::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

Unexpected Trail Run - Halimun Salak Trail Run

    Malem itu gw baru mau menikmati setengah gelondong semangka gw, ketika temen lari gw si Irfan Oit wasap gw konfirmasi ikutan ke Halimun. FYI, tanggal 14 Maret Derby dan Indo Runners, dan para penggiat lari lainnya ngadain race di Gunung Halimun, yaitu Halimun Salak Trail Run. Meskipun Derby dipercaya sebagai penyelenggara utamanya, gw sendiri sedari awal emang udah ga tergabung jadi panitia, dan ga ngikutin perkembangannya. Gw terlalu sibuk ngurusin diri gw sendiri yang beberapa minggu dan bulan ini agak kaco. Dan well, ketika si Irfan Oit wasap, gw sama sekali ga ada persiapan. Tapi, whatever, gw iyakan, dengan niatan gw pengen ngebantu acara sebisa gw. Suruh jadi sie angkat-angkat juga gapapa deh. Gw juga anggota Derby, so let me be part of Derby. Hihi.

    Sesuai kesepakatan, jam 2 pagi keesokan harinya, gw sama Irfan Oit nebeng di mobilnya Ian. Total ada 6 orang yang berangkat saat itu: Ian, Uda Arsy, Yogi, Atthar, Irfan Oit, dan gw.

    Sampe di lokasi jam 4 subuh. Dan kesalahan adalah karena gw kesono cuma pake celana pendek sama kaos lengan pendek. Lumayan bikin badan gw beku. Setelah say hai dengan temen-temen panitia yang udah pada sibuk, oleh Kang Uban gw langsung ditarik ke area drop bag buat bantuin anak-anak disana. Beres di drop bag, gw langsung dipanggil lagi sama Om Rudi. Dengan sedikit bisik-bisik mesra, Om Rudi bilang, 'Co, lo siap lari ga ?' Gw agak cengok. 'Lo ikut lari paling belakang, ngebantu pelari kalo ada apa-apa sama laporan di tiap pos kalo lo orang terakhir'. Tanpa ba bi bu, gw langsung bilang, 'Siap Komandan!'. Yang jadi masalah adalah Om Rudi bilangnya pas peserta udah pada lari, jadi gw kudu langsung lari tanpa pemanasan.

    Tugas ini ternyata tak semudah yang gw bayangkan. Belum ada 1km lari, udah ada yang tepar. Gw sama Irfan Oit berkali-kali kudu nemenin dan memastikan bahwa doi baik-baik saja. Dan di km 1,sekian itu orang akhirnya nyerah juga. Kaki dan perutnya kram dan ga bisa lanjut lagi. Gw sama Oit yang ga punya bekal pertolongan pertama memutuskan untuk manggil tim medis yang ada di km 2,5. Lari secepet yang gw bisa, minta tolong, dan balik ke lokasi lagi. Gw sama Oit akhirnya sepakat buat menyerahkan tanggung jawab itu orang kepada tim medis, dan kemudian gw sama Oit kudu lari lagi mengejar orang terakhir berikutnya yang akhirnya ketemu di puncak kawah ratu. Di puncak kawah ratu, gw sama Oit sempet ketemu sama Andi Jon, ngobrol ngalor ngidul, sambil menikmati pemandangan dari atas gunung. Juga sempet foto-foto alay. Satu hal yang gw sadari pas foto-foto adalah, pemandangan dan suasana di puncak jauh lebih bagus dipandang mata daripada dipotret kamera. Ini kebalikan dari post gw sebelumnya 'Ketika Fotonya tak Seindah Aslinya'.


    Dari puncak kawah ratu, gw sama Oit ngikut di belakang orang terakhir lagi. Naas, itu orang terakhir kena engkel jadi doi ga bisa lari dan cuma bisa jalan aja. Di tengah jalan gw juga sempet lari-lari ngejar orang karena salah jalur. Saking paniknya gw, karena takut kenapa-napa sama tu orang dan terlalu jauh masuk ke hutan, gw sampe ga peduli tangan gw kena ranting-ranting poon dan kaki gw keantuk batu sampe sedikit berdarah. Macem-macem lah. Hingga akhirnya tugas ini selesai jam 11.30 siang, sekitar 5 jam dari langkah pertama start.

    Selesai race, langsung balik karena pak sopir udah ngajakin balik. Well, this is unexpected race yang lumayan seru. Thanks om rudi, thanks semua panitia, thanks Derby.

3 comments:

  1. Mas saya domisili Depok, kalau mau gabung Trail Runner dimana ya? saya sangat berminat karena passion saya berlari.. mohon infonya.. trims

    ReplyDelete
  2. Gabung aja sama anak-anak derby.. depok running buddy.. lari tiap hari sabtu di ui jam 6.30.. kumpul di parkiran masjid ui..

    Nah.. anak-anak derby kebanyakan juga pada suka trail..

    ReplyDelete

Goals for 2024 !! Bismillah !