::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

Ribetnya Proses Belanja Emak-Emak dan Kenapa Kita Harus Menikmatinya

Menjelang akhir Ramadhan, setiap emak-emak yang normal akan melakukan ritual yang sama yaitu memenuhi pusat-pusat perbelanjaan demi tujuan mulia menghabiskan menyalurkan THR. Tak terkecuali istri gw. Seminggu ini istri gw sibuk bolak-balik ke Indomart/Alfamart, Mall, Superindo, Naga Mart, Pasar, dan pusat-pusat perbelanjaan lainnya  untuk melaksanakan ritual tersebut. Dan tentu saja gw, sama seperti suami-suami normal lainnya, harus rela menjadi sopir atau tukang ojek dengan bayaran seperangkat menu takjil dan buka puasa.

Hari sabtu dan minggu kemarin adalah puncaknya. Dari hari sabtu pagi istri sudah ngajakin survei harga di setiap Indomart/Alfamart terdekat. Setidaknya ada 5 tempat yang kami survei untuk menentukan mana yang jual Kue Kaleng Monde dan Sirup Marjan termurah. Pikirku, setelah keliling di 5 tempat tersebut, urusan per-kue-an ini akan selesai. Tapi ternyata tak semudah itu Ferguso. Karena ternyata cara penentuannya tak hanya dari harga yang termurah saja, akan tetapi harus pula memperhitungkan : Promo, Diskon, Metode Pembayaran, Cashback, dan Hari. Ya, kamu mau belanja di hari apa ternyata juga menentukan sodara-sodara. Luar biasa. Gw mencoba memasukkan faktor-faktor ini ke dalam rumus Aljabar Linear, tapi ternyata masih gagal juga. "Ini kenapa cuman urusan beli kue aja, jadi rumit gini", pikir gw. Tapi gw mencoba bertahan, mengikuti, dan mencoba menikmati proses ini.

Setelah melalui perhitungan rumit itu, akhirnya kami dapat 5 kue kaleng Monde dan 5 Sirup Marjan, disertai dengan ucapan "Mas, besok kesini lagi ya, Mas?". Karena usut punya usut, ternyata untuk beli 5 paket barang tadi, istri harus bertransaksi 5 kali alih-alih dijadiin 1 transaksi, agar dapat diskon dan cashback maksimal. Dan aturannya sehari hanya bisa maksimal 5 transaksi. Padahal kebutuhan nya adalah sekitar 10 paket kue. Allahuakbar. Ribet amat dah. Lantas, karena penasaran gw tanya istri, "Emang dapet diskonan berapa? Kok ribet amat!". Dengan semangat istri gw menjelaskan, yang gw kagak ngarti, karena muter-muter prosesnya. Intinya yang gw tangkep adalah dari transaksi yang seharusnya sekitar 65rb per paket (Monde+Marjan), istri gw dapet :
1. diskon 5rb
2. cashback 10rb
3. poin 300 perak
Jadi kalo ditotal dari 5 transaksi tadi istri gw untung :
1. (5 x 5rb) = 25rb
2. (5 x 10rb) = 50rb
3. (5 x 300) = 1500
Total : 76.750

Wuih, mantap juga ya. Dari situ gw mule semangat nganter-nganter istri belanja. Lumayan uang belanjaan bisa dihemat. Ga salah gw pilih istri. Wkwk.

Tak hanya urusan per-kue-an ini, urusan beli baju pun demikian. Tapi untuk urusan yang satu ini gw agak selow sih sebenarnya, karena gw emang udah ngebudgetin agak banyakan, karena jarang-jarang kita beli baju. Paling setahun dua kali bahkan kadang cuma sekali. Jadi terserah istri gw aja mau beli apa. Tapi ketika istri gw tiba-tiba dateng dengan baju seabrek, gw mikir juga. Banyak sih banyak, tapi ga gitu juga kali. Buat dia sendiri beli 3 baju + sendal, buat gw dia beliin 2 baju + 3 kaos + 1 celana, buat anak ada 4 baju. Otak kalkulator gw langsung ngitung, 3 juta lebih nih. Tapi alangkah kagetnya gw ketika dikasir bayarnya ga lebih dari 2 juta. Kalo untuk urusan kue kemarin gw nanya gimana prosesnya dan berapa diskonnya, kali ini gw putuskan untuk terima aja, karena penjelasannya pasti lebih ribet lagi. Yang jelas, pas pulang istri gw kasih bocoran, "Tahu ga Mas, ini baju Sasa (anak gw), aku bayarnya cuman 70rb, padahal harga aslinya 200rb lebih". Gw yang ngedenger cerita itu cuman bisa bilang "Mantap", tanpa ingin tahu seperti apa itu terjadi.

Well, ritual ini masih belum berakhir. Apalagi menjelang akhir Ramadhan, dipastikan peserta akan bertambah. Jadi, siapkan diri Anda wahai para suami! Nikmatilah!

No comments:

Post a Comment

Goals for 2024 !! Bismillah !