::: tunjukilah kami jalan yg lurus [QS 1:6] :::

Penentuan Harga Permintaan & Penawaran

Pengertian Permintaan & Penawaran

Permintaan adalah :
Jumlah barang dan jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.

Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan adalah :
  • Harga barang itu sendiri
  • Harga barang lain yang berkaitan
  • Tingkat pendapatan
  • Selera konsumen
  • Ekspektasi / perkiraan
Penawaran adalah :
Jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu.

Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran adalah :
  • Harga barang itu sendiri
  • Harga sumber produksi
  • Tingkat produksi
  • Ekspektasi / perkiraan
Teori penawaran dan permintaan dalam ilmu ekonomi menggambarkan hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari satu barang. Model penawaran dan permintaan digunakan untuk menentukan harga dan kuantitas barang yang terjual di pasar. Model ini sangat penting untuk melakukan analisis ekonomi mikro terhadap perilaku serta interaksi para pembeli dan penjual. Model ini memperkirakan bahwa dalam suatu pasar yang kompetitif, harga akan berfungsi sebagai penyeimbang antara kuantitas yang diminta oleh konsumen dan kuantitas yang ditawarkan oleh produsen, sehingga terciptalah keseimbangan ekonomi antara harga dan kuantitas.

Hukum Permintaan & Penawaran

Hukum Permintaan :
Apabila harga naik, maka jumlah barang yang diminta akan mengalami penurunan, dan apabila harga turun, maka jumlah barang yang diminta akan mengalami kenaikan.

Dalam Hukum Permintaan jumlah barang yang akan diminta akan berbanding terbalik dengan tingkat harga barang. Kenaikan harga barang akan menyebabkan berkurangnya jumlah barang yang diminta. Hal ini dikarenakan naiknya harga menyebabkan turunnya daya beli konsumen dan akan mengakibatkan berkurangnya jumlah permintaan. Naiknya harga barang akan menyebabkan konsumen mencari barang pengganti yang harganya lebih murah.

Hukum Penawaran :
Bila tingkat harga mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik, dan bila tingkat harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun.

Dalam Hukum Penawaran jumlah barang yang akan ditawarkan berbanding lurus dengan tingkat harga. Hukum Penawaran hanya menunjukkan hubungan searah antara jumlah barang yang ditawarkan dengan tingkat harga.

Kurva Permintaan & Penawaran

Kurva Permintaan :
Kurva yang menunjukkan hubungan berbagai jumlah barang dan jasa yang dibeli oleh konsumen pada berbagai tingkat harga.

Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X).

Kurva Penawaran :
Kurva yang menunjukkan berbagai jumlah barang dan jasa yang ditawarkan oleh produsen pada berbagai tingkat harga.

Kurva ini akan menghubungkan titik-titik koordinat pada sumbu harga (sumbu Y) dengan sumbu jumlah barang (sumbu X).

Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan & Penawaran

Faktor - faktor yang mempengaruhi permintaan diantaranya :

a. Selera
Apabila selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa tinggi, maka akan diikuti dengan peningkatan jumlah barang dan jasa yang diminta. Sebaliknya, apabila selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa rendah, maka akan diikuti dengan penurunan permintaan jumlah barang dan jasa.

b. Pendapatan Konsumen
Semakin tinggi pendapatan konsumen akan diikuti dengan peningkatan daya beli konsumen, sehingga kuat dan mampu membeli barang dan jasa dalam jumlah yang besar. Sebaliknya, semakin rendah pendapatan konsumen akan diikuti dengan penurunan daya beli konsumen.

c. Harga Barang / Jasa Pengganti
Konsumen akan cenderung mencari barang atau jasa yang harganya relatif lebih murah untuk dijadikan alternatif penggunaan. Contohnya : bila harga pesawat Jakarta - Surabaya sama harganya dengan tiket kereta api, maka konsumen cenderung akan memilih pesawat sebagai alat transportasi.

d. Harga Barang / Jasa Pelengkap
Keduanya merupakan kombinasi barang yang sifatnya saling melengkapi. Contoh : kompor dengan minyak tanah, karena harga minyak tanah mengalami kenaikan, maka orang beralih menggunakan kompor gas.

e. Perkiraan Harga Di Masa Yang Akan Datang
Apabila konsumen menduga harga barang akan terus mengalami kenaikan di masa yang akan datang, maka konsumen cenderung untuk menambah jumlah barang yang dibelinya.

f. Intensitas Kebutuhan Konsumen
Bila suatu barang atau jasa sangat dibutuhkan secara mendesak dan dirasakan pokoknya oleh konsumen, maka jumlah permintaan akan mengalami peningkatan.

Faktor - faktor yang mempengaruhi penawaran diantaranya :

a. Biaya Produksi
Harga bahan baku yang mahal akan mengakibatkan tingginya biaya produksi dan menyebabkan produsen menawarkan barang dalam jumlah terbatas. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerugian karena takut barang tidak laku.

b. Teknologi
Adanya kemajuan teknologi akan menyebabkan pengurangan terhadap biaya produksi, dan produsen dapat menawarkan barang dalam jumlah yang lebih besar lagi. Apabila harga barang mengalami kenaikan, maka produsen akan memproduksi lebih banyak lagi karena berasumsi bahwa konsumen akan beralih ke barang pengganti karena harganya lebih murah.

c. Pajak
Semakin tinggi tarif pajak yang dikenakan akan mengakibatkan naiknya harga barang dan jasa. Hal ini akan berdampak pada permintaan konsumen, sehingga jumlah permintaan konsumen akan menurun dan berkurangnya jumlah barang yang ditawarkan.

d. Perkiraan Harga Barang Di Masa Yang Akan Datang
Apabila kondisi pendapatan masyarakat meningkat, biaya produksi berkurang dan harga barang dan jasa naik, maka produsen bisa menambahkan jumlah barang dan jasa yang akan ditawarkan. Tetapi bila pendapatan masyarakat tetap, biaya produksi meningkat dan harga barang dan jasa naik, maka produsen cenderung mengurangi jumlah barang dan jasa yang akan ditawarkan.

e. Tujuan Dari Perusahaan
Bila perusahaan berorientasi untuk dapat menguasai pasar, maka dia harus mampu menekan harga terhadap barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga keuntungan yang diperoleh kecil. Bila orientasinya pada keuntungan yang besar, maka perusahaan menetapkan harga yang tinggi terhadap barang dan jasa yang ditawarkan.

f. Harga Barang Itu Sendiri
Apabila harga barang yang ditawarkan mengalami kenaikan, maka jumlah barang yang akan ditawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya, jika harga barang yang ditawarkan turun, maka jumlah barang yang akan ditawarkan oleh penjual juga akan turun.

g. Harga Barang Pengganti (Substitusi)
Apabila harga barang pengganti meningkat, maka penjual akan meningkatkan jumlah barang yang ditawarkan. Penjual biasanya berharap konsumen akan beralih dari barang pengganti ke barang yang ditawarkan, karena harganya lebih rendah.

h. Jumlah Penduduk
Pertambahan penduduk akan mempengaruhi jumlah barang yang diminta. Jika jumlah penduduk dalam suatu wilayah bertambah banyak, maka permintaan terhadap jumlah barang akan meningkat.

Penentuan Harga Keseimbangan

Harga Keseimbangan (Harga Ekuilibrium) :
Harga yang terbentuk pada titik pertemuan kurva permintaan dan kurva penawaran.

Terbentuknya harga dan kuantitas keseimbangan di pasar, merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen), dimana kuantitas yang diminta dan ditawarkan sama besarnya. Jika keseimbangan ini telah tercapai, biasanya titik keseimbangan ini akan bertahan lama, dan menjadi patokan pihak pembeli dan pihak penjual dalam menentukan harga, sehingga terjadi transaksi antara pembeli dan penjual.


Sumber : Wikipedia, agnezkembaren.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Goals for 2024 !! Bismillah !