Akhir-akhir ini gw lagi seneng banget karena Sasa udah mule lancar baca. Belum baca yang panjang banget, tapi kalau satu kalimat utuh udah bisa. Diajak baca buku cerita yang sederhana juga udah bisa, walaupun kalau kalimatnya panjang, dia suka ga paham apa yang dibaca. But anything, gw seneng banget. An appreciate life point for this one.
Well, Sasa sekarang umurnya 5 tahun dan bulan Juli kemarin baru masuk TK-A. And FYI, gw sebenernya juga nyantumin ini (Sasa bisa lancar baca) di salah satu dream book gw, yang setelah gw buka lagi ternyata gw buat 28 Januari 2022 dengan target 31 Desember 2022. Telat sih, tapi not bad. The important thing is, dream ini tercapai.
Kenapa gw pengen Sasa segera bisa baca? Sebenernya alasannya sederhana sekali.
First, karena ini adalah masa-masa Golden Age nya dia. Dimana dari yang gw baca, sebisa mungkin, informasi dan ilmu kalau memungkinkan masuk di usia-usia segini, sampai nanti sekitar 8/12 tahun (tergantung referensi yang dibaca). Masalahnya adalah, informasi yang bisa gw (dan istri) supply tentu sangat terbatas. Ya terbatas kemampuan, ya terbatas waktu. Harapan gw adalah dengan Sasa bisa baca, nantinya dia bisa baca buku sendiri, get information by herself. Tentu dengan tetap mendampinginya belajar. I mean, kalo ngandelin semua-semua dari orang tua, it won't work. Gw aja setiap hari pulang udah maghrib, di rumah 2/3 jam anak udah tidur lagi. Istri gw kalo ga ngajar juga sibuk dengan urusan rumah, utamanya ngurusin adeknya Sasa. So, time itu bener-bener limited banget.
Second, she can. Selain karena alasan kami yang punya keterbatasan, gw juga tahu kalau Sasa itu mampu. Gw tau Sasa anaknya curios, pengen tahu, dan mandiri. So, asal didampingi dengan benar, kemandiriannya ini akan memberikan impact yang besar buat dia nantinya. Nah, daripada nungguin emak-bapaknya nyuapin ilmu dan informasi, kan mending gw manfaatin sifat-sifat positif ini biar bisa lebih bermanfaat buat Sasa. Toh, anaknya sama sekali tidak merasa terbebani dengan ini.
But, tentu aja ada beberapa yang ga sependapat sama kita (atau gw tepatnya), karena katanya it's too early buat ngajarin anak baca. Termasuk bokap gw (yang almost 40 tahun jadi guru SD). Kami terima saran dari beliau, so, makanya kita combine cara ngajarin bacanya. Intinya agar tidak bikin anak tertekan, dan buat semua proses ini menyenangkan.
Kalau gw balik ke Dream Book gw, gw nulis ini 28 Januari 2022, artinya saat itu usia Sasa masih belum genap 4 tahun. Kita tahu itu emang early banget. So, makanya kita gathering berbagai macam metode dan informasi, entah dari baca buku, dari internet, dari ngobrol sama temen, bahkan dari beberapa guru TK yang kita kenal. Dari referensi yang kita dapat itu, kita juga udah nyoba beberapa cara. Dari metode menghafal kata dan gambar, metode baca per suku kata, nulisin tiap benda di rumah dengan tulisannya, dan macem-macem. Tapi ternyata yang paling work adalah metode paling jadul, yang dulu gw dan istri diajarin di sekolah, yaitu mengeja. Cerita gimana Sasa akhirnya bisa baca, akan gw ceritain di post berikutnya.
Well, gw dan istri percaya kalo setiap anak, setiap manusia itu punya potensinya masing-masing. Hari ini mungkin Sasa bisa baca yang menurut kami, lebih hebat dibanding beberapa anak seusianya. But, at the same time, kita juga nemuin (dan banyak), anak seumuran Sasa yang udah hafal Al Quran beberapa juz. Ada anak umuran segini yang udah bisa mandi dan cebok sendiri. Sasa belum. So, di samping apreciate bahwa Sasa hebat sudah mulai bisa baca, gw dan istri juga selalu bilang ke Sasa bahwa setiap anak punya kehebatan masing-masing, so, kita ga boleh sombong. Dan alhamdulillah, ni anak paham.
Great job Kak Sasa!!
No comments:
Post a Comment