::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

Target Review of 2021 (Part 2)

 Oke, next..

6. Bikin 2 Full Materi di Youtube
Taun ini tak ada 1 video pun yang terpublish di Youtube, dengan satu dan lain hal. Gw cuma sukses jadi penonton, dan tidak menghasilkan 1 karya pun. Tentu ada alesannya. Dimana hari yang gw perkirakan kosong di sebelumnya, ternyata di bulan maret kemarin keisi karena gw diminta ngajar di Binus Center. So, ya ini lah yang akan gw pake sebagai excuse. Hehe.


7. Hafal Juz 29 dan 30

Actually, sebelum Sakha lahir, gw udah mulai kembali menghafal dan lumayan, tapi kemudian gw kalah sama dunia. Uda ga sempet lagi. Entah karena emang ga sempet ato karena niat gw kurang kuat, jadi Allah pun ga ngasih sempet. Yang jelas, kalo mau dibilang gagal, ini target yang gagal sih.


8. Baca 5 buku
Sejujurnya gw ga inget. Tapi yang jelas taun ini gw baca. Seenggaknya yang gw inget adalah, gw baca ulang The Intelegent Investor, sampe abis. Sebenarnya karena masih kebawa vibe aja sih, karena taun 2020 kemarin untung lumayan dari saham, jadi awal 2021 masih semangat baca-baca kembali ilmu investasi saham. Gw jg baca The Psycology of Money, buku yang entah gimana ceritanya, banyak banget nongol di medsos, entah Instagram atau Youtube. But well, isinya OK sih menurut gw, walopun perlu diperdalem lagi. Itu sih kayaknya buku buat awam untuk membuka cakrawala, terutama ketika berhubungan dengan uang. Beberapa buku, gw lupa judulnya. Tapi kalo 5 buku, ya maybe.


9. Lebih Serius Belajar Investasi dan Profit Minimal 30%
Lebih serius belajar nya iya, tapi profit minimal 30% itu mengada-ada. Apalagi taun ini jelek banget porto gw. Maybe cuma bisa profit 10-15%. Itupun udah beryukur banget. Gw belum bisa nulis berapa nya, karena gw belum itung. Tapi yang jelas 40% is too high. Bahkan Warren Buffet aja cuma 20% kok taun ini #cariPembelaan


10. Menguasai ReactNative dan Web Service
Untuk merealisasikan target gw ini, sebenarnya gw udah bikin jadwal. Senin-Selasa belajar React, Kamis-Jumat belajar Web Service. Dan it works for a couple months. Gw udah hampir selesai belajar Django Web Service, dan udah mulai pula belajar React Native. Tapi kemudian gw ga expect karena dari tengah taun kerjaan gw padet banget, sampe sekarang. No time lah buat belajar React sama Web Service, dan akhirnya terbengkalai lah target dan rencana gw. But, akhirnya di akhir taun, secara terpaksa gw harus belajar Code Igniter 4 dan PHP 8, karena gw ada project yang harus diupload di hosting, dan kebetulan di hosting cuma bisa PHP 8. Dan well, gw harus obrak-abrik program gw, karena sebelumnya masih pake CI 2 dan PHP 5.3. Sebuah keterpaksaan yang membawa ilmu. Patut disyukuri.


11. Bisa Sepedaan Minimal 60km tanpa berhenti, Lari 21km tanpa berhenti, Turun Berat Badan 5Kg.

Gagal. 


12. Pulang kampung, ketemu keluarga dan ketemu temen
Gagal. Malah bapak/ibu yang kesini. Anak durhaka.


13. Melihat Adik Lulus dan di Wisuda
Walaupun target ini bukan target gw pribadi, tapi gw ngerasa ikut bertanggung jawab atas kelulusan si bendol. Bukan apa-apa, karena bapak/ibu memasrahkan ini ke gw. Skripsi nya si bendol udah telat hampir dua tahun dan bapak/ibu udah ketar-ketir. Ibu sampe ga bisa jawab apa-apa kalo ditanyain temen-temen nya, "Bendol mpun lulus?". Bapak sampe ngomong kalo sampe akhir taun belum lulus, mau dipindah ke Solo. Dan itu semua jadi semacam beban bagi gw. Di satu sisi gw memahami kesulitan si bendol (dengan segala keruwetan karakternya), tapi di sisi lain gw juga paham kekhawatiran bapak-ibu. Dan gw ada di tengah. Gw ga boleh membuat bapak-ibu terlalu terbawa suasana, gegabah. Tapi gw juga harus terus support si bendol biar bisa cepet kelar. Dan voila, bulan oktober kemarin doi lulus, dan desember udah wisuda, bahkan langsung keterima kerja di salah satu start-up. Well, gw cukup seneng dan bersyukur. Untung gw jadiin target dan tulis di blog ini. Hehe.


Well, itu semua review target gw taun ini. Sebagian tercapai dan sebagai lagi tidak. No problem. Lebih baik ada yang tercapai daripada tidak ada sama sekali. Semoga taun depan tetep punya spirit and strength to face another challenges.

No comments:

Post a Comment

Goals for 2024 !! Bismillah !