Dua minggu kemarin akhirnya Kak Sasa bisa naik sepeda roda dua. Gw sebagai orang tua hepi banget. Secara Kak Sasa udah kepengen bisa naik sepeda roda dua udah dari hampir 6 bulan lalu. Tapi baru bisa kemarin ini.
Beberapa bulan yang lalu Kak Sasa udah minta ke gw untuk belajar naik sepeda roda 2. Gw sanggupin, karena emang udah cukup lama Sasa pake roda 3. Gw kira udah waktunya dia belajar. Akhirnya bermodal dengan referensi sejarah gimana dulu gw dulu belajar sepeda, itupula yang gw terapin ke Sasa.
Cara pertama adalah dengan megangin sepedanya dari belakang dan Sasa suruh fokus ngegowes aja. Nanti kalau mau jatuh gw yang pegangin. Hasilnya ? Gw yang ngos-ngosan, dan begitu pegangan gw lepas, Sasa jatuh. Sasa ga dapet keseimbangannya. Gagal.
Cara kedua adalah dengan nyuruh Sasa belajar keseimbangan dulu, dengan kedua kakinya ke tanah dulu, dan ngedorong sendiri sepedanya sambil jalan. Ga ada ngegowes. Hasilnya ? Begitu kakinya naik ga lama sepeda jatuh juga. Dan Sasanya kecapean karena kakinya harus ngedorong sepeda terus.
Selama beberapa minggu kita belajar dan masih belum ada hasil yang berarti. Akhirnya Kak Sasa nyerah, merasa frustasi karena ga bisa-bisa. Dan minta roda tambahannya dipasang lagi.
Hampir 6 bulan setelah terakhir belajar, akhirnya kemarin Kak Sasa minta belajar lagi. Kebetulan lagi libur panjang juga.
Awalnya gw masih pake dua cara lama itu. Tapi ternyata ga berhasil juga. Dan akhirnya setelah gw capek sendiri, gw inget sesuatu. Dulu Sasa bisa baca, bukan karena gw ajarin langsung bisa. Tapi karena gw ajarin teorinya (caranya), dan dia coba sendiri, dan bisa. Dulu pas gw ajarin Sasa nulis, gw ajarin teorinya, gw kasih tugas, pas gw pulang kerja, bisa sendiri. Pas mewarnai gradasi juga gitu. Bukan paham pas gw ada disitu, tapi gw kasih contoh, dia coba sendiri, dan tiba-tiba bisa.
Akhirnya, cara itu gw pake. Gw cuman kasih tahu gini :
1. Kaki kanan naik ke pedal, gowes, begitu sepeda jalan, kaki kiri langsung naik, dan gowes pelan-pelan. Lihat ke depan. Fokus.
2. Kalau mau jatuh, kedua kaki turunin.
3. Kalau mau berhenti, kedua kaki turunin.
4. Kalau terlanjut jatuh, berdiri lagi, ambil nafas dalam, setelah ga deg-deg an, mulai lagi.
Dan ajaib, ga berapa lama Sasa ngecoba sendiri, langsung BISA. Sehari itu kita belajar, Sasa udah bisa sepedaan lurus di jalan depan rumah dari ujung ke ujung. Besoknya, dia udah berani muter-muter cluster. Termasuk udah jago belok, ngelewatin polisi tidur, bahkan adu balap sama temen-temen nya.
Dan begitupun dengan Fakih, adiknya. Kebetulan pas kita belajar, Fakih ikutan mulu. Berbarengan dengan itu pula, Fakih udah bisa gowes sepeda roda tiganya sendiri. Padahal biasanya ngegerakin pedal aja susah dia. Dan Fakih lebih ekstrim. Begitu bisa, dipegangin aja ga mau dia. Bahkan gw ga boleh jalan di belakangnya. Gw harus jalan di depan dia. Biar ga ada alasan gw megangin/ngebantu dorong sepedanya.
Well, kesimpulan dari post ini adalah. Setiap anak punya caranya sendiri. Satu cara tidak bisa diduplikasi begitu aja untuk setiap orang. Untuk itu, kita sebagai orang tua, harusnya lebih wise, kalau di sekolah nanti anak kita ga sementereng anak lain, karena bisa jadi cara belajarnya yang ga cocok. Berkaca pada keluarga kecil gw aja. Gw sendiri kalo belajar sesuatu harus baca, ga bisa pakai suara/gambar. Sementara istri gw orangnya audio banget. Dikasih buku/text guide mana dilihat. Sasa orangnya teoritis and planner, dan gampang menyerah. Sementara adiknya kalau belajar harus ngumpet. Ga mau orang lain lihat.
Intinya, we have our own method.
No comments:
Post a Comment