ini aja nol besar. Well, target gw yang ini bener-bener no result lah alias gagal.

3. Menguasai Android Programming

Di awal tahun sebenernya gw udah mulai belajar Android Programming. Waktu itu gw milih React Native. Tapi seiring berjalannya waktu, ternyata banyak hal yang mesti gw kerjain dan "lebih menarik/lebih wajib" untuk dikerjain, sehingga program gw untuk belajar Android pun terhenti. Bisa dibilang gw kurang fokus sih, karena sebenernya waktu untuk belajarnya ada, tapi entah kenapa gw lebih tertarik belajar Data Science dan Machine Learning ketimbang Android Programming. Padahal secara fungsi saat ini, gw lebih butuh  Android. May be next year gw bakal bikin ini jadi target lagi dan semoga bisa lebih fokus lagi.

4. Nerbitin 1 Jurnal, Ikut 1 Seminar, Ikut 1 Woskhop, Ikut 1 Seminar Prosiding

By d way, gw akhinya narik dua jurnal gw yang nyangkut di dua publisher dan try to submit them to another publisher. Tapi apa mau dikata, satu jurnal ditolak di tiga publisher S2, dan 1 jurnal lagi masih dalam proses review (yang juga lama). Well, untuk nerbitin jurnal atas nama gw pribadi bisa dibilang gw gagal, tapi gw bantu istri untuk nerbitin 1 jurnal dan alhamdulillah diterima, meskipun cuma S4. Sola seminar dan workshop, karena di masa pandemi ini tren nya adalah online seminar (webinar) dan online workshop, yang mana lebih memudahkan gw, maka gw berhasil ikut lebih dari 10 seminar dan workshop di tahun ini, mulai dari yang sesuai dengan bidang keilmuan gw sampe yang jauh banget gw ikutin, yang penting gratis dan pas waktunya. Dan sepertinya tren ini masih akan berlanjut di tahun depan.

5. Melengkapi Perabot Rumah

Well, seperti yang udah gw singgung di awal, bahwa dis pandemic ngebuat perekonomian keluarga kecil gw agak terganggu, meskipun gw masih kudu banyak bersyukur karena dampaknya ga separah orang-orang lain di luar sana yang sampe kena PHK atau pengurangan penghasilan sampe lebih dari 50%. Alhamdululillah perusahaan tempat gw kerja masih OK (dan berdoa akan begitu seterusnya). So, berlatar belakang itu dan akan hadirnya anggota keluarga baru kami, our baby boy, maka semuanya terfokus ke kebutuhan dasar, saving, n baby boy. So, perabot rumah nanti dulu deh ya.

6. Mulai lagi program #go[w]esTo

Gw sebenernya udah mulai lagi untuk sepedaan pas awal tahun, sebelum pandemi. Gw juga udah pernah nyobain sepedaan lagi ke kantor. Tapi kemudian istri gw hamil dan boom, gw harus nunda lagi sepedaan gw, karena istri banyak butuh gw. So many things lah yang ga bisa gw jelasin lebih detail, tapi intinya sebisa mungkin gw di rumah, gw di rumah. Cuma sesekali sepedaan, tapi untuk rutin apalagi #go[w]esTo, i don't think dis is d time.

7. Punya Channel Youtube

Ya, gw sekarang punya Channel Youtube, namanya : pojokan. Tapi sodara, ternyata bikin video itu tidak mudah. Bener-bener ga mudah, apalagi buat gw yang waktunya udah abis buat rutinitas. Awalnya gw kita bikin video itu gampang, atau agak susah. Apalagi kan gw cuman bikin video pembelajaran, bukan video-video yang perlu banyak editing gitu. Tapi ternyata untuk taping 1 video berdurasi 15 menit aja, kadang sampe 2 jam. Maklum lah masih newbe. Kadang udah mulai setengah jalan, terus anak nyamperin. Belum lagi ngeditnya. Adooohhh. Tapi seenggaknya gw udah mulai, dan tahu gimana prosesnya, so, untuk ke depannya semoga bisa lebih berkreasi lagi.

8. Kembali Hafal Juz 29 dan 30.

Gw juga ga tahu kenapa susah sekali untik istiqomah. Tinggal satu surat lagi gw selesai juz 29 dan tiba-tiba, gw ga tau, gw udah jauh lagi dari Quran, dan ilang lagi. Gw ulang lagi, dan seperti itu lagi. Susah, susah banget. Bukan susah menghafalnya, tapi susah istiqomahnya. Intinya gagal.

9. Baca 5 buku

Mungkin tercapai, karena actually gw ga pernah ngitung udah selesai berapa buku. Cuman ngulang buku-buku lama sih, dari yang ga penting kayak My Stupid Boss sampe yang agak bikin mules kayak The Intelegent Investor. Bahkan gw juga baca-baca lagi Alkitab. Walaupun waktu baca ga banyak sih. Kalo lagi di kantor ga mungkin baca, dan kalo di rumah cuman sempet kalo anak tidur.

10. Ngajak Istri dan Anak Jalan ke Luar Kota

Jelas, tidak tercapai. Pandemi bro.


Well, dari 10 target yang gw canangkan untuk tahun 2020 ini, cuma 3 target yang terpenuhi, 4 target yang gw bilang gagal, dan 3 target yang berproses. Not good, tapi juga not too bad. 

Dan di akhir tulisan ini, gw cuman berdoa biar kehidupan segera normal kembali. Gw tahu many things happen, banyak perdebatan, banyak yang pesimistis, but overal all, gw berharap kita bisa kembali hidup normal. Amin.

No comments:

Post a Comment

Goals for 2024 !! Bismillah !